Skip to main content

Cara Menyelamatkan Diri Ketika Terjadi Gempa Bumi

Tulisan Ndeso, Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Terjadi Gempa Bumi - Gempa Bumi adalah bencana alam yang bisa terjadi kapan saja, baik ketika kita berada di dalam atau luar ruangan.

Saat gempa terjadi, setiap orang akan merasakan kepanikan. Semua orang langsung berhamburan ke luar ruangan, mencari tanah lapang untuk menyelamatkan diri.

Hal tersebut untuk menghindarkan kita dari reruntuhan bangungan atau terjebak dalam suatu ruangan ketika gempa terjadi.

Untuk itu, dibutuhkan pengetahuan hingga latihan agar bisa menyelamatkan diri di saat gempa berguncang.

Cara Menyelamatkan Diri Dari Gempa

Berikut ini adalah beberapa cara yang sangat mudah untuk anda lakukan agar selamat saat gempa terjadi

Cara Menyelamatkan Diri Dari Gempa

Terdapat tiga hal yang perlu diketahui dalam menyelamatkan diri dari Gempa Bumi, yaitu sebelum terjadi Gempa Bumi, saat terjadi Gempa Bumi, dan setelah terjadi Gempa Bumi.

SEBELUM Terjadi Gempa Bumi

A. Kenali Lingkungan Tempat Anda Tinggal

Hal pertama yang perlu anda ketahui adalah memastikan bahwa struktur atau letak tempat tinggal yang Anda tempati dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh Gempa Bumi seperti Tanah Longsor maupun dekat dengan Bukit.

Jika tempat tinggal anda sudah terhindar dari bahaya gempa di atas, selanjutnya adalah anda perlu mengevaluasi dan merenovasi ulang struktur bangunan tempat tinggal Anda agar terhindar dari bahaya Gempa Bumi.

B. Kenali Lingkungan Tempat Anda Bekerja

Tempat kerja disini lebih dikhususkan dengan sebuah gedung atau bangunan. Karena ada juga diantara kita yang bekerja di luar ruangan, seperti petani misalnya.

Tempat kerja biasanya sudah diperhitungkan dalam pembangunan tempat hingga letak-letak pintu darurat, sehingga kita tinggal memperhatikan letak pintu, lift serta tangga darurat.

Sehingga apabila terjadi Gempa Bumi, sudah mengetahui tempat paling aman untuk berlindung atau melarikan diri.

Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah belajar mengenai P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan), belajar menggunakan alat pemadam kebakaran, dan mencatat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi Gempa Bumi.

C. Persiapan Rutin di Tempat Tinggal

Hal penting lainnya adalah memperhatikan perabotan yang ada di tempat tinggal anda seperti lemari, cabinet, dan lain sebagainya diatur menempel pada dinding dengan dipaku atau diikat untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi Gempa Bumi.

Simpan barang dari bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran.

Selalu mematikan air, gas, dan listrik apabila tidak sedang digunakan. Hal ini tentunya akan menghemat pengeluaran bulanan anda juga.

D. Penyebab Celaka Paling Sering

Penyebab celaka yang paling banyak terjadi pada saat Gempa Bumi adalah kejatuhan barang atau material.

Mengatur susunan barang dari yang paling berat berada di bawah akan membuat tempat tinggal anda aman bahkan bukan hanya pada saat Gempa saja.

Cek kestabilan benda yang tergantung baik di dinding atau langit-langit rumah yang dapat jatuh pada saat gempabumi terjadi seperti frame foto atau lampu.

E. Peralatan Darurat

Bukan hanya di tempat kerja, di tempat tinggal anda juga perlu adanya alat keamanan ketika terjadi berncana atau untuk pertolongan pertama, diantaranya kotak P3K, senter atau lampu baterai, makanan suplemen dan air.

SAAT Terjadi Gempa Bumi

A. Jika Berada Dalam Bangunan
1.1 Segera lari menuju ke luar ruangan atau menuju ruang terbuka untuk berlindung.
1.2 Mencari tempat untuk bersembunyi, ada dua tempat yang bisa anda gunakan yaitu di bawah meja atau tempat yang membentuk sudut segi tiga.

Cara Berlindung Saat Gempa Bumi

B. Jika Berada Di Luar Bangunan
Menghindar dan menjauh dari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon, dan lain-lain.
Perhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah atau tanah yang retak.

C. Jika Sedang Berkendara
Keluar, turun dan menjauh dari kendaraan anda, serta hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran.

D. Jika Tinggal Di Kawasan Pantai
Jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami. Hal ini sama seperti yang terjadi di Kota Palu, dimana sesaat setelah terjadi gempa, pantai yang ada di Palu mengalami Tsunami.

E. Jika Tinggal Di Kawasan Pegunungan
Pegunungan memiliki ketinggian dibandingkan dengan area lainnya, sehingga memungkinkan terjadinya longsor. Oleh karena itu, hindarilah daerah yang mungkin terjadi longsoran.

SETELAH Terjadi Gempa Bumi

A. Jika Berada Dalam Bangunan
Anda harus keluar dari bangunan tersebut dengan tertib dan jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakanlah tangga biasa atau tangga darurat yang disediakan oleh pengelola gedung.
Periksa anggota badan anda apakah ada yang terluka? Jika ada, segera lakukan P3K.
Telepon atau mintalah pertolongan apabila anda mengalami luka parah.

B. Periksa Lingkungan Sekitar
Hal ini dilakukan untuk melihat seberapa aman lingkugnan sekitar anda setelah terjadinya gempa seperti Kebakaran, Kebocoran Gas, Hubungan Arus Pendek Listrik, Aliran dan Pipa Air.

C. Jangan Memasuki Bangunan
Untuk sementara, sesaat setelah Gempa jangan lebih dulu memasuki bangungan, karena kemungkinan masih terdapat reruntuhan yang bisa membahayakan anda.

D. Mendengarkan Informasi
Biasanya, setelah adanya gempa akan ada Informasi yang disampaikan oleh pihak penanggulangan bencana. Dengarkan informasi mengenai gempabumi apabila terjadi gempa susulan. Hal penting lainnya adalah jangan mudah terpancing oleh isu atau berita yang tidak jelas sumbernya.

E. Mengisi Data atau Angket oleh Instansi Terkait
Fungsi dari mengisi Data atau Angket adalah untuk mengetahui seberapa besar kerugian atau korban akibat Gempa Bumi.

Poster Antisipasi Gempa Bumi oleh BMKG

Poster atau Info di bawah ini dikeluarkan resmi oleh BMKG, bagi anda yang ingin menyebarkannya silahkan disebarkan agar lebih banyak orang yang tahu.


Itulah beberapa informasi mengenai Cara Menyelamatkan Diri Ketika Terjadi Gempa Bumi oleh BMKG. Semoga bermanfaat.

SUMBER : https://www.bmkg.go.id/gempabumi/antisipasi-gempabumi.bmkg
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar