Skip to main content

10 Game Pilihan untuk Mini PlayStation Classic

Tulisan Ndeso, 10 Game Sony yang sebaiknya terdapat dalam paket penjualan Mini PlayStation Classic - Sony mengumumkan akan meluncurkan PlayStation Classic, nampaknya Sony mengikuti Nintendo dengan merilis konsol mungil yang berisi dengan nostalgia terutama bagi Generasi 90an.

Akan ada 20 game di perangkat game konsol mini milik Sony secara keseluruhan, kesemuanya akan dimainkan dengan replika asli dari kontroler asli yaitu dirilis tanpa dual analog stick yang menghiasi, sama halnya dengan stick model terdahulu.

Sony tidak akan mengumumkan semua game sekaligus dalam waktu yang bersamaan, namun hal tersebut telah membuat kita yang dulu pernah hidup di Generasi 90an merasa "dimanjakan" dengan nostalgia ini.

Mini PlayStation Classic

Entahlah, mungkin ini semua dilakukan karena masih perlu untuk mendapatkan lisensi dari pihak yang relevan atau untuk alasan pemasaran saja.

Sudah ada banyak spekulasi di kantor The Verge tentang game mana yang akhirnya akan bergabung dengan game masa lalu seperti Final Fantasy VII , Tekken 3, Ridge Racer Tipe 4, Wild Arms, dan Jumping Flash?

Berikut ini adalah rekomendasi Game pilihan dari The Verge untuk konsol PlayStation Classic :

10 Game Pilihan untuk Mini PlayStation Classic

1. IQ : Intelligent Qube

IQ: Intelligent Qube adalah sebuah permainan teka teki berupa Puzzle.

Intelegent Cube
Cara Bermainnya sederhana, pemain mengontrol karakter yang harus berjalan di sekitar platform yang terbuat dari kubus, membersihkan kubus tertentu saat mereka mendekati.

Kubus "dibersihkan" dengan menandai tempat di atas panggung, menunggu kubus untuk bergulir di atasnya, dan kemudian menonaktifkan tempat yang ditandai.

Ketika tingkat kesulitan meningkat, anda harus bermain pintar dan cepat untuk tetap hidup. Itu juga merupakan permainan yang menunjukkan bagaimana grafis 3D sederhana dapat menjadikan sesuatu yang jauh lebih memiliki makna mendalam.

Permainan ini diterima dengan baik secara komersial di Jepang dan bahkan memenangkan Penghargaan Excellence untuk Seni Interaktif di Festival Seni Media Jepang 1997.

Beberapa sekuel telah dikembangkan dan game ini telah dirilis ulang di PlayStation Network di Jepang dan Eropa, serta sebaiknya ada dalam PlayStation Classic dalam versi Mini.

2. Vib-Ribbon

Vib-Ribbon (ビ ブ リ ボ ン Bibu Ribon), didesain sebagai vib-ribbon, adalah sebuah permainan video ritme yang dikembangkan oleh NanaOn-Sha dan diterbitkan oleh Sony Computer Entertainment.
Vip Ribbon

Awalnya dirilis untuk game PlayStation yang ada di Jepang pada 12 Desember 1999, kemudian dirilis di Eropa pada 1 September 2000, dan dirilis ulang di PlayStation Network di Amerika Utara pada tahun 2014.

Permainan ini unik karena software dimuat ke dalam RAM, membiarkan pemain menggunakan CD musik untuk melawan; permainan bisa menghasilkan level yang unik dari trek mana pun.

Grafik untuk Vib-Ribbon adalah sederhana, terdiri dari garis lurus, garis vektor putih yang membentuk gambar kasar, sudut dari level dan karakter pemain, bernama Vibri.

3. Metal Gear Solid

Metal Gear Solid adalah video game aksi petualangan yang dikembangkan oleh Konami Computer Entertainment Japan dan dirilis untuk PlayStation pada tahun 1998.

Metal Gear Solid
Game ini disutradarai, diproduksi, dan ditulis oleh Hideo Kojima, dan dibuat untuk kelanjutan sekuel video MSX2 game Metal Gear dan Metal Gear 2: Solid Snake, yang juga digarap oleh Kojima.

Permainan ini mengikuti Solid Snake, seorang prajurit yang menyusupi fasilitas senjata nuklir untuk menetralisir ancaman teroris dari FOXHOUND, sebuah pasukan force unit.

Ular harus membebaskan dua sandera, kepala DARPA dan presiden produsen senjata utama, menghadapi teroris, dan menghentikan mereka dari meluncurkan serangan nuklir.

Metal Gear Solid diterima dengan baik oleh pasar, dibuat lebih dari enam juta kopi, dan mencetak rata-rata skor poin 94 dari rentang 100 di situs web gabungan Metacritic.

Ini dianggap sebagai salah satu video game terbesar dan paling penting pada jamannya dan membantu mempopulerkan genre siluman.

Keberhasilannya mendorong peluncuran versi yang diperluas untuk PlayStation dan PC, Metal Gear Solid: Integral, dan remake GameCube, Metal Gear Solid: The Twin Snakes.

Permainan ini juga telah melahirkan banyak sekuel, prequels, dan spin-off, termasuk beberapa permainan, drama radio, komik, dan novel.

4. Final Fantasy VIII

Final Fantasy VIII (ファイナルファンタジーVIII Fainaru Fantajī Eito) adalah sebuah permainan role-playing game yang diciptakan oleh Square Co., Ltd. untuk Sony PlayStation dan PC berbasis Microsoft Windows.
Final Fantasy VIII

Game ini merupakan judul kedelapan dalam seri utama permainan Final Fantasy dan judul kedua yang dirilis untuk PlayStation dan Windows.

Cerita terfokus pada sekelompok tentara bayaran yang terjebak dalam suatu konflik internasional yang dirancang oleh seorang penyihir bernama Edea, dan berusaha menghentikan perang tersebut.

Final Fantasy VIII divoting sebagai permainan terbaik kedua puluh sepanjang masa oleh pembaca majalah Jepang Famitsu.

Final Fantasy VIII mengalami banyak perubahan dibandingkan seri sebelumnya.

Game ini merupakan game pertama dalam seri Final Fantasy yang memiliki karakter dengan ukuran tubuh proposional, lagu tema (theme song) yang disisipi oleh suara penyanyi asli, dan salah satu game yang lebih mengutamakan unsur cerita ketimbang perkembangan karakter di dalam game.

5. Castlevania : Symphony of the Night

Castlevania: Symphony of the Night adalah game action-playing platform-adventure yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Konami pada tahun 1997 untuk PlayStation.

Castlevania: Symphony of the Night
Diproduksi oleh Toru Hagihara, dengan Koji Igarashi bertindak sebagai asisten sutradara.

Ini adalah sekuel langsung ke Castlevania: Rondo of Blood berlangsung empat tahun kemudian.

Ini fitur Drakula dhampir putra Alucard sebagai protagonis bangkit dari tidurnya untuk menjelajahi istana Dracula yang telah muncul kembali setelah Richter Belmont telah lenyap.

Ini menandai jeda dari game sebelumnya dalam seri, memperkenalkan eksplorasi, desain level non-linear dan elemen role-playing.

Awalnya, permainan itu tidak berhasil - terutama di Amerika Serikat di mana ia jarang dipublikasikan - tetapi berkat pujian oleh para kritikus, ia mendapatkan penjualan melalui kata-dari mulut ke mulut dan menjadi hit.

Ini telah dirilis ulang di beberapa konsol dan dianggap sebagai hit tidur, klasik kultus, dan salah satu video game terbaik yang pernah dibuat.

6. Tony Hawk's Pro Skater 2

Tony Hawk's Pro Skater 2 adalah permainan video simulasi-skateboard yang dikembangkan oleh Neversoft dan diterbitkan oleh Activision.

Ini adalah angsuran kedua dalam seri game olahraga Tony Hawk dan pertama kali dirilis untuk PlayStation pada tahun 2000, dengan port berikutnya ke Microsoft Windows, Game Boy Color, dan Dreamcast pada tahun yang sama.

Pada tahun 2001, gim ini dipetakan ke Mac OS, Game Boy Advance, Nintendo 64, dan Xbox (sebagai bagian dari koleksi Tony Hawk's Pro Skater 2x).

Game ini kemudian diporting ke perangkat Windows Mobile dan Windows Phone pada tahun 2006 dan untuk perangkat iOS pada tahun 2010.

Pro Skater 2 milik Tony Hawk menggunakan mesin permainan yang sama dengan pendahulunya sambil meningkatkan grafis dan gameplay, terutama dengan pengenalan manual dan hadiah uang tunai.

Permainan berlangsung di lingkungan perkotaan tiga dimensi yang diresapi oleh suasana musik rock dan hip-hop. Pemain mengendalikan berbagai pemain skateboard terkenal dan melakukan trik skateboard atau mengumpulkan objek tertentu.

Tony Hawk's Pro Skater 2

Permainan ini menawarkan beberapa mode permainan, termasuk mode karir di mana pemain harus menyelesaikan tujuan dan mengembangkan atribut karakter mereka dengan keuntungan yang diperoleh.

Mode free-play di mana pemain dapat meluncur tanpa tujuan tertentu, mode multi-player yang fitur sejumlah permainan kompetitif, dan editor tingkat yang memungkinkan pemain untuk membuat tingkat yang disesuaikan.

Pro Skater 2 Tony Hawk secara kritis diakui setelah dirilis dan tetap menjadi salah satu video game dengan rating tertinggi sepanjang masa, serta video game olahraga dengan rating tertinggi.

Semua versi permainan dipuji, termasuk permainan adiktif, lingkungan yang besar, grafik mendetail, kontrol cairan dan presisi, fitur kustomisasi dan soundtrack punk / hip-hop.

Terdapat beberapa kritik kecil yang diarahkan pada kurangnya kamera orang pertama dan soundtrack terpotong dari versi Nintendo 64.

7. Spyro the Dragon

Spyro the Dragon adalah game platform yang dikembangkan oleh Insomniac Games dan diterbitkan oleh Sony Computer Entertainment.

Game ini dirilis untuk PlayStation pada 10 September 1998.

Spyro the Dragon
Game pertama dalam seri Spyro, ia membintangi karakter judul, seekor naga ungu muda bernama Spyro, dan teman capungnya, Sparx, yang menjelajah melalui kerajaan naga untuk menyelamatkan naga lain dari mantra yang ditempatkan oleh Gnasty Gnorc.

Spyro the Dragon menerima ulasan positif dari para kritikus, yang memuji permainan untuk grafis dan nilai replay yang tinggi.

Permainan ini juga sukses secara komersial, menjual hampir 5 juta kopi di seluruh dunia.

Dua sekuel, berjudul Spyro 2: Ripto's Rage! dan Spyro: Year of the Dragon, kemudian dirilis untuk PlayStation pada tahun 1999 dan 2000, masing-masing.

Versi remaster dari game ini akan dirilis sebagai bagian dari kompilasi untuk PlayStation 4 dan Xbox One pada November 2018, berjudul Spyro Reignited Trilogy.

8. Gran Turismo 2

Gran Turismo 2 (グ ラ ン ツ ー リ ス モ 2 Guran Tsūrisumo Tsū, biasa disingkat GT2) adalah game balap untuk Sony PlayStation.
Gran Turismo 2

Gran Turismo 2 dikembangkan oleh Polyphony Digital dan diterbitkan oleh Sony Computer Entertainment pada tahun 1999.

Ini adalah sekuel Gran Turismo yang diterima dengan baik secara publik dan kritis.

Game ini telah dinikmati sebanyak 1,71 juta eksemplar di Jepang, 20.000 di Asia Tenggara, 3,96 juta di Amerika Utara, dan 3,68 juta di Eropa untuk total 9,37 juta eksemplar pada 30 April 2008.

Akhirnya menjadi game Sony Greatest Hits dan mendapatkan skor rata-rata 93% dalam agregat Metacritic.

9. Um Jammer Lammy

Um Jammer Lammy
Um Jammer Lammy (Jama ン ジ ャ マ ラ ミ ー Un Jama Ramī) adalah gim video rhythm yang dikembangkan oleh NanaOn-Sha dan diterbitkan oleh Sony untuk konsol video game PlayStation pada tahun 1999.

Ini merupakan tindak lanjut PaRappa Rapper tahun 1996, sekali lagi menampilkan kolaborasi produser musik dan desainer game Masaya Matsuura dan artis Rodney Alan Greenblat.

Sebuah versi arcade dikembangkan bersama oleh Namco, berjudul Um Jammer Lammy Now !!, dirilis di arcade Jepang pada bulan Desember 1999.

Game ini kemudian dirilis ulang di PlayStation Network antara tahun 2008 dan 2012.

10. Chrono Cross

Chrono Cross (ク ロ ノ ・ ク ロ ス Kurono Kurosu) adalah video game role-playing 1999 yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Square untuk konsol video game PlayStation.

Ini adalah sekuel Chrono Trigger, yang dirilis pada tahun 1995 untuk Super Nintendo Entertainment System.
Chrono Cross

Chrono Cross dirancang terutama oleh scenarist dan sutradara Masato Kato, yang mendapat bantuan dari desainer lain yang juga bekerja pada Chrono Trigger, termasuk direktur seni Yasuyuki Honne dan komposer Yasunori Mitsuda.

Nobuteru Yūki mendesain karakter dari permainan. Kisah Chrono Cross berfokus pada seorang remaja laki-laki bernama Serge dan tema dunia paralel.

Dihadapkan dengan realitas alternatif di mana dia mati sebagai seorang anak, Serge berusaha untuk menemukan kebenaran dari perbedaan dua dunia.

Pencuri yang menyolok Kid dan banyak karakter lain membantunya dalam perjalanannya mengelilingi kepulauan tropis El Nido.

Berjuang untuk mengungkap masa lalunya dan menemukan Flrozen Flame yang misterius, Serge terutama ditantang oleh Lynx, seorang antagonis bayangan yang bekerja untuk menangkapnya.

Setelah dirilis di Jepang pada tahun 1999 dan Amerika Utara pada tahun 2000, Chrono Cross menerima pujian kritis, mendapatkan nilai sempurna 10,0 dari GameSpot.

Permainan ini dikirim lebih dari 1,5 juta kopi di seluruh dunia, yang mengarah ke rilis ulang Greatest Hits dan melanjutkan kehidupan di Jepang sebagai bagian dari seri Ultimate Hits.

Chrono Cross kemudian dirilis ulang untuk PlayStation Network di Jepang pada Juli 2011, dan di Amerika Utara empat bulan kemudian.

Itulah rekomendasi game yang sebaiknya kalian coba ketika membeli Mini PlayStation Classic dari Sony. Sepertinya konsol yang akan dirilis Sony ini akan booming, mengingat game-game didalamnya penuh dengan kenangan, terutama bagi mereka yang hidup di masa PlayStation seri pertama.

SUMBER
1. https://www.theverge.com/2018/9/19/17878802/playstation-classic-retro-games-final-fantasy-gran-turismo
2. https://en.wikipedia.org/wiki/I.Q.:_Intelligent_Qube
3. https://en.wikipedia.org/wiki/Vib-Ribbon
4. https://en.wikipedia.org/wiki/Metal_Gear_Solid
5. https://en.wikipedia.org/wiki/Final_Fantasy_VIII
6. https://en.wikipedia.org/wiki/Castlevania:_Symphony_of_the_Night
7. https://en.wikipedia.org/wiki/Tony_Hawk%27s_Pro_Skater_2
8. https://en.wikipedia.org/wiki/Spyro_the_Dragon
9. https://en.wikipedia.org/wiki/Gran_Turismo_2
10. https://en.wikipedia.org/wiki/Um_Jammer_Lammy
11. https://en.wikipedia.org/wiki/Chrono_Cross
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar