Ingin Liburan Murah dan Hemat? Baca Tips Liburan Berikut


Tulisan Ndeso Mencari Penulis Tamu
Tulisan Ndeso, Tips Jitu dan Ampuh agar Liburan Hemat dan Murah - Bagi kebanyakan orang yang memiliki aktifitas harian yang sangat padat, liburan menjadi hal yang sangat di tunggu. Aktifitas padat memang dapat membuat mereka merasa capek, bosan, bahkan mungkin dapat membuat stress, maka wajar saja jika liburan adalah satu yang sangat di idam-idamkan.

Sebenarnya tidak hanya orang yang sibuk dengan aktifitas hariannya saja yang memerlukan liburan, namun liburan juga diperlukan oleh orang yang kehidupannya hanya di rumah, seperti ibu rumah tangga.

Liburan merupakan salah satu solusi yang dapat membuat anda melepaskan rasa bosan dengan rutinitas, mengistirahatkan pikiran, serta mencari udara segar. Selain itu liburan juga dapat membuat anda dapat melupakan sejenak tugas dan kewajiban harian yang bisa membuat stress.

Pada umumnya, banyak orang berlibur ke tempat wisata alam yang agak jauh dari tempat kediaman agar dapat melupakan sejenak rutinitasnya juga mendapatkan udara segar. Wisata alam yang biasa dipilih adalah main-main di pantai, mendaki gunung, sky diving, ice skating, snorkeling dan masih banyak lagi.

Tips Jitu dan Ampuh agar Liburan Hemat dan Murah
Tips Liburan Murah dan Hemat

Selain itu, ada juga yang hanya berwisata kuliner, pergi ke suatu daerah, dengan hunting makanan khas daerah tersebut. Bahkan ada juga yang berlibur ke luar negeri untuk melihat dan merasakan sesuatu yang berbeda dari Negara sendiri, baik itu dari segi alamnya, bahasa, budaya, hingga orang asli negara tersebut.

Untuk dapat pergi berlibur, memang tidak ada yang gratis, kecuali anda menang dalam kontes atau lomba dengan hadiah liburan hehe.. Jangankan liburan ke tempat yang jauh seperti luar negeri, liburan ke tempat wisata terdekat saja harus mengeluarkan uang, setidaknya harus membayar parkiran kendaraan, uang bensin, ataupun ongkos buang air kecil.

Oleh karena itu, bagi anda yang ingin berlibur, ada baiknya mengikuti tips liburan berikut ini :

Tips Liburan Hemat dan Murah


1. Berliburlah di Luar Musim Liburan

Seperti yang sudah kita ketahui, saat musim liburan tiba pasti ramai orang kesana kemari mencari tempat untuk berlibur. Akibatnya? Jalanan menjadi macet sampai bikin kita kesel karena orang beramai-ramai bepergian ke tempat liburan.

Dikarenakan ramai orang yang akan berlibur, tentunya harga tiket, karcis, dan segala macamnya akan naik dari biasanya. Oleh karena itu, sebaiknya anda berlibur dihari biasa saja, disaat banyak orang sibuk dengan pekerjaannya, bahkan anda bisa menikmati tempat liburan dengan leluasa.

Jika anda bekerja diperkantoran, anda bisa mengajukan cuti tahunan diluar hari libur untuk dapat menikmati liburan.

2. Berlibur Bersama Teman

Liburan secara berkelompok atau berombongan juga akan menghemat pengeluaran. Biasanya harga tiket atau paket liburan akan menjadi lebih murah jika di pesan secara rombongan.

Ajak lah teman-teman atau orang-orang yang berada diluar ruang lingkup anda untuk berlibur bersama. Selain bisa menjalin persahabatan dan silaturahim bagi teman yang jarang bertemu, biaya liburan anda juga kan terasa hemat.

Paling mudah, liburan bersama teman adalah dengan menggunakan jasa biro liburan. Anda hanya tinggal menikmati saja dari awal hingga akhir, biarkan mereka yang memikirkan akomodasi dan lain sebagainya.

3. Mencari Paket /Tiket Liburan yang Sedang Promo

Salah sayu hal penting yang perlu anda lakukan sebelum melakukan booking tiket adalah dengan mencari paket liburan atau tiket dengan harga promo.

Carilah informasi mengenai promo sebanyak-banyaknya yang berhubungan dengan liburan anda tentunya, seperti promo penginapan, promo transportasi, dan promo lainnya.

Karena pada dasarnya harga promo ini memang harga murah dibandingkan dengan harga normal, sehingga dengan adanya promo ini anda bisa menghematkan pengeluaran uang.

4. Cari dan Pesan Tiket dari Jauh-jauh Hari

Booking tiket dari jauh-jauh hari bisa menghematkan biaya liburan anda, selain itu anda tidak perlu khawatir tidak mendapatkan tiket karena full booked. Misalnya, jika anda berecana ingin memesan tiket pesawat, booking lah tiket pesawatnya dari awal-awal, paling tidak tiga bulan sebelumnya.

Hindari booking tiket pada hari keberangkatan. Selain dikhawatirkan anda akan kehabisan tiket, harga pun jelas akan lebih mahal. Selain itu, weekend juga membuat harga tiket lebih mahal dari hari biasanya pada saat weekdays.

5. Bawalah Tas yang Sesuai

Untuk membawa pakaian dan barang-barang penunjang liburan, anda harus menggunakan tas yang sesuai dengan jenis liburan yang anda pilih. Tas untuk berlibur ke luar negeri mungkin tidak cocok jika dibawa untuk berlibur ke tempat wisata alam seperti mendaki gunung atau berenang di pantai.

Selain menentukan tas yang sesuai untuk berlibur, anda juga harus menentukan ukuran dan berat tas tersebut. Jangan memilih tas yang ukurannya terlalu kecil dan jangan pula yang terlalu besar.

Tas yang kecil memang akan membuat anda lebih ringkas dalam membawa barang-barang, namun tidak akan memuat barang yang anda siapkan. Tapi tas yang besar juga akan merepotkan anda nantinya saat di tempat liburan, anda berfikir untuk membeli barang yang kurang diperlukan untuk memenuhi tas anda yang besar tersebut.

Bahkan, ketika anda membawa tas terlalu besar dengan berat yang berlebih, anda bisa saja dikenakan kelebihan bagasi yang tentunya tidak membuat liburan anda hemat lagi.

Kebiasaan orang Indonesia saat berlibur adalah berfikir harus membawa oleh-oleh, "Sayang banget, liburan jauh-jauh kok gak bawa oleh-oleh, mumpung tas lagi belum penuh nih. Beli sesuatu ah!", dan akhirnya anda memenuhi tas anda dengan oleh-oleh yang dapat membuat kantong anda jebol.

6. Jangan Memilih Hotel untuk Menginap

Jika anda berencana untuk memesan tiket saat libur, lebih baik anda pikirkan lagi apakah di tempat anda liburan itu terdapat orang yang dikenal, saudara, atau teman, dan usahakan agar bisa menginap dirumah mereka saja.

Hal ini berguna utuk meminimalisir biaya anggaran liburan anda agar tidak terpotong oleh biaya penginapan di hotel yang cukup mahal. Selain itu, Homestay dapat anda pilih jika di tempat liburan anda tidak menemukan orang yang anda kenal.

7. Mencari Informasi Sebanyak-banyaknya

Sebelum anda pergi berlibur, ada baiknya anda mencari informasi mengenai tempat liburan anda, cara paling mudah adalah dengan mencarinya di internet atau bertanya dahulu kepada orang yang sudah pernah pergi ke tempat tersebut.

Tanyakan mengenai transportasi, penginapan, dan yang lainnya kepada mereka. Serta tanyakan pula bagaimana caranya anda bisa berhemat saat berlibur di tempat tersebut. Biasanya, orang akan mereferensikan tempat atau hal-hal yang menurut mereka baik dan dapat menghemat, sehingga liburan anda bisa puas.

Selain itu, hal ini juga bermanfaat agar anda bisa mengetahui seluk-beluk tempat liburan tersebut sehingga anda tidak salah melangkah yang mengakibatkan anda kemungkinan ditipu sama penduduk lokal.

Pada intinya, jika anda memilih liburan tidak perlu mahal yang bisa menguras isi dompet dan kartu kredit anda. Anda harus tau tips-tips yang bisa membuat anda tidak mengeluarkan uang terlalu banyak saat berlibur, sehingga dapat membantu menyesuaikan budget liburan yang sudah di anggarkan.

Demikianlah tips agar liburan anda lebih hemat, murah, dan menyenangkan tentunya. Semoga liburan anda menyenangkan dan anda dapat berhemat.

Pemesanan atau Booking hotel sebaiknya menggunakan web atau aplikasi dari Booking.com untuk harga yang lebih murah. Selamat Berlibur!.



Booking.com



Tag : Liburan Hemat, Liburan Murah, Tips Liburan Hemat dan Murah

Cari Artikel Lainnya Di Sini

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui paypal atau dengan membagikan artikel ini agar semakin banyak orang yang merasakan manfaatnya. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.tulisanndeso.com - Terima kasih :)