Skip to main content

Tips Dan Cara Menyimpan Sayuran Agar Tetap Segar Dan Tahan Lama

Tulisan Ndeso, Bagaimana Cara Menyimpan Sayuran Agar Tetap Segar Dan Tahan Lama? - Sering kali anda membeli sayuran dalam jumlah banyak untuk stock, namun ternyata keesokan harinya sayuran tersebut sudah layu dan tidak segar lagi.

Hal ini akan membuat pengeluaran budget anda bertambah karena tidak tahan lama, bisa jadi cara menyimpan atau jenis sayurannya yang kurang tepat sehingga makanan yang anda masak memiliki kandungan gizi yang rendah dan tidak enak dilihat.

Bayangkan saja jika anda harus memasak sayur Kangkung yang sudah kuning dan layu? Oleh karena itu anda harus cermat, hemat dan cerdas dalam mengolah dan menyimpan sayuran agar tetap segar dan tahan lama.


Bagaimana Cara Menyimpan Sayuran Agar Tetap Segar Dan Tahan Lama?


Berikut ini kami berikan tips agar sayuran tetap segar da tahan lama :

Cerdas Ketika Membeli Sayuran

Jika tidak ingin sayuran anda cepat busuk dan anda dapat memasaknya dalam waktu beberapa hari, sebaiknya hindari membeli sayuran yang sudah layu, anda harus membuat managemen waktu agar anda dapat menentukan kapan anda harus ke tukang sayur dan membeli sayuran sesuai yang dibuthkan, sebelumnya anda harus membuat rincian belanja dan menu selama seminggu.

Kenali kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk dapur anda, sehingga ketika anda membeli sayur, anda sudah tahu akan memasak apa dan tidak ada sayuran yang menumpuk dan membusuk karena terlalu lama mengendap didalam kulkas.

Mencuci Sayuran Sebelum Disimpan

Sebelum memasukkan sayuran ke dalam kulkas sebaiknya anda mencuci dan memilih terlebih dahulu sayuran yang bagus. Buang sayuran yang sudah kuning atau busuk, lalu cuci dalam air yang mengalir.

Untuk sayuran hijau, pisahkan dengan akar lalu cuci dengan campuran air dingin, sedikit cuka, dan lemon sehingga bakteri yang terdapat dalam sayuran menghilang dan membantu kerenyahan sayuran.

Setelah dicuci, tiriskan dan keringkan, bungkus di dalam wadah plastik yang tertutup atau bisa menggunakan plastik berlubang dan kering.

Jangan Menyimpan Sayur yang Sudah Dipotong

Jika Anda memilih memotong sayuran untuk dimasak hari berikutnya agar terlihat praktis, sebaiknya anda mengindarinya, karena sayuran yang sudah di potong harus segera di cuci dan di masak, jika tidak makan kandungan gizi yang terdapat dalam sayuran akan menguap.

Membersihkan Kulkas

Sebelum anda menyimpan sayuran di dalam kulkas sebaiknya anda memperhatikan kebersihan kulkas. Lakukan kebersihan pada kulkas minimal seminggu sekali agar kulkas tetap bersih dan tidak ada kuman yang menempel.

Menata Isi Kulkas

Di dalam kulkas biasanya terdapat penataan ruang kulkas sesuai dengan jenis makanan yang di simpan. Maka anda tidak boleh menaruh makanan yang berbeda jenisnya secara bersamaan. Simpan sayuran dan buah di dalam tempat paling bawah karena memiliki suhu stabil, tempat ini cocok.

Memasukkan Sayur Kedalam Wadah yang Terpisah

Tips selanjutnya agar sayur tetap segar dan tahan lama adalah dengan memisahkan sayuran dengan wadah yang berbeda. Ada beberapa sayuran yang sebaiknya disimpan di luar kulkas atau di simpan di suhu ruang, contohnya kentang dan bumbu dapur.

Sayuran yang sebaiknya di simpan di dalam kulkas adalah sayuran hijau karena ketahanannya bisa mencapai 2 hari, seperti Sawi, Kangkung dan Bayam. Tomat sebaiknya dipisah dalam tempat yang berbeda dan khusus, begitu pula dengan cabai yang harus di cuci dan dikeringkan terlebih dahulu lalu disimpan di wadah khusus yang kedap udara. Pisahkan antara sayuran, buah dan aluk pauk.

Simpan Didalam Plastik Berlubang

Tips agar sayuran tetap segar dan tahan lama adalah anda bisa menyimpan sayuran menggunakan plastik yang berlubang karena sayuran membutuhkan udara yang segar.

Menggunakan Kertas Roti

Selian menggunakan plastik dan wadah kedap udara, anda bisa menggunakan kertas roti untuk pembungkus alternative, kondisi ini mnenyebabkan sayuran tetap kering, dan simpan sayuran di dalam rak kulkas.

Belanja dan Ambil Sesuai Kebutuhan

Jika anda hendak memasak, sebaiknya jangan mengambil semua sayuran seklaigus keluar dari kulkas, ambil saja sesuai dengan kebutuhan, karena sayuran akan tetap segar pada suhu yang sama, oleh karena itu sebaiknya anda perlu menyusun menu harian lalu memisahkan sayuran yang akan digunakan esok hari di wadah yang terpisah. Sehingga lebih mudah dan efisien.

Bekukan

Tips agar sayuran tetap segar dan tahan lama adalah dengan dibekukan di dalam freezer. Sayuran ini dapat berupa sayuran hijau yang mudah layu seperti salad, kale dan bayam.

Sebelum memasukan ke dalam kulkas sebaiknya di rebus selama 1 menit, lalu masukkan ke dalam wadah berisi es, diamkan selama 2 menit, lalu simpan di freezer menggunakan plastik berlubang atau kertas roti.

Semoga tips diatas dapat membantu para ibu rumah tangga dalam menyimpan sayurannya agar tetap segar dan tahan lebih lama. Sehat selalu untuk kita semua!.
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar