--> Skip to main content

Mengenal Jenis Tanaman Anubias Air untuk Aquascape

Tulisan Ndeso, Jenis-jenis Tanaman Anubias Aquascape - Tanaman anubias merupakan sebuah tanaman dari jenis tanaman semi aquatic yang biasa bisa kita dapatkan di dekat perairan seperti rawa atau danau. Tanaman jenis anubias ini bila digunakan untuk aquascape biasanya digunakan sebagai tanaman tambahan untuk mempercantik dan memberikan kesan memiliki tanaman besar di dalam akuarium.

Tanaman jenis anubias ini memiliki karakter dimana bisa tumbuh atau bertahan dengan kondisi minim CO2 dan pencahayaan, sehingga ketika kita akan menggunakan tanaman jenis anubias di dalam akuarium, biasanya diletakan pada bagian yang berbayang yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Mengenal Jenis Tanaman Anubias Air untuk Aquascape

Berikut ini ada beberapa jenis jenis tanaman anubias aquascape yang sering dijual dipasaran.

Jenis Tanaman Anubias Aquascape


1. Anubias Barteri Var. Angustifolia

Tanaman anubias ini merupakan jenis tanaman anubias aquascape yang bisa ditemukan di negara Liberia dan Kamerun. Tanaman ini memiliki ciri khas daun yang kecil memanjang dan juga runcing, jenis tanaman Anubias Barteri Var.

Angustifolia ini biasa digunakan di akuarium untuk mempercantik pada bagian berbayang yang bisa menghasilkan visualisasi ketika terkena aliran air bergoyang bagaikan daun kelapa yang sedang tertiup angin. Tanaman jenis Anubias Barteri Var.

Angustifolia ini bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 30 cm, namun karena hampir semua jenis tanaman anubias berkembang dengan sangat lambat, maka tanaman ini pun mampu bertahan hingga bertahun-tahun dengan jumlah daun yang sama.

Anubias Barteri Var. Angustifolia

2. Anubias Barteri Var. Barteri

Jenis tanaman Anubias aquascape Barteri Var. Barteri ini merupakan jenis tanaman anubias berukuran besar, dimana tanaman anubias ini bisa mencapai tinggi 20 sampai 30 cm, dan juga memiliki daun yang lebar. Penggunaan jenis Anubias Barteri Var.

Barteri ini biasanya digunakan untuk menciptakan sebuah kesan yang teduh dan sejuk ketika kita menanamnya di dalam akuarium. Tanaman ini sering dijumpai disekitar sungai dengan aliran deras di afrika barat, selain itu daya tahan dari tanaman ini bisa digunakan pada kondisi ekstrim dengan nutrisi yang minim.

Anubias Barteri Var. Barteri

3. Anubias Barteri Var. Nana

Jenis: Rimpang
Asal: Afrika
Tingkat pertumbuhan: Lambat
Tinggi: 5 - 15+ cm
Cahaya: Rendah
CO2: Rendah

Salah satu jenis tanaman anubias yang paling populer dikalangan pembuat aquascape adalah Anubias Barteri Var. Nana, dimana tanaman ini merupakan jenis tanaman kecil yang berukuran hanya 5-10 cm ketika ditanam didalam akuarium. Tanaman anubias ini ketika akan dipasang di akuarium sangat cocok dipadukan dengan aquascape tipe iwagumi, dimana menggunakan bebatuan untuk mempercantik akuarium.

Ketika kita akan menggunakan jenis tanaman ini ada dua cara untuk menanamnya, pertama menanamnya ketika akuarium belum terisi air sampai membentuk akar agar tanaman bisa berdiri, dan cara kedua adalah ketika air sudah dimasukan kedalam akuarium, kita menggunakan senar pancing untuk menanamnya sampai akar tumbuh dan tanaman bisa berdiri sendiri.

Anubias Barteri Var. Nana

4. Anubias Barteri ”Coffeefolia”

Jenis: Rimpang
Asal: Kultivar
Tingkat pertumbuhan: Lambat
Tinggi: 15 - 30+ cm
Cahaya: Rendah
CO2: Rendah

Dahulu pernah kita digemparkan dengan jenis tanaman yang bisa memiliki nilai sampai ratusan ribu ketika dijual bahkan jutaan ketika sudah mencapai besar yaitu tanaman gelombang cinta. Salah satu tanaman anubias yang memiliki ciri yang hampir mirip dengan tanaman gelombang cinta adalah Anubias Barteri ”Coffeefolia”.

Dimana jenis tanaman anubias ini adalah jenis tanaman berukuran besar dimana ukurannya mulai dari 15 sampai 30 cm. Bagi yang menginginkan visualisasi layaknya didarat kita bisa menggunakan tanaman anubias ini ketika kita akan menghias akuarium kita.

Dengan pertumbuhan yang lambat dan diletakan di daerah yang minim sinar matahari maka tanaman ini bisa menjadi salah satu tanaman yang bisa meminimalisir alga untuk tumbuh.

Anubias Barteri ”Coffeefolia”

5. Anubias Afzelii (Congensis)

Nama Ilmiah: Anubias afzelii
Family: Araceae
Ukuran : 15 - 30 cm
Kisaran pH : 6 - 8
Suhu: 23 - 27 ° C
Reproduksi Tanaman: Rimpang
Asal: Afrika

Anubias afzelii tidak terlalu rewel tentang persyaratan pencahayaan, karena dapat hidup dengan pencahayaan minim. Pencahayaan yang terlalu terang dapat menyebabkan tanaman ini ditumbuhi alga. Selain itu, tanaman ini juga akan mengalami pertumbuhan yang lambat.

Anubias Afzelii (Congensis)

6. Anubias Gigantea

Kisaran pH: 6.5 - 7.2
Kisaran suhu: 22-28 C
Perbanyakan: Stek rimpang.
Habitat: Afrika
Cahaya : rendah - sedang

Anubias terlihat bagus di akuarium tetapi tumbuh jauh lebih lambat di bawah air. Cara tercepat untuk mendorong pertumbuhan mereka adalah dengan menaikkan daunnya di atas permukaan air Anda.

Anubias akan berakar di kayu atau batu. Tetapi tidak seperti pakis Afrika, anubias akan menumbuhkan sistem akar yang luas. Simpan rimpang itu di atas kerikil. Anubias tumbuh jauh lebih baik ketika cahaya menyentuh rimpangnya.

Cara terbaik untuk mendorong pertumbuhan adalah dengan menempelkan ke kayu dengan benang jahit atau katun. Daun yang rusak tidak akan memperbaiki diri. Jika Anda ingin dedaunan yang terlihat bagus, Anda harus memangkas kembali dan tidak perlu takut, ini juga akan mendorong pertumbuhan daun baru.

Anubias Gigantea

7. Anubias Golden Nana

Jenis: Rimpang
Asal: Afrika
Tingkat pertumbuhan: Lambat
Tinggi: 5 - 15 cm
Cahaya: Rendah - sedang
CO2: Rendah

Kebanyakan penggemar akuarium terbiasa dengan genus tanaman bernama Anubias. Namun, yang relatif baru dalam hal ini adalah Anubias barteri var. “Nana gold”. Daunnya yang indah, hijau muda ke emasan menunjukkan varian warna yang sebenarnya tidak tergantung pada kondisi tangki. Warna ini tidak akan hilang saat tanaman menua atau diperbanyak. Daunnya yang tebal dan berbentuk hati itu tangguh dan dapat bertahan beberapa tahun.

Anubias dapat berkembang dalam berbagai suhu dari 68 ° hingga 86 ° F. Variasi emas ini akan tumbuh dalam kisaran cahaya kurang dari satu watt per galon, tetapi juga dapat berkembang dalam cahaya tinggi.

Anubias Golden Nana

8. Anubias Nana Mini

Jenis: Rimpang
Asal: Afrika
Tingkat pertumbuhan: Lambat
Cahaya: Rendah - sedang
CO2: Rendah

Anubias nana mini adalah tanaman akuarium yang tumbuh lambat, secara alami lebih disukai tangki berteknologi rendah sehingga apa pun di mana pencahayaannya relatif rendah dan tidak menyala terlalu lama setiap hari. Ini 100% baik-baik saja tanpa CO2 bertekanan, tetapi sama halnya jika Anda memilikinya, itu akan membuat tanaman lebih cepat dengan asumsi Anda menggunakan banyak pupuk.

Anubias nana Mini harus diikat pada kayu atau batu - seperti Anubias lain alasannya sederhana - jika Anda menanamnya di substrat, rhyzome akan membusuk dan tanaman akan mati. Cocok untuk pemula, tanaman akuarium yang menyenangkan ini tidak menantang, bermanfaat dan mudah tumbuh. Terlihat terbaik di akuarium yang lebih kecil karena ukuran daun jadi jika Anda memiliki akuarium nano (katakanlah ukuran 30-40L) maka itu akan terlihat sangat indah.

Anubias Nana Mini

9. Anubias Petite

Jenis: Rimpang
Asal: Kultivar
Tingkat pertumbuhan: Lambat
Tinggi: 3 - 5+ cm
Cahaya: Rendah
CO2: Rendah

Anubias sp. 'Petite' adalah mutasi yang muncul dalam budidaya di pembibitan tanaman akuarium. Tumbuh sangat lambat, dan bisa sulit untuk tetap dalam pertumbuhan yang sehat.

Tingginya kurang dari 5 cm dan dengan rimpang dari 5-10 cm atau lebih. Ini paling dekoratif ketika melekat pada batu atau akar, dan seperti Anubias lainnya harus dilampirkan dengan benang jahit sampai akar melekat pada media tumbuh. Sangat ideal untuk lanskap mini di akuarium kecil.

Anubias Petite

10. Anubias Roundleaf

Keluarga: Araceae
Genus: Anubias
Kesesuaian akuarium: ya
Penggunaan: Epiphyte (tumbuh di hardscape)
Kesulitan: sangat mudah
Pertumbuhan: lambat

Anubias roundleaf adalah pilihan Anubias barteri dengan bilah daun kecil, bundar, dan berbentuk hati. Sering juga di perdagangkan dengan nama label "Coin Leaf" dan "Gold Coin". Anubias barteri 'Round Leaf' memiliki ukuran sekitar Anubias barteri var. nana.

Anubias Roundleaf

11. Anubias Stardust

Nama Keluarga: Araceae
Tinggi: 2-5cm
pH: 6-7.5
Perawatan: Mudah
Cahaya: Rendah
Co2: Tidak Diperlukan
Perbanyakan: Pisahkan oleh Rimpang
Tingkat pertumbuhan: Lambat ke Moderate

Anubias Stardust adalah tanaman kecil yang indah. Ukurannya sebanding dengan Anubias Nana Petite yang populer. Mereka tampak seperti tanaman yang hampir sama kecuali jika dilihat dengan cukup cermat. Anubias Stardust memiliki vena putih dan bintik-bintik yang sangat kecil pada daun.

Perawatan serupa, tetapi pencahayaan berkualitas dan air bersih direkomendasikan untuk mendorong pertumbuhan yang sehat dan padat. Anubias Stardust sangat bagus untuk akuarium nano. Seperti kebanyakan spesies Anubias, ia adalah penanam yang lambat, tetapi patut ditunggu karena tampilannya yang indah dan sifatnya yang kuat. Daun ini memberikan kontras yang sangat baik untuk batu berwarna gelap (seperti batu lava) dan akar.

Anubias Stardust

12. Anubias Barteri Caladiifolia

Jenis: Rimpang
Asal: Kultivar
Tingkat pertumbuhan: Lambat
Tinggi: 10 - 15+ cm
Cahaya: Rendah
CO2: Rendah

Anubias barteri var. caladiifolia berasal dari laboratorium perbanyakan jaringan Australia. Ini adalah varietas yang sangat indah dengan daun berbentuk hati. Daunnya hidup selama beberapa tahun, demikian Anubias barteri var. caladiifolia dapat dengan mudah membentuk kelompok besar meskipun pertumbuhannya lambat. Kelompok Anubias barteri var. Caladiifolia dapat tumbuh lebih dari 50 cm dalam beberapa tahun.

Anubias Barteri Caladiifolia

13. Anubias Gracilis

Jenis: Rimpang
Asal: Afrika
Tingkat pertumbuhan: Lambat
Tinggi: 10 - 20+ cm
Cahaya : Rendah
CO2: Rendah

Daun segitiga besar 5-10 cm dengan batang daun panjang membuat Anubias gracilis salah satu yang paling elegan. Tanaman dapat tumbuh di atas batu dan akar atau ditanam ke lapisan bawah.

Jika ditanam ke lapisan bawah, pastikan untuk tidak menutupi rimpang dari mana daun dan akar tumbuh, atau tanaman akan membusuk dan mati. Anubias gracilis dapat tumbuh di atas permukaan akuarium, tetapi harap dicatat bahwa tanaman tumbuh lebih besar secara signifikan di atas air.

Anubias Gracilis

14. Anubias Minima

Keluarga : Araceae
Asal : Afrika barat
Perawatan : Mudah
Cahaya : Rendah
Perbanyakan : Pemotongan rimpang
Pertumbuhan : Lambat ke sedang

Anubias paling baik ditumbuhkan dengan cara ditempelkan dibatu atau kayu selain itu tanaman ini cocok untuk pemula dan ahli. Anubias minima memiliki ciri daun panjang dan ramping, karna pertumbuhan tanaman ini yang lambat sangat beresiko ditumbuhi alga jika pencahayaan terlalu tinggi. Perbanyakan bisa dilakukan dengan memotong rimpang diantara ruas Anubias minima.

Anubias Minima

15. Anubias Hastifolia

Keluarga : Araceae
Asal : Afrika barat
Perawatan : Mudah
Cahaya : Rendah
Perbanyakan : Pemotongan rimpang
Pertumbuhan : Lambat ke sedang

Tanaman dari negara Afrika dapat ditemukan dan tumbuh di sungai dan rawa. Anubias hastifolia memiliki tangkai yang lebih panjang dari pada tanaman anubias lainya. Dengan penambahan pupuk secara teratur dan seimbang mampu menciptakan pertumbuhan secara optimal.

Perbanyakan sangat mudah potong rimpang lalu hasil potongan bisa dirawat sampai tumbuh tunas baru. Jangan masukan rimpang anubias kedalam substrat karna tanaman bisa mati.

Anubias Hastifolia

16. Anubias Heterophylla

Keluarga : Araceae
Asal : Afrika barat
Perawatan : Mudah
Cahaya : rendah
CO2 : Tidak perlu
Perbanyakan : pemotongan rimpang
Pertumbuhan : Lambat ke sedang

Anubias Heterophylla berasal dari hutan hujan Afrika tengah meliputi Kamerun, Kongo, Angola. Dengan habitat di tepi aliran sungai, ada juga yang tenggelam didasar. Untuk perbanyakan potong rimpang lalu tanam kembali dengan diikat dimedia batu atau kayu.

Anubias Heterophylla

18. Anubias Pynaertii

Keluarga : Araceae
Asal : Gabon, Kongo dan Zaire
Perawatan : Mudah
Cahaya : Rendah
Perbanyakan : pemotongan rimpang
Pertumbuhan : Lambat ke sedang

Anubias Pynaertii memiliki daun mirip tombak dan mampu tumbuh sampai 29 cm dan lebar 14 cm. Anubias Pynaertii tumbuh dihabitat yang lembab dan teduh.

Anubias Pynaertii

Dari seluruh jenis tanaman Anubias aquascape yang sudah kita bahas hampir seluruhnya memiliki perkembangan yang lambat dan mampu bertahan pada kondisi yang ekstrim, dan yang menjadi salah satu keunggulan dari tanaman ini adalah tidak akan dimakan oleh ikan karnivora ketika kita menanamnya di dalam akuarium.

Disclaimer :
Beberapa tulisan saya ambil dari https://owlaquascape.blogspot.com/2019/03/11-tanaman-anubias.html
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar