Skip to main content

Sejarah Hari Pahlawan 10 November Beserta Kumpulan Ucapan Memperingatinya

Tulisan Ndeso, Ucapan Selamat Hari Pahlawan 10 November - Selamat Hari Pahlawan!.

Setiap tahunya pada tanggal 10 November, Bangsa Indonesia merayakan Hari Pahlawan Nasional.

Hari ini memperingati rangkaian peristiwa yang secara kolektif dikenal sebagai Pertempuran Surabaya - sebuah konfrontasi dan pertempuran antara tentara Indonesia pro-kemerdekaan, atau Nederlandsch Indie Civil Administratie, dan pasukan Inggris dan Belanda (VOC) selama perjuangan kemerdekaan.

Pertarungan memuncak pada 10 November 1945, dan meskipun Indonesia kalah, ini masih dianggap sebagai salah satu peristiwa paling penting dalam perjuangan negara melawan penjajah.

Sutomo, lebih sering disebut sebagai Bung Tomo, adalah salah satu ikon kunci yang dirayakan pada Hari Pahlawan Nasional.

Sepanjang Pertempuran Surabaya, mantan jurnalis Jawa itu menyampaikan pidato-pidato dan siaran radio yang berapi-api, legendaris untuk gaya berapi-api mereka.

Untuk siswa sekolah dasar di akhir 1980-an dan awal 90-an, sejarah Bung Tomo dan kata-katanya adalah bacaan wajib.

Salah satu foto Bung Tomo, menyampaikan salah satu pidatonya, tertanam dalam ingatan sebagian besar orang dari generasi ini.

Bung Tomo Pidato Berapi-api

Foto itu menunjukkan lelaki itu dengan jarinya menunjuk ke udara dan matanya hampir menonjol keluar dari rongganya.

Citra ikonis ini tidak diragukan lagi banyak berperan dalam memperkuat legenda Bung Tomo.

Terlepas dari kisahnya yang terkenal, baru pada bulan November tahun lalu Bung Tomo diakui oleh pemerintah dalam daftar resmi pahlawan nasional, atau pahlawan nasional.

Bung Tomo diakui oleh pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono 27 tahun setelah kematiannya pada tahun 1981, bersama dengan dua pahlawan lainnya dari perjuangan kemerdekaan: Mohammad Natsir dan KH Abdul Halim.

Saat ini, daftar pahlawan nasional terdiri dari 144 orang yang berjuang untuk negara selama periode kolonial Belanda dan Jepang, 1945-49 Perang Kemerdekaan (Perang Kemerdekaan) atau dalam pertempuran pasca-kemerdekaan.

Daftar ini juga termasuk perwira militer yang tewas dalam upaya kudeta yang dituduhkan pada 30 September 1965.

Daftar ini juga mencakup tokoh-tokoh nasional yang penting seperti Kapten Pattimura di Maluku, pahlawan wanita Aceh Cut Nyak Dien dan Jenderal Sudirman, yang adalah komandan militer selama tahun-tahun awal kemerdekaan negara itu yang rapuh, antara tahun 1945 dan 1949.

Ada juga yang ada dalam daftar yang tidak pernah ambil bagian dalam pertempuran militer tetapi yang berkontribusi terhadap kemerdekaan negara itu dalam berbagai cara.

Ini termasuk RA Kartini, yang berjuang untuk pemberdayaan perempuan dan meningkatkan akses ke pendidikan, Wage Rudolf Supratman, yang menulis lagu kebangsaan, dan Tuan MH Manullang, yang memanfaatkan kekuatan pers dalam perjuangan kemerdekaan.

Sebagai wajib membaca bagi siswa sekolah dasar, kisah-kisah orang-orang ini bisa menjadi membosankan.

Tetapi ketika para siswa tumbuh dewasa dan menghadapi perjuangan kehidupan nyata mereka sendiri, keberanian Bung Tomo dan teman-temannya dalam memperjuangkan kemerdekaan menjadi sumber inspirasi yang sesungguhnya.

Untuk menandai Hari Pahlawan Nasional, kami meminta lima orang Jakarta untuk memberi tahu kami siapa pahlawan mereka.

Terlalu sering, pahlawan nasional tidak mendapatkan rasa hormat dan pengakuan yang pantas mereka dapatkan, tetapi juga baik untuk diingatkan bahwa ada pahlawan lain yang juga layak mendapatkan rasa hormat dan kehormatan kita.

Berikut ini adalah kata-kata yang disampaikan oleh parah pahlawan serta ucapan untuk memperingati Hari Pahlawan Nasional.

Quote Pahlawan Nasional Yang Membangkitkan Nasionalisme

"Kita tunjukkan bahwa kita adalah benar-benar orang yang ingin merdeka...Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka."
- Bung Tomo
"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa-jasa para Pahlawannya."
- Bung Karno
"Pahlawan-pahlawan di dalam tentara kami, satu dengan yang lainnya berselisih, dan kemudian yang gagah berani menyerah."
- Pangeran Diponegoro
"Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita."
- Bung Hatta
"Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri."
- RA Kartini
"Robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasad ini, tetapi jiwaku dilindungi benteng merah putih, akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang aku hadapi."
- Jendral Soedirman
"Dengan ilmu kita menuju kemuliaan."
- Ki Hajar Dewantara
"Hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan pernah dimenangkan."
- Sutan Syahrir
"Memimpin adalah Menderita."
- K.H Agus Salim
"Dalam menghadapi musuh, tak ada yang lebih mengena daripada senjata kasih sayang."
- Cut Nyak Dien

Ucapan Memperingati Hari Pahlawan Nasional 10 November

"Seorang pahlawan adalah seseorang yang telah memberikan hidupnya pada sesuatu yang lebih besar dari dirinya sendiri. Itulah pejuang sejati!."
- Tribun News
"Kurang benar apabila kita hanya meratapi Pahlawan yang telah meninggal. Sebaliknya kita harus bersyukur kepada Tuhan bahwa pahlawan itu hidup, hanya tinggal bagaimana Bangsa ini menjaga serta mempertahankan NKRI. Selamat Hari Pahlawan!."
- Tribun News
"Keberanian itu menular itulah yang ditunjukkan oleh para pahlawan pejuan kemerdekaan. Ketika seorang pemberani mengambil tekad, maka tiada satu negarapun mampu menghentikannya. Selamat Hari Pahlawan Nasional Indonesia!."
- Tribun News
"Perjuangan tidak hanya pada 10 November namun perjuangan harus tertanam dalam diri kita teman setiap saat, itulah hakikat Hari Pahlawan sesungguhnya."
- Tribun News
"Keberanian adalah stabilitas, bukan dari kaki dan lengan, tetapi dari keberanian dan jiwa. Selamat Hari Pahlawan Nasional."
- Tribun News
"Orang baik orang yang bijak juga pemberani telah berbaring di jalur sejarah dan itu adalah Pahlawan. Kini Sejarah bukan sekedar kata-kata namun harus dimaknai lebih dari sekedar mengatakan tapi bahu-membahu memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yang telah ada. Selamat Hari Pahlawan Nasional Indonesia!."
- Tribun News
"Pada awal suatu perubahan, patriot adalah orang yang langka, berani, dan dibenci. Namun ketika perjuangannya berhasil, hanya taburan doa menghiasi mutiara perjuangannya. Selamat Hari Pahlawan 10 November!."
- Tribun News
"Keberanian hampir menjadi kontradiksi. Itu berarti keinginan kuat untuk hidup dalam bentuk kesiapan untuk mati. Saya mengucapkan selamat hari Pahlawan Nasional 10 November."
- Tribun News
"Biarlah setiap bangsa tahu, apakah itu kita mengharapkan baik atau buruk, bahwa kita akan membayar berapa pun harganya, menanggung beban apa pun, memenuhi kesulitan apa pun, mendukung teman mana pun, menentang musuh apa pun untuk menjamin Kemerdekaan Republik Indonesia. Tanpa harus mengatakan dengan indah, Saya mengucapkan Selamat Hari Pahlawan Nasional Indonesia!."
- Tribun News
"Kami mengucapkan Selamat hari Pahlawan Nasional. Kepahlawanan sejati sangat tenang, sangat tidak dramatis. Bukan semangat untuk mengungguli semua orang lain dengan cara apa pun, tetapi semangat untuk melayani orang lain dengan cara apa pun."
- Tribun News
"Teman-teman Indonesia ku, Jangan tanyakan apa yang bisa negara lakukan untuk Kita, tanyakan apa yang dapat kita lakukan untuk negara Indonesia. Selamat Hari Pahlawan Nasional Indonesia."
- Tribun News
"Sementara hanya satu hari dalam setahun yang didedikasikan sepenuhnya untuk menghormati para Pahlawan kami, Bangsa Indonesia tidak boleh melupakan pengorbanan yang telah dilakukan oleh para pejuang untuk membela negara dan melindungi kemerdekaan Bangsa ini. Saya mengucapkan Selamat Hari Pahlawan!."
- Tribun News
"Tanamkan bahwa seorang pahlawan sebagai seseorang yang memahami tingkat tanggung jawab yang datang dengan kemerdekaannya."
- Tribun News
"Patriotisme modern, patriotisme sejati, satu-satunya patriotisme rasional adalah kesetiaan kepada Bangsa sepanjang waktu, kesetiaan kepada Negara Indonesia. Selamat Hari Pahlawan Nasional!"
- Tribun News
"Darah Pejuang adalah benih pohon Kemerdekaan maka hanya doa yang bisa kita berikan. Saya mengucapkan selamat Hari Pahlawan untuk para sahabat Indonesia diamanpun berada."
- Tribun News
"Seorang pahlawan tidak lebih berani daripada manusia biasa, tetapi dia berani karena ketulusan dan keikhlasannya untuk mempersembahkan kemerdekaan yang kita rasakan sekarang jadi akan memalukan apabila bangsa ini terpecah-belah. Selamat Hari Pahlawan Nasional!."
- Tribun News
"Warisan para pahlawan adalah ingatan nama besar dan pewarisan contoh yang bagus untuk seluruh bangsa Indonesia. Selamat Hari Pahlawan 10 November."
- Tribun News

Ucapan Hari Pahlawan Nasional Dalam Bahasa Inggris dan Artinya

"Pengorbanan kalian lebih dari cukup pahlawanku, karena perjuangan kalian, kami bisa hidup tenang sampai hari ini.

Your sacrifice is more than enough my hero, because of your struggle we can live quietly to this day."
- Tribun News
"Perjuangan kalian akan terus berlanjut dalam membela negara dan tidak akan pernah retak oleh waktu sementara kehidupan masih berlangsung.

Your struggle will continue to continue in the state defending and will never be cracked by time while the life is still in the body."
- Tribun News
"Terima kasih pahlawanku, aku akan terus mengikuti perjuangan kalian. Janji saya selalu setia kepada Indonesia dalam melindungi tumpah darah indonesia, tanah air saya.

Thanks to my hero, i will continue to follow your struggle. My promise is always faithful to Indonesia in protecting the blood spill indonesia my homeland."
- Tribun News
"Anugerah terindah yang telah kalian ciptakan untuk kami generasi penerus bangsa yang baru, dan akan tetap sama sampai saat ini.

The most beautiful grace you have created for us the new generation of successors of the nation, and will be the same until the moment."
- Tribun News
"Perjuangan kalian tidak akan berhenti hanya di sini, kami generasi muda akan terus mempertahankan kemerdekaan dan kalian telah menciptakannya hingga akhir hidup kita.

Your struggle will not stop only here, we young generation will continue to maintain the independence and that you have created until the end of our lives."
- Tribun News
"Perjuangan kalian adalah refleksi kami, untuk menjadi seperti kalian yang membutuhkan pengorbanan. Pengorbanan ini bukan pengorbanan darah tetapi pengorbanan semangat perjuangan.

Your struggle is our reflection, to be like you in need of sacrifice, this sacrifice is not a blood sacrifice but a sacrifice of fighting spirit."
- Tribun News
"Selamat Hari Pahlawan Nasional.

Happy National Heroes day!."
- Tribun News
"Tidak perlu seorang pahlawan untuk memerintahkan orang ke dalam pertempuran. Dibutuhkan seorang pahlawan untuk menjadi salah satu dari orang-orang yang pergi berperang.

It doesn’t take a hero to order men into battle. It takes a hero to be one of those men who goes into battle."
- Tribun News
"Semangat pahlawan di dadaku. Saya mengucapkan selamat hari Pahlawan 10 November.

Heroes' spirit in my soul. I wish you a Heroes day 10 November."
- Tribun News
"Dan mereka yang gugur untuk negara harus mengisi kuburan yang terhormat, untuk kemuliaan menyalakan makam prajurit, dan taburan mutiara keindahan para pemberani.

And they who for their country die shall fill an honored grave, for glory lights the soldier’s tomb, and beauty weeps the brave."
- Tribun News
"Semangat pahlawan tidak pudar. Mereka selalu ada dalam hati, doa dan harapan sebagai motivasi kita.

Heroes never die. They live on forever in the hearts and minds of those who would follow in their footsteps."
- Tribun News

Jadi apakah anda masih ingat mengenai tanggal berapakah diperingatinya hari pahlawan? Silahkan scrol ke atas untuk mengingat kembali jawabannya.

Semoga Artikel Hari Pahlawan yang saya tulis di atas dapat bermanfaat dan membangkitkan nasionalisme kita.

Selamat Hari Pahlawan Nasional.

SUMBER : http://makassar.tribunnews.com/2018/11/10/30-kumpulan-ucapan-hari-pahlawan-10-november-bahasa-inggris-indonesia-cocok-buat-instagram-fb
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar