--> Skip to main content

Tabel Berat Tubuh Bayi Ideal Dan Cara Menghitungnya

Tulisan Ndeso, Tabel Berat Tubuh Bayi Ideal Dan Cara Menghitungnya - Bayi gres lahir satu dengan lainnya tentunya mempunyai berat dan tinggi tubuh yang berbeda-beda.

Secara rata-rata, bayi normal akan mempunyai berat sekitar 2,5 kg hingga 4,5 kg ketika baru lahir.

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi berat tubuh pada bayi contohnya nutrisi yang dikonsumsi ketika masa kehamilan, kesehatan dan keturunan.

Oleh karena itu, ketika seorang ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi masakan yang banyak mengandung nutrisi menyerupai buah dan sayuran semoga bayi bisa lahir secara sehat dan ideal.

Tak hanya itu saja, bahkan sesudah melahirkan Anda tetap harus mengonsumsi masakan yang banyak mengandung nutrisi semoga pertumbuhan bayi semakin bagus.

Bayi gres lahir satu dengan lainnya tentunya mempunyai berat dan tinggi tubuh yang berbeda Tabel Berat Badan Bayi Ideal dan Cara Menghitungnya !
Tabel Berat Badan Bayi Ideal dan Cara Menghitungnya

Agar bisa mengetahui perkembangan si buah hati, tabel berat tubuh bayi bisa Anda gunakan untuk memantaunya secara berkala. Dan berikut berat tubuh bayi ideal untuk usia bayi:

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Bayi

# Usia bayi 0-3 bulan : 2,7 hingga 5,7 kg

# Usia bayi 4-6 bulan : 5 hingga 7,4 kg

# Usia bayi 7-9 bulan : 6,4 hingga 8,9 kg

# Usia bayi 10-12 bulan : 7,4 hingga 9,9 kg

Menurut dokter yang menangani anak saya, target ideal naiknya berat badan setiap bulannya adalah 600 gr.

Begitu juga dengan usia bayi selanjutnya dengan melihat tabel berat tubuh bayi sebagai acuannya. Anda juga bisa menghitung sendiri rumusnya semoga bisa dengan mandiri mengetahui apakah berat tubuh bayi Anda ideal ataukah tidak.

Cara menghitungnya pun mudah, berikut rumus yang dipakai :

Usia bayi dibawah 12 bulan : BBI = (n:2)+4

Usia anak 1-10 tahun : BB1 = (2n)+8

Keterangan : n = usia atau umur bayi

Untuk memudahkan Anda dalam menghitung berat tubuh bayi Anda, berikut terdapat contoh yang bisa coba apabila tidak mengetahui tabel berat tubuh bayi yang ideal.

Untuk Bayi Dibawah 12 Bulan
Anda bisa menghitungnya dengan memakai rumus yaitu (n:2) + 4 dimana n ialah umur bayi. Sebagai contoh Anda mempunyai bayi berumur 9 bulan dengan berat tubuh 7,4 kg. Sehingga cara menghitungnya yaitu:

Dengan Anda mengetahui berat tubuh bayi Anda secara ideal yang harusnya 8,5 kg, Anda pun tak perlu cemas jikalau ketika ini berat tubuh bayi Anda hanya 7,4 lantaran berat tubuh tersebut masih dikatakan ideal namun belum 100%.

Meskipun begitu, Anda tetap harus meningkatkan berat tubuh bayi Anda semoga bisa mencapai berat tubuh ideal 100% dengan menunjukkan asupan nutrisi yang baik.

Untuk Bayi 1-10 Tahun
Apabila bayi Anda sudah memasuki usia lebih dari satu tahun bisa menghitungnya dengan rumus (2n) + 8.

Misalnya saja kini usia bayi Anda 3 tahun 10 bulan dengan berat tubuh kurang lebih 14,8 kg, maka diperoleh rumus:

2n) + 8 = (2(3,10)) + 8 = 6,20 + 8 = 7,8 + u = 15,8 

Dengan melihat rumus di atas maka bisa diketahui bahwa berat tubuh ideal ketika usia 3 tahun 10 bulan ialah 15,8 kg. Kemudian Anda bisa membandingkannya dengan dengan berat tubuh bayi Anda kini.

Anda tak perlu cemas berat tubuh 14,8 kg ketika usia 3 tahun 10 bulan masih dikatakan ideal namun gres 80%. Untuk itu, Anda bisa menaikkan berat tubuh bayi Anda semoga bisa menjadi ideal 100%.

Caranya dengan menunjukkan nutrisi yang cukup untuk membantu meningkatkan pertumbuhannya. Selalu ketahui perkembangan buah hati Anda, apabila menjumpai perubahan nafsu makan dan mempengaruhi berat tubuh si kecil ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui lebih lanjut perihal penyebabnya.

Dalam mengurus anak, tentu Anda lah sebagai orang renta yang akan pertama kali mengetahui perubahan yang ada pada anak.

Nah itu lah artikel mengenai Tabel Berat Badan Bayi Ideal dan Cara Menghitungnya , semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar