Berlibur ke Pulau Pahawang - Lampung


Tulisan Ndeso Mencari Penulis Tamu
Tulisan Ndeso, Pengalaman Berlibur ke Pulau Pahawang, Lampung - Pulau Pahawang merupakan salahsatu tujuan wisata di Provinsi Lampung yang saya rekomendasikan untuk anda kunjungi bila anda suka dengan wisata bawah laut.

Selain lokasinya yang tidak begitu jauh dari Jakarta (karena saya berangkat dari Jakarta), ongkos yang anda keluarkan sebanding dengan apa yang anda dapat, baik ketika anda berangkat sendiri atau tanpa biro wisata maupun dengan biro wisata yang menawarkan Pahawang trip.

Namun jika anda berniat menggunakan biro wisata, carilah paket wisata yang murah, bisa dicek disini https://goo.gl/K5rfCi

Lihatlah portofolio, feedback, dan apa saja yang biro wisata tawarkan, jangan sampai apa yang anda bayarkan tidak sesuai dengan apa yang anda dapat.

Gambar Pulau Pahawang

Lokasi kepulauan Pahawang terletak di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Dengan keindahan alam seputar dan dunia airnya, Pulau Pahawang bisa jadi rekomendasi untuk anda yang suka snorkling.

Saran saya, jangan datang ke sini saat liburan, atau anda akan mengantri dengan banyak orang untuk dapat menikmati keindahan yang ada.

Rute menuju ke Pulau Pahawang Lampung bisa ditempuh dengan cara menyeberang terlebih dulu dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni.

Tidak ada angkutan umum serta bus dari Kepulauan Pahawang menuju dan kembali ke  Pelabuhan Bakauheni.

Anda bisa menyewa jasa mobil untuk mengantarkan sampai ke kepulauan Pahawang dengan harga yang bervariasi, tergantung berapa banyak dan seberapa jago anda menawar hehe

Untuk lebih rincinya mengenai perjalanan dari Jakarta menuju Kepulauan Pahawang, simak penjelasannya dibawah ini :

Rute dan Rincian Biaya Menuju Pulau Pahawang Lampung dari Jakarta


Gambar Pelabuhan Bakauheni

Jakarta - Pelabuhan Merak

Carilah bus dari Jakarta menuju Pelabuhan Merak, Banten. Waktu itu saya berangkat dari terminal Kalideres, namun kalian bisa menemukan bus jurusan yang sama dari terminal Kampung Rambutan, Rawamangun, atau Pulo Gadung.

Lamanya perjalanan dari Jakarta menuju Pelabuhan Merak memakan waktu sekitar 3-4 jam dengan tarif Rp 40.000,00.

Pelabuhan Merak – Pelabuhan Bakauheni

Begitu anda sampai di terminal bus pelabuhan Merak, anda harus berjalan sekitar 500 meter menuju Pelabuhan Merak. Begitu sampai di pelabuhan, segeralah membeli tiket dengan harga Rp 13ribu.

Sebelum menyebrang dengan menuju Pelabuhan Bakauheni, sebaiknya anda mengisi perut yang kosong. Hal tersebut membantu anda lebih hemat, mengingat harga makanan yang ditawarkan di kapal lebih mahal dari yang ada di darat.

Baca Juga : Tips Liburan ke Bali untuk Pertama Kalinya

Selain itu untuk menjaga anda dari Mabok Laut karena ombak yang menggoyangkan kapal bagi anda yang belum pernah bepergian dengan kapal laut atau masuk angin karena angin diatas laut yang begitu kencang, mengingat waktu yang diperlukan untuk menyebrang ke Palabuhan Bakauheni akan memakan waktu sekitar 3-4 jam. Jadi, pastikan perut anda kenyang terisi ya!

Dermaga Ketapang – Pulau Pahawang

Saat itu, saya melewati proses ini, karena saya pulang pergi menggunakan biro wisata. Jadi, begitu sampe Pelabuhan Bakauheni, saya langsung dijemput oleh mobil yang sudah disediakan biro wisata.

Namun biro wisata tersebut kurang recommended bagi saya, oleh karena hal tersebut tidak saya cantumkan nama biro wisatanya hehe.

Saya akan memberikan sedikit referensi ketika anda sampai Dermaga Ketapang untuk menuju ke Pulau Pahawang yang saya ambil dari berbagai sumber.

Ketika berada di Dermaga Ketapang menuju Pulau Pahawang, penyebrangan menggunakan pershu Kayu yang akan memacu adrenalin anda.

Biaya menyebrang ini sebesar Rp 30.000,00 per orang dengan kapasitas berkisar 15-20 orang pada setiap perahunya. Perjalanan laut ini memakan waktu sekitar 2 jam.

Pulau Pahawang

Perjalanan anda yang panjang nan melelahkan akhirnya terbayar saat melihat indahnya pesona Pulau Pahawang. Pasirnya yang putih, indahnya sekeliling pantai, serta keramahan warga lokal dapat membayar semua waktu yang anda habiskan saat perjalanan.


Penginapan di Pulau Pahawang yang saya gunakan adalah home stay. Biaya penginapan dikenakan harga yang bervariasi, tergantung fasilitas dan berapa banyak orang yang akan tinggal di homestay itu, kisaran harganya antara Rp 300.000,00 hingga Rp 500.000,00 per harinya.

Untuk makan, anda dapat menanyakan dengan pemilik home stay tersebut atau mencari makan di warung sekitar pulau, jadi anda bisa menyesuaikan mana yang pas dengan kantong dan perut anda.


Saya ada nomor telp salahsatu pemilik homestay yang saya tingfali waktu itu, sekaligus pemilik perahu disana. Saya lupa namanya, beliau ini adalah orang asli sana. Jadi, jika anda ingin tinggal dan tahu tempat yang bagus di pulau Pahawang, bisa menghubungi kontak ini 0821 7797 5598.

Baca Juga : Ingin Liburan Murah dan Hemat? Baca Tips Liburan Berikut

Sebagai saran, sebaiknya anda berangkat dari Pelabuhan Merak sebelum pukul 12.00 malam, agar anda bisa menikmati pagi di pulau Pahawang. Jangan lupa mengajak rombongan, agar biaya dapat diminimalisir dan tentunya liburan anda akan terasa lebih seru. Happy Holiday ya!





Itulah pengalaman saya berlibur ke Pulau Pahawang Lampung. Semoga dapat anda mengerti dan dapat memberi informasi bagi anda yang akan berlibur ke Pulau Pahawang Lampung.

Pemesanan atau Booking hotel sebaiknya menggunakan web atau aplikasi dari Booking.com untuk harga yang lebih murah. Selamat Berlibur!.



Booking.com


Cari Artikel Lainnya Di Sini


Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui paypal atau dengan membagikan artikel ini agar semakin banyak orang yang merasakan manfaatnya. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.tulisanndeso.com - Terima kasih :)