Tips Membuat Password yang Aman


Tulisan Ndeso Mencari Penulis Tamu
Tulisan Ndeso, Tips Membuat Password yang Aman - Password atau Kata Kunci adalah sekumpulan kode yang dirangkai untuk memverifikasi identitas pengguna suatu sistem agar terjaga keamanannya.

Di era internet seperti sekarang ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan perangkat gadget dan berbagai aplikasi didalamnya. Bukan hanya Aplikasi, namun segala sesuatunya saat ini sudah menggunakan password.

Dengan banyaknya aplikasi tersebut, tentunya anda akan memiliki banyak akun yang harus terlindungi oleh password atau kata kunci.

Jika anda salah dalam memilih password, ada kemungkinan akun anda bisa diretas (hack) orang lain atau anda akan lupa dengan kata sandi tersebut sehingga anda tidak lagi dapat masuk ke dalam aplikasi anda.

Hal tersebut membuat orang cenderung menggunakan kata sandi yang sama untuk sejumlah akun.

Gambar Password

Mastercard melakukan sebuah studi dan mendapatkan sebuah data, yaitu tiga diantara lima orang yang menggunakan password yang berbeda untuk akun yang berbeda.

Dengan adanya kesamaan password pada setiap akun yang kita miliki, dapat membahayakan jika ada orang lain yang mengetahui password kita tersebut, bisa jadi dia akan menyalahgunakan setiap aplikasi yang kita punya.

Terdapat sebuah survey yang mengungkapkan bahwa seperlima dari masyarakat menggunakan tanggal ulang tahun mereka, 18 persen menggunakan nama hewan peliharaan mereka, dan 12 persen menggunakan nama keluarga mereka sebagai kata password.

Kata sandi tersebut diatas cenderung mudah ditebak oleh peretas menurut Mastercard. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih dan menggunakan password yang aman :

Bagaimana Membuat Password Aman dan Mudah Diingat ?


1. Selalu gunakan kombinasi sandi angka, huruf dan karakter lainnya seperti tanda seru (!), anda perlu mengingat benar kombinasi ini agar kedepannya tidak terjadi pemblokiran karena anda salah dalam memasukan password karena lupa password

Jika anda lupa dengan password yang anda gunakan, maka anda harus melakukan reset password kemudian ganti password.
2. Buat password dengan karakter yang panjang, paling tidak enam karakter, namun idealnya enam belas karakter, termasuk karakter seperti no 1 diatas.

Contoh kata sandi 8 karakter seperti inisial nama anda AN123$%^. Contoh password tersebut juga termasuk unik, sehingga belum tentu orang lain akan mengira password anda.
3. Sebaiknya jangan mempergunakan nama, lokasi, nomor telepon ataupun tanggal ulang tahun anda. Hal ini akan mudah dikira-kira oleh orang lain.
4. Selain kombinasi karakter seperti no 1 diatas, gunakan juga campuran karakter huruf besar dan huruf kecil.
5. Jangan pernah menyimpan password anda pada situs yang anda buka.
6. Gunakan password yang berbeda untuk situs dan perangkat yang berbeda. Jika anda menggunakan password yang sama pada setiap akun anda, maka ketika password anda kena hack, maka akun anda yang lain juga akan kena imbasnya.
7. Ganti Password anda secara berkala agar lebih aman dari hack.
8. Gunakan Dual Autentification. Cara kerjanya adalah akun anda akan mengirimkan kode ke nomor handphone anda untuk kemudian dimasukan ke akun anda tersebut sebagai verifikasi.

Selain perangkat lunak, anda juga perlu membuat password yang aman untuk wifi anda.

Bayangkan jika ada orang yang dengan mudah membuka meng-hack password wifi anda? Anda akan kehilangan kuota setiap harinya karena kuota anda dicuri oleh orang lain.

Anda juga bisa menggunakan Password Generator yang ada di internet. Karena saya belum pernah menggunakannya, maka silahkan cari sendiri di google yaa hehe..

Jika sudah mengetahui tips diatas, sebaiknya anda tidak membuat kata sandi yang ada hubungannya dengan nama atau tanggal lahir anda.

Cobalah delapan tips diatas untuk menjaga akun anda tetap aman dan tanpa rasa was-was akun anda akan diretas orang. Selamat Mencoba.

Cari Artikel Lainnya Di Sini


Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui paypal atau dengan membagikan artikel ini agar semakin banyak orang yang merasakan manfaatnya. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.tulisanndeso.com - Terima kasih :)