Kalender Lengkap Sepakbola Internasional 2018

Oleh:   tulisanndeso tulisanndeso   |   1/06/2018 01:00:00 PM
2018 merupakan tahun yang sibuk bagi bangsa Indonesia karena adanya berbagai macam agenda nasional maupun internasional. Pilkada serentak akan kembali digelar tahun ini bersamaan dengan dimulainya tahapan awal pemilu legislatif dan Pilpres pada tahun 2019.

Indonesia juga akan menjadi tuan rumah Asian Games atau pesta olahraga terbesar se-Asia, sidang tahunan IMF dan Bank Dunia yang diperkirakan akan mendatangkan ratusan ribu tamu dari mancanegara. Akan ada banyak event pariwisata berlangsung sejak Januari hingga Desember, dari Sabang hingga Merauke. Sejumlah musisi internasional pun dijadwalkan akan menggelar konser di Jakarta.

Berbagai proyek infrastruktur strategis juga ditarget mulai beroperasi tahun ini. Inilah tahun spirit membangun dengan visi menuju kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Tahun jelajah penuh kegembiraan!.

Disini saya akan memberikan jadwal Sepak Bola Internasional sepanjang 2018 yang beberapa diantaranya diikuti oleh Indonesia sekaligus menjadi tuan rumah bagi ajang sepak bola tersebut :

Source Pandit Football

1. Piala Asia AFC U23 di Tiongkok

Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) sudah menggelar undian putaran akhir Piala Asia U-23 yang akan digelar di China pada 8 hingga 27 Januari 2018. Asia Tenggara akan diwakili oleh tiga negara yakni Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Sayangnya Piala Asia U-23 2018 tidak diikuti Timnas Indonesia. Pasalnya, Indonesia gagal lolos ke putaran final lantaran hanya mampu menempati peringkat ketiga Grup H kualifikasi Piala Asia U-23 pada Juli 2017 lalu.

2. Jeda Internasional FIFA

Jeda internasional masih menjadi perdebatan panas antar pelaku sepak bola, terutama mereka yang bermain di klub-klub Eropa. Salah satu problematika utamanya adalah mengenai kebugaran pemain.

Manajer-manajer klub merasa jadwal yang ditentukan oleh FIFA membuat pekerjaan mereka semakin berat, hal ini di karenakan mereka tidak dapat memantau atau menjaga bintang-bintangnya. Hal ini, mau tak mau ikut mempengaruhi prestasi tim seusai jeda internasional.

Jeda Internasional resmi dari FIFA ini akan berlangsung dari tanggal 19 hingga 27 Maret, 3 hingga 11 September, 8-16 Oktober, dan 12-20 November 2018.

3. Piala Asia AFC Perempuan di Yordania

Ada delapan tim yang akan ambil bagian dalam gelaran Piala Asia AFC Perempuan di Yordania pada tanggal 6 hingga 20 April 2018, tim-tim tersebut adalah Yordania, Jepang, Australia, China, Filipina, Korea Selatan, Thailand, dan Vietnam.

4. Piala Dunia 2018 di Rusia

Ajang sepak bola antar negara yang dilangsungkan setiap empat tahun tersebut bakal memakai 12 stadion di 11 kota yang menjadi tempat berlangsungnya 64 pertandingan di Rusia.

Berdasarkan informasi yang dikutip BolaSport.com dari Financial Tribune, total hadiah uang tunai yang disediakan adalah 400 juta dolar AS atau setara Rp 5,4 triliun. Nilai itu lebih besar 12 persen dibandingkan yang tersedia pada Piala Dunia 2014.

5. Piala AFF U18 di Indonesia

Piala AFF U-18 2018 rencananya akan digelar pada tanggal 2-14 Juli 2018. Rencananya 11 tim akan berpartisipasi dalam ajang yang akan dihelat di Jakarta tersebut. Dengan status sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia tentu berambisi mengulangi pencapaian ketika terakhir kali menjadi tuan rumah di tahun 2013.

6. Piala Dunia Perempuan U20 di Perancis

Piala Dunia Wanita U-20 FIFA adalah kejuaraan sepak bola wanita resmi yang diadakan oleh FIFA setiap dua tahun sekali. Kejuaraan ini diikuti oleh setiap negara yang mengirimkan tim nasional sepak bola di kelompok umur di bawah 20 tahun.

Sebelum dapat mengikuti kejuaraan ini setiap negara akan mengikuti kualifikasi dari masing-masing konfederasi untuk dapat mengikuti Piala Dunia Wanita U-20 FIFA.

7. Asian Games 2018 di Indonesia

Asian Games 2018 (Indonesia : Pesta Olahraga Musim Panas Asia 2018), secara resmi dikenal sebagai Asian Games XVIII, adalah edisi ke-18 dari acara multi event olahraga regional Asia yang rencananya akan diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus 2018 - 2 September 2018, di dua tempat yaitu Jakarta dan Palembang, serta beberapa tempat sebagai tuan rumah pendukung seperti Lampung, Jawa Barat, dan Banten.

Jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan sebanyak 41 cabang, terdiri dari 33 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade.

8. Piala Asia AFC U16 di Malaysia

Piala Asia U-16 2018 akan digelar di Malaysia pada 20 September hingga 7 Oktober 2018. Timnas Indonesia berhasil mengamankan tiket ke putaran final tersebut setelah menjadi juara kualifikasi Grup G di Thailand.

9. Asian Para Games 2018 di Indonesia

Indonesia 2018 Asian Para Games (INAPG 2018) adalah event internasional pertama di Asia, yang melibatkan atlet dengan berbagai kekurangan yang dialami, diselenggarakan di Indonesia. Dalam melanjutkan warisan dan kesuksesan Asian Games pertama di Indonesia pada tahun 1962, kota Jakarta terpilih sebagai lokasi multi event ini pada 6 hingga 13 Oktober 2018.

10. Piala Asia AFC U19 di Indonesia

Sebanyak 15 negara dipastikan akan terbang ke Indonesia pada 18 Oktober hingga 4 November 2018 untuk mengikuti Piala Asia U-19 setelah fase penyisihan dengan total sepuluh grup (A hingga J) tuntas dijalani.

Lima kota di Indonesia siap menjadi arena tempur para skuat muda Asia, yaitu Jakarta (Gelora Bung Karno), Bandung (Gelora Bandung Lautan Api), Bekasi (Patriot Chandrabhaga), Cibinong (Pakansari) dan Cikarang (Wibawa Mukti).

11. Piala AFF 2018 di Indonesia

Gelaran tahun ini menyajikan beberapa hal yang berbeda. Format kejuaraan yang selama tiga penyelenggaraan awal (1996-2000) menunjuk 1 tuan rumah dan delapan kali penyelenggaraan berikutnya (2002-2016) menunjuk 2 tuan rumah, pada tahun ini akan membuat sebuah terobosan baru. Akan ada sepuluh negara Asia Tenggara yang berpartisipasi dalam kejuaraan ini. Sepuluh tim tersebut akan terbagi dalam 2 grup yang masing-masing berisi 5 tim.

Pertandingan akan digelar dengan sistem round-robin (setengah kompetisi/dua tim bertanding sekali saja). Satu tim akan bermain 2 kali di kandang dan 2 kali tandang. Untuk membuat partisipan lengkap menjadi 10 negara, khusus 2 tim dengan peringkat FIFA terendah setelah penyelenggaraan Piala AFF 2016, akan menjalani babak play-off. Ini berarti Brunei Darussalam dan Timor Leste akan menjalani pertandingan play-off dan bertanding dengan format kandang-tandang pada 3-11 November 2018.

12. Piala Dunia Perempuan U17 di Uruguay

Uruguay menjadi tuan rumah turnamen FIFA yakni Piala Dunia Wanita U-17. Kejuaraan tersebut digelar pada 13 November-1 Desember 2018.

Piala Dunia Wanita U-17 2018 jadi Piala Dunia Wanita yang pertama digelar di kawasan Amerika Latin sejak 10 tahun terakhir, saat Cile jadi tuan rumah Piala Dunia Wanita U-20 pada 2008.

13. Piala Dunia Antarklub di Uni Emirat Arab

Piala Dunia Antarklub adalah sebuah kompetisi resmi yang diadakan FIFA untuk mempertemukan juara kejuaraan utama antara klub-klub sepak bola di masing-masing benua. Banyak pihak menyamakan kompetisi ini dengan Piala Interkontinental, padahal tidak.

Piala Dunia Antarklub secara resmi diselenggarakan oleh FIFA, sementara Piala Interkontinental dilaksanakan oleh federasi sepak bola Eropa dan Amerika Selatan. Kedua turnamen ini sempat sama-sama diadakan pada tahun 2000.

Referensi : Pandit Football dan Google
Loading
Love This Article?

Tampilkan Komentar