--> Skip to main content

Perbedaan Layar Oled, Poled, dan Amoled

Tulisan Ndeso, Perbedaan Layar Perbedaan Layar Oled, Poled, dan Amoled - OLED adalah kepanjangan dari Organic Light Emitting Diode.

Layar OLED pada dasarnya terdiri dari jutaan LED kecil (Light Emitting Diode) yang dapat menghasilkan cahaya dan warna secara terpisah.

Ini berbeda dengan teknologi layar LCD tradisional yang jaman dulu populer, yang menggunakan lampu latar untuk menerangi seluruh tampilan dan filter warna untuk menciptakan warna yang ditampilkan di layar Anda.

Dioda individu dalam panel OLED tersebut dapat dimatikan sepenuhnya, memungkinkan warna hitam lebih tajam dari LCD, yang harus menghalangi lampu latar untuk membuat gambar hitam, itulah sebabnya orang kulit hitam biasanya terlihat abu-abu di LCD.

Gambar Layar Amoled Samsung

Layar OLED memberikan warna yang lebih kaya dengan kontras yang superior jika dibandingkan dengan LCD.

Gambar hitam lebih baik ditampilkan di layar OLED karena kemampuan piksel untuk mematikan dioda, memungkinkan gambar untuk dapat memperlihatkan subjek sesuai dengan aslinya.

OLED juga memberikan sudut pandang yang lebih baik, dengan potensi warna yang tak terawat bahkan saat dilihat hampir sejajar dengan tampilan. OLED memiliki waktu respon yang jauh lebih cepat dibandingkan LCD.

Rasio penyegaran potensial (tingkat di mana pembaruan layar) juga jauh lebih tinggi daripada LCD.

Apa Perbedaan Antara OLED dan AMOLED?

Ketika Samsung pertama kali memperkenalkan layar AMOLED atau Amoled Display ke dunia, "AM" berdiri untuk Active Matrix, menunjukkan pergeseran ke model hemat energi yang dibutuhkan untuk smartphone.

Saat ini, semua display OLED menggunakan Active Matrix, yang menggunakan kapasitor dan transistor film tipis (TFT), memungkinkan setiap piksel beroperasi secara terpisah pada voltase yang tepat, sehingga akan menghemat energy baterai.

Sebelumnya, OLED menggunakan matriks pengkabelan pasif, yang menyediakan deretan LED satu per satu dan menggunakan lebih banyak listrik.

Active Matrix tidak hanya lebih efisien daripada matriks kabel pasif, namun dalam kasus tertentu, bahkan LCD.

Misalnya, ketika menghasilkan gambar hitam, OLED akan mengkonsumsi daya yang jauh lebih sedikit karena LED-nya akan mati, dibandingkan dengan LCD yang mana lampu hanya akan diblokir.

Apa Perbedaan Antara POLED dan AMOLED?

Ketika sampai pada perbedaan sebenarnya antara AMOLED dan POLED, jawaban sebenarnya hanyalah "pemasaran".

Hal ini juga serupa dengan pertanyaan, apa perbedaannya dengan super Amoled?

"P" di POLED adalah singkatan dari "Plastic", bahan yang digunakan untuk substrat belakang dimana transistor film tipis (TFT) dan OLED ditempatkan.

Secara tradisional, kaca digunakan untuk substrat belakang karena sifat optiknya yang lebih baik.

Masalahnya dengan kaca itu adalah bahan yang sangat kaku, yang menghadirkan produsen kesulitan saat mencoba membentuk bentuk baru.

Dengan permintaan konsumen akan bezel tipis yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir, produsen terpaksa mencari bahan baru untuk menciptakan substrat ini.

Karena permintaan ini, plastik diperkenalkan sebagai penggantinya.

Substrat plastik jauh lebih fleksibel daripada kaca, memungkinkan modifikasi yang lebih mudah (dan lebih hemat biaya) untuk menciptakan bentuk baru seperti sudut membulat.

Substrat plastik juga jauh lebih tipis dari substrat kaca, dan mereka memberikan penyerapan kejutan yang lebih baik.

Saat ini, Samsung mencapai Infinity Display pada Galaxy S8 dan S8 + menggunakan substrat plastik dan panel matriks aktif, sama seperti LG V30.

Lalu mengapa LG tidak menyebut display mereka AMOLED?

Sementara kita hanya bisa berspekulasi, LG mungkin ingin membedakan diri dari Samsung, yang telah banyak memasarkan nama AMOLED.

Dengan memanggilnya POLED, mereka mengumpulkan perhatian dari pembaca seperti anda untuk mempelajari apa yang membuat setiap tampilan unik, dan (seperti Samsung) dapat menghubungkan perangkat mereka dengan teknologi layar untuk membantu pemasaran menjadi lebih mudah.

Tapi ini tidak berarti kedua tampilan ponsel akan identik.

Mirip dengan bagaimana panel LCD tidak setara antara produsen yang berbeda, OLED menggunakan metode serupa tidak menampilkan gambar yang sama - sehingga banyak lagi komponen yang terlibat dengan produksi gambar di layar smartphone Anda.

LG dan Samsung menggunakan material yang berbeda untuk dioda pemancar cahaya dan komponen lainnya. Mereka juga mengatur piksel secara berbeda, yang memainkan peran lebih besar dalam perbedaan antara tampilan perangkat.

Screen Burn-In

Screen burn-in adalah masalah dengan AMOLED dan P-OLED. Peluruhan LED individual selama pemakaian normal, dan karena LED beroperasi secara independen, pembusukan pada tingkat yang berbeda.

Namun, anda dapat mengambil tindakan untuk memperbaiki layar yang sudah terbakar dan mengurangi kemunculannya secara umum.

Mana yang lebih baik antara Layar Oled, Poled, dan Amoled?

Anda lah yang bisa menentukan mana yang akan menjadi pilihan anda saat ini, karena dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan, POLED dan AMOLED memiliki lebih banyak kesamaan daripada perbedaan.
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar