--> Skip to main content

Mengenal Jenis Tanaman Moss untuk Aquascape

Tulisan Ndeso, Jenis Jenis Tanaman Moss Aquascape - Moss atau biasanya kita menyebutnya dengan tanaman lumut. Tanaman ini biasanya tumbuh di sekitar perairan yang memiliki pencahayaan rendah dan juga kandungan CO2 yang rendah atau tidak ada sama sekali.

Tanaman atau lumut ini biasanya tumbuh menempel pada bagian batang pohon yang sudah mati disekitar aliran air ataupun menempel di batuan besar di sekitar perairan atau di dalam air.

Penggunaan dari tanaman jenis moss aquascape di dalam aquarium biasanya digunakan untuk menghasilkan sebuah hamparan karpet hijau di dasar aquarium ataupun ditempel pada batuan yang kita letakan di dalam akuarium.

Jenis Tanaman Moss untuk Aquascape

Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman moss aquascape yang biasa digunakan baik untuk pemula atau untuk profesional penyuka bidang aquascape aquarium.

1. Taxiphyllum Flame (Flame moss)

Taxiphyllum flame (Flame moss) seperti namanya, jenis tanaman moss aquascape yang satu ini memiliki ciri khas berbentuk seperti api yang menyala namun berwarna hijau ketika kita meletakkannya di dasar akuarium, tanaman jenis Taxiphyllum flame (Flame moss) ini memang sering digunakan untuk memberikan kesan akuarium memiliki gelombang yang berapi.

Tanaman lumut ini bisa mencapai tinggi 5 samapi 15 cm. lumut yang satu ini menjadi lumut yang bisa kita temukan di daerah Asia bagian manapun.

Mengenal Jenis Tanaman Moss untuk Aquascape

2. Riccardia Chamedryfolia (Pellia mini)

Jenis tanaman moss aquascape yang sering digunakan atau ditempel pada bebatuan di dalam akuarium adalah jenis pellia mini.

Dimana bentuk dari daun pellia mini ini sangat indah dan bisa membentuk seperti bola, dengan pertumbuhan daun yang terbagi-bagi ke atas membuat daun ini sangat mudah untuk dibentuk dan ketika dibiarkan saja bisa membuat bulatan seperti bola secara alami.

Tumbuhan ini bisa tumbuh di dalam kondisi yang cukup ekstrim dimana suhu dibawah 30 derajat dan minim CO2.

Mengenal Jenis Tanaman Moss untuk Aquascape

3. Fissidens Nobilis (Thai Fissidens)

Tanaman yang satu ini sangat cocok bagi kalian yang memelihara ikan kecil atau udang kecil didalam akuarium, karena jenis tanaman yang satu ini memiliki daun yang runcing dengan batang seperti pohon palem darat.

Tanaman ini bisa tumbuh di dalam dasar akuarium dan menciptakan sebuah karpet yang indah, dimana karpet dari tanaman Fissidens nobilis ini bisa digunakan oleh udang atau ikan kecil untuk menaruh telur-telurnya ketika akan menetas.

Mengenal Jenis Tanaman Moss untuk Aquascape

4. Monosolenium Tenerum

Monosolenium tenerum atau kita biasa menyebutnya dengan pellia hati, salah satu tanaman aquascape yang sangat rapuh dan mudah sekali pecah. Tanaman ini bisa berkembang dengan ketinggian 2 sampai 5 cm.

Tanaman yang satu ini sangat cocok untuk diletakkan di bagian pohon atau bebatuan di dalam akuarium, namun karena kerapuhan dari jenis pellia ini maka ketika kita akan memasangnya diperlukan senar atau benang untuk merekatkan tanaman ini di media yang akan kita tempelkan.

Mengenal Jenis Tanaman Moss untuk Aquascape

5. Fissiden Fontanus

Bila kita menginginkan sebuah lumut dengan kerapatan yang tinggi mungkin salah satu jenis tanaman moss aquascape yang bisa kita tanam di dalam akuarium adalah jenis Fissiden fontanus. Lumut ini memiliki warna hijau tua yang berasal dari amerika utara. 

Tanaman ini bisa tumbuh dengan cepat ketika diberikan pencahayaan yang tinggi dan kandungan CO2 yang tinggi. Tanaman Fissiden fontanus ini sangat cocok digunakan untuk dilekatkan pada batu baik diletakan secara vertikal atau horizontal.

Mengenal Jenis Tanaman Moss untuk Aquascape

Itulah beberapa jenis tanaman moss aquascape yang sering kita jumpai dan digunakan untuk menghias akuarium baik mini atau sedang.

Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar