--> Skip to main content

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Bagi Pelanggan PLN 450 VA & 900 VA

Tulisan Ndeso, Pelanggan Listrik 450 VA dan 900 VA Berikut Ini Langkah Dapatkan Token Gratis - PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) telah menyediakan mekanisme pembagian token listrik graits bagi pelanggan prabayar golongan 450 Volt Ampere (VA) dan golongan subisidi 900 VA.

Proses untuk mendapatkan token gratis ini adalah dengan melalui situs pln atau melalui Whatsapp resmi PLN. Syarat utamanya adalah dengan mengirimkan nomor ID pelanggan ke website PLN di www.pln.co.id atau Whatsapp dengan nomor 08122-123-123.

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Bagi Pelanggan PLN 450 VA & 900 VA

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis dari PLN


Mekanismenya adalah pelanggan prabayar PLN akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir. Secara lebih detail, berikut adalah cara mendapatkan token gratis bagi pelanggan golongan 450 VA dan golongan subsidi 900 VA :

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Melalui Website


1. Buka laman www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus Covid-19.

2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.

3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Melalui Whatsapp


1. Buka Aplikasi WhatsApp

2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.

3. Token gratis akan muncul

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Meski kebijakan listrik gratis diberlakukan selama 3 bulan, namun dalam pelaksanaannya, pemberian token akan diberikan secara bertahap setiap bulannya dan sudah dimulai pada tanggal 1 April dan paling lambat tanggal 11 April, dengan targetnya adalah seluruh pelanggan PLN bisa menikmati program ini.

Kementerian ESDM dan PLN juga akan menggunakan skema penghitungan besaran yang sama untuk pelanggan listrik golongan 900 VA subsidi. Namun bedanya, setelah nanti ditemukan berapa biaya penggunaan listrik terbesar selama 3 bulan terakhir, akan dipotong sebesar 50 persen.

Hal ini sesuai dengan pernyataan Presiden Joko Widodo, dimana pelanggan listrik golongan 900 VA subsidi mendapatkan potongan sebesar 50 persen.

Program listrik gratis maupun diskon 50% ini adalah langkah pemerintah meringankan beban masyarakat di tengah mewabahnya virus Corona atau COVID-19. Semoga wabah virus ini dapat segera hilang agar kita semua bisa beraktivitas seperti semula.
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar