Cara membuat Blog di platform Blogspot

Oleh:   tulisanndeso tulisanndeso   |   11/08/2017 04:11:00 PM
Blogspot merupakan layanan gratis dari Google untuk mempermudah penggunanya membuat Blog secara gratis tentunya. Sebenarnya bukan hanya Blogspot yang menyediakan layanan gratis, masih ada wordpress, wix, dan tumbr misalnya, apa masih ada yang lain? Silahkan googling sendiri ya hehe

Saya memilih bloger karena simpel untuk pemula. Bagi yang ga mau ribet, ada banyak tutorial atau template premium yang disediakan di internet, selain itu anda juga tidak perlu memikirkan hosting dan domain (jika menggunakan namablog.blogspot.com). Berbeda halnya dengan anda yang sudah mahir atau minimal mengerti tentang hosting dan perlu tantangan lebih, anda bisa menggunakan platform wordpress

Hosting adalah layanan berbasis internet sebagai tempat penyimpanan data atau tempat menjalankan aplikasi ditempat terpusat yang disebut dengan server dan dapat diakses melalui jaringan internet.

Jenis penggunaannya bermacam-macam berdasarkan kebutuhan, mulai dari hosting untuk: Web (untuk penyimpanan dan aplikasi website melalui port http), Email (untuk pusat data email), FTP (untuk file transfer) sampai VPN. Selengkapnya bisa baca disini ya https://www.indowebsite.id/hosting/

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet.

Domain memberikan kemudahan pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengingat sederetan angka-angka IP Address. Selengkapnya baca disini ya https://klikhost.com/apa-itu-domain-hosting-dan-website/

Sebelum melanjutkan inti dari artikel ini, yaitu Cara membuat Blog di platform Blogspot untuk pemula, saya akan terlebih dahulu menjelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan Platform Blogspot untuk Blog. Apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihan dan Kekurangan Blogspot?

Menurut saya sebagai seorang pemula, selain gratis, blogspot memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, diantaranya :

Kelebihan membuat Blog dengan Blogspot :

1. Blogspot adalah produk Google, sehingga dapat terintegrasi dengan mudah oleh layanan dari Google lainnya.
2. Blogspot sangat ramah SEO (Search Engine Optimization) atau SEO Friendly.
3. Blogspot mudah digunakan dan sangat praktis untuk pemula yang ngga mau repot belajar tentang hosting atau User Friendly.
4. Blogspot bisa langsung didaftarkan ke Adsense melalui dashboard Blogspot itu sendiri.
5. Meskipun praktis untuk pemula, namun Blogspot tetap masih di modifikasi oleh penggunanya.

Kekurangan membuat Blog dengan Blogspot :

1. Tampilan dashboard kurang menarik dan biasa saja dibandingkan wordpress.
2. Menulis artikel di Blogspot kurang leluasa, karena tampilan editingnya tidak selengkap wordpress.
3. Blogspot sangat terikat dengan peraturan Google. Wajar saja, blogspot kan miliknya google hehe

Gambar Halaman Login Blogger
Namun dari beberapa kekurangan tersebut (jika dirasa kurang bisa googling lagi hehe), rasanya tidak menjadi masalah jika anda adalah seorang pemula yang akan memulai ngeblog dengan platform gratisan.

Lantas, bagaimana cara membuat blog di platform Blogspot?

Pertama, kunjungi website Blogspot di www.blogger.com. Jika anda sudah memiliki akun Google, entah itu email gmail.com atau akun google lainnya, login lah menggunakan google.

Anda bisa memilih Log in atau Masuk, bisa juga dengan memilih tombol buat Blog.

Ini juga salahsatu kemudahan ketika memiliki akun google, yaitu terintegrasi dengan semua platform google hanya dengan satu akun Google. Jika anda belum memiliki akun Google atau Gmail, segera buat ya!

Kedua, setelah anda log in atau masuk ke akun Google anda melalui Blogspot.com, disebelah kiri akan menemukan New Blog sesuai dengan gambar dibawah ini.
Gambar New Blog
Klik saja New Blog tersebut agar anda dapat membuat blog baru. Dalam 1 akun email, dapat membuat sampai dengan 10 Blog sekaligus, bahkan mungkin lebih. Namun hal ini tidak saya rekomendasikan, sebagai antisipasi ketika suatu saat email anda bermasalah, makan semua blog anda pun akan terkena dampaknya.

Ketiga, setelah anda klik New Blog, akan tampil laman popup mengenai Judul Blog dan Url Blog yang anda inginkan.
Gambar Blog List
Anda hanya bisa mendaftarkan url blog yang masih tersedia, artinya, jika anda menginginkan suatu url yang sudah tidak tersedia atau ada pemiliknya, sebaiknya mengganti url tersebut, karena anda tidak dapat memilikinya atau tidak akan ada 2 url yang sama di internet.

Setelah itu, pilihlah tema default dari Google untuk blog baru anda, atau jika anda merasa kurang puas dengan template tersebut, anda dapat mencarinya di internet.

Keempat, Selamat, Blog anda sudah berhasil dibuat!. Gambar dibawah ini merupakan tampilan default dari google untuk blog saya. 
Gambar Halaman Default
Itulah tahapan yang harus anda lalui ketika akan membuat Blog gratisan dari Blogger. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda yang ingin memiliki blog gratis di platform Blogspot.
Loading
Love This Article?

Tampilkan Komentar