--> Skip to main content

Mengenal Jenis Tanaman Karpet untuk Aquascape

Tulisan Ndeso, Jenis Jenis Tanaman Karpet Aquascape - Bagi para penyuka ikan hias yang dipelihara didalam sebuah akuarium, sebuah keindahan visual yang bisa di ciptakan di dalam sebuah akuarium adalah dengan menggunakan sebuah tanaman karpet aquascape.

Seperti namanya, tanaman karpet aquascape merupakan sebuah tanaman yang bisa tumbuh didalam sebuah akuarium layaknya sebuah karpet yang terbentang di dasar akuarium dan bisa menghasilkan keindahan tersendiri di dalam akuarium.

Biasanya tanaman karpet aquascape ini mampu tumbuh di dalam akuarium namun pertumbuhannya tidak terlalu tinggi, dan tanaman ini bisa menyebar di dasar akuarium.

Jenis Tanaman Karpet Aquascape

Berikut ini ada beberapa jenis tanaman karpet aquascape yang biasanya digunakan di dalam akuarium.

1. Eleocharis Acicularis

Nama lain dari jenis tanaman karpet aquascape Eleocharis Acicularis ini adalah hairgrass, dimana pemberian nama ini berdasarkan bentuk dari tanaman yang menyerupai rambut dengan daun yang tipis.

Tanaman yang satu ini pertumbuhannya secara berkelompok, dan bila digunakan di dalam akuarium akan bisa menciptakan sebuah karpet aquascape yang menakjubkan, tanaman aquascape yang satu ini akan cepat tumbuh bila diberikan cahaya dan CO2 yang mencukupi sehingga nantinya tanaman ini bisa tumbuh dengan cepat dan tebal, dan ketika diberikan aliran air didalam akuarium akan menciptakan sebuah gerakan meliuk-liuk layaknya sebuah rumput yang sedang bergoyang ketika tertiup angin.

Eleocharis Acicularis


2. Dwarf Baby Tears

Diantara semua tanaman aquascape, jenis Dwarf Baby Tears adalah tanaman karpet aquascape yang paling klasik dan paling banyak digunakan di dalam akuarium.

Tanaman ini sangat mudah untuk tumbuh dan memiliki ukuran yang kecil, namun yang perlu sangat diperhatikan adalah mengenai penyinaran yang cukup kuat dan juga injeksi dari gas CO2 yang mencukupi yang akan bisa membuat tanaman ini mampu bekembang dengan baik.

Tanaman ini sangat cocok bagi yang ingin menciptakan sebuah bukit atau padang rumput didalam akuarium, karena pertumbuhannya yang lumayan cepat maka perlu untuk melakukan pemangkasan secara teratur agar tetap bisa menjadikan tanaman ini sebuah tanaman karpet aquascape yang indah.

Dwarf Baby Tears


3. Echinodorus Tenellus

Jika kalian ingin menciptakan sebuah tampilan aquarium yang indah dan alami seperti di alam aslinya, kalian bisa menggunakan tanaman jenis Echinodorus Tenellus. Bentuk dari tanaman aquascape ini menyerupai sebuah tanaman atau rumput liar ketika kita menggunakan tanaman ini di dasar akuarium.

Kepadatan dari tanaman aquascape ini tergantung dari pencahayaan dan juga kandungan CO2 yang terpenuhi, maka nantinya tanaman ini akan berkembang dengan baik dan padat di akuarium dan menciptakan sebuah alam liar kecil di akuarium.

Echinodorus Tenellus


4. Staurogyne Rubescens

Ingin menciptakan sebuah visualisasi akuarium yang indah dengan tanaman karpet yang menyerupai sarang burung yang indah maka kalian bisa menggunakan jenis tanaman aquascape jenis Staurogyne Rubescens.

Staurogyne Rubescens


5. Sagittaria Subulata

Sagittaria subulata adalah tanaman foreground dengan pertumbuhan yang kompak. Tanaman ini akan membentuk karpet padat jika di bawah penyinaran yang baik, namun juga dapat hidup pada cahaya rendah hingga tinggi.

Jika CO2 tidak ditambahkan pada akuarium, Anda harus mengimbanginya dengan menyediakan pencahayaan yang lebih tinggi atau terang untuk mendorong pertumbuhannya.

Daunnya tumbuh memanjang menyerupai rumput, sedikit lebih panjang dan tebal. Anda perlu memangkas sesekali karena tanaman ini biasanya tumbuh cukup tinggi.

Sagittaria Subulata


Jenis Tanaman karpet aquascape ini sangat cocok bagi kalian yang baru akan memulai atau baru menghias akuarium, tanaman ini bisa tumbuh walaupun dengan kadar CO2 yng rendah dan penyinaran yang rendah pula.

Jika kalian ingin menciptakan sebuah karpet aquascape yang indah maka ketika menggunakan Staurogyne Rubescens ini perlu pemotongan berkala agar keindahan yang dihasilkan tetap terjaga.

Dalam memotong tanaman ini ketika batang yang tumbuh tinggi dipotong maka potongan tanaman tadi bisa kita gunakan kembali untuk ditanam dan bisa menghasilkan karpet aquascape yang padat pada akuarium kita.

Itulah beberapa jenis tanaman karpet aquascape yang bisa kita gunakan untuk memperindah akuarium yang kita miliki. Semoga pembahasan mengenai tanaman karpet aquascape ini berguna bagi kalian yang sedang belajar membuat aquascape sendiri di rumah.
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar