Bisnis Hewan Peliharaan dan Hewan Ternak Beserta Cara Memulainya

Oleh:   tulisanndeso tulisanndeso   |   2/23/2018 05:00:00 AM
Usaha Ternak Hewan Yang Menguntungkan – Salah satu ide bisnis yang bisa anda jalankan, dengan prospek yang bagus adalah usaha hewan ternak. Usaha ini sangat cocok dijalankan bagi anda yang memiliki hobi memelihara binatang, selain cocok bagi anda yang menyukai binatang, daerah yang cocok dijadikan lahan bisnis ternak binatang ini adalah di daerah pedesaan.

Sebelum memulainya, ada baiknya anda mengetahui tentang tips mengenai Cara Memulai Bisnis Hewan, diantaranya :

Fokus


Sebenarnya, apapun usaha atau bisnis yang akan anda jalannya, anda harus fokus dengan hal tersebut. Jika anda ingin membudidayakan hewan, fokus ke satu jenis hewan adalah kuncinya. Jika anda sudah menjalani usaha ini beberapa waktu, anda bisa memulai toko hewan peliharaan, yaitu mempunyai banyak hewan dalam bisnis anda.

Berguru dan Berteman dengan Ahlinya


Belajar sendiri memang asyik. Namun kurang lengkap jika kita punya kawan untuk berguru. Kita bisa menayakan sebuah masalah serta mendapatkan jawaban secara langsung dan mendetail dari yang berpengalaman atau ahlinya.

Belajar dari Internet


Belajarlah dari berbagai sumber di dunia ini. Anda dapat mengaksesnya menggunakan internet atau berkunjung ke toko buku. Berbagai pengalaman dan penelitian akan menambah wawasan anda mengenai bisnis hewan yang akan anda tekuni.

Belajar dan Bertindak


Mulailah dari yang kecil, Mulailah dari sekarang. Itu adalah istilah keren jaman now. Pemenang selalu mencari solusi. Pemenang selalu melakukannya sekarang dan saat ini, sedangkan pecundang selalu menunda dan memiliki banyak alasan.

Tidak semua hewan bisa dijadikan komoditas ternak, ada hewan-hewan tertentu yang memang tidak bisa dimanfaatkan untuk ternak. Banyak yang bisa diambil dalam hewan ternak yang bisa anda manfaatkan sebagai komoditas, seperti daging, susu hingga telurnya.

Jika anda telaten menjalankan bisnis ini, maka tentu akan menghasilkan omzet yang besar. Akan tetapi yang harus diperhatikan dalam berbisnis hewan ternak anda mesti sering-sering mengecek kesehatan hewan ternak anda, serta memberikan pakan dengan kualitas yang baik, hal ini tentunya akan semakin meningkatkan kualitas hewan ternak anda.

Contoh Usaha Ternak Hewan Yang Menguntungkan dan Bisa Dijadikan Bisnis


1. Ternak Lele


Anda pasti pernah melihat warung tenda pinggir jalan yang menjajakan Pecel Lele? Dengan adanya tenda pecel lele yang menjamur tersebut, maka memulai usaha dengan ternak lele juga sangat menguntungkan.

Kebutuhan ikan Lele di Indonesia sangat tinggi. Bukan hanya warung tenda pinggir jalan, ibu rumah tangga juga mengkonsumsi ikan ini, mengingat betapa familiarnya ikan ini di Indonesia. Dengan ternak ikan air tawar satu ini kiranya mampu membuat anda memulai dalam berpeluang bisnis. Ikan lele sangat cocok dibudidayakan, bahkan air keruh pun juga masih dapat menjadi lingkungan hidup bagi ikan lele ini.

Anda dapat belajar mengenai Ternak Lele di Group Facebook Komunitas Peternak Lele Sukses.

2. Ternak Ayam


Selain Pecel Lele, anda juga pasti dapat dengan mudah menemukan menu Ayam atau Telur pada setiap rumah makan. Anda bisa berternak ayam pedaging ataupun ayam petelur yang tentunya semua ini akan menghasilkan omzet yang tinggi bila dijalankan dengan serius dan penuh dengan dedikasi.

Selain itu, rutinlah memvaksinasi ayam ternak anda untuk menghindari resiko terkena flue burung. Selain ayam pedaging, anda juga bisa beternak ayam jawa, ayam arab dan masih banyak yang lainnya.

Join Group Facebook Komunitas Peternak Ayam Petelur & Komunitas Peternak Ayam Indonesia.

3. Ternak Bebek


Bebek merupakan salah satu hewan ternak yang cukup banyak diternakan. Untuk bebek sendiri, terbagi menjadi dua jenis yaitu bebek yang diternak untuk diambil dagingnya, serta bebek yang diternak hanya untuk diambil telurnya, selain daging bebek yang biasanya banyak diburu para pengusaha restoran, telur bebek pun bisa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan telur asin.

Group Facebook Komunitas Peternak Bebek Petelur dan Pedaging.

4. Ternak Kambing


Selain ayam dan bebek, usaha hewan ternak yang bisa anda coba jalankan adalah ternak kambing. Usaha ternak kambing merupakan salah satu jenis usaha ternak yang menjanjikan,karena selain kambing dimanfaatkan dan banyak dicari dagingnya oleh para penjual sate kambing, daging kambing pun banyak dicari untuk acaraaqiqah, sunatan hingga kurban di Idhul Adha.

Group Facebook Peternak Kambing - Domba Indonesia.

5. Ternak Sapi


Ada dua jenis sapi yang banyak dijadikan sebagai hewan ternak, yaitu ternak sapi untuk diambil dagingnya, dan ternak untuk diperah susunya. Biasanya usaha peternakan sapi untuk diperah susunya banyak berada di daerah dataran tinggi, selain itu, banyak peternakan sapi dengan susu sebagai komoditasnya bekerja sama dengan produsen produk olahan susu sapi seperti youghurt, keju dll.

Selain itu, sapi pedaging juga banyak diminati dan dicari oleh para konsumen, maka dari itu, tak heran usaha ternak hewan sapi ini juga termasuk usha ternak yang paling banyak digemari oleh banyak orang.

Jika anda memerlukan Sapi untuk Idul Adha atau Qurban, saya memiliki rekomendasi di Peternakan Munzalan Mubaroka berlokasi di Depok Jawa Barat yang dimiliki oleh Rekan saya.

Group Facebook Peternak Sapi Indonesia.

6. Memelihara Kucing


Selain binatang yang diambil daging, susu hingga telurnya, anda juga bisa mencoba usaha ternak kucing Persia. Kucing Persia merupakan jenis kucing hias yang banyak digemari oleh para pecinta kucing. Usaha ternak ini merupakan salah satu usaha ternak yang menjanjikan, lantaran harga jual satu ekor kucing Persia sendiri memang sangat tinggi, dan tidak pernah sepi peminat.

Group Facebook Pecinta Kucing Indonesia.

7. Bisnis Ikan Hias


Ikan hias layak menjadi prospek usaha yang menjanjikan. Dengan budidaya berbagai macam ikan hias, maka pangsa pasar anda adalah para konsumen yang memang hobi akan ikan hias. Sedangkan ikan hias itu sendiri memang membutuhkan perhatian, namun bila dilihat dari segi jaminan. Mutu yang diberikan bisnis ikan hias tidaklah sedikit. Bisnis ini juga akan menjadi bisnis menggiurkan yang tidak akan membuat anda menyesal jika diawali dengan niat serta ketekunan.

Group Facebook Jual Beli Ikan Hias.

8. Memelihara Kelinci


Hewan penyuka wortel satu ini juga selalu diminati dalam masyarakat. Terlebih mereka yang suka dengan bulu halusnya. Telinga panjang dari kelinci kiranya masih membuat para pecinta hewan menyukainya. Kegunaan dari ternak kelinci juga beraneka ragam, seperti digunakan sebagai hewan peliharaan dengan berbagai macam jenisnya, ada pula yang menggunakan kelinci sebagai makanan. Dagingnya juga banyak yang membutuhkan untuk dijadikan sate.

Group Facebook Komunitas Peternak Kelinci Indonesia.

9. Beternak Cacing Lumbricus Rubellus


Cacing ini dikenal sebagai salah satu spesies cacing tanah dari 1.800 spesies cacing lain. Mudah sekali untuk menemukan hewan panjang dan licin ini. Namun, bagi sebagian orang, cacing merupakan salah satu binatang yang menjijikan dan tidak pantas untuk dipelihara, apalagi untuk dimakan. Namun dibalik itu semua, ternyata banyak sekali manfaat yang dihasilkan oleh cacing berwarna merah terang ini.

Banyak peneliti yang tertarik untuk meneliti hewan yang hidup ditanah lembab dan gembur ini, dan hasilnya sangat bertolak belakang dengan penampilannya. Cacing tanah terbukti mengandung protein yang cukup tinggi, salah satunya cacing lumbricusrubellus, yang mengandung protein  sejumlah 76%, dan memiliki 40 jenis protein yang berbeda dalam setiap cacingnya. Bahkan protein dalam cacing mengalahkan protein pada ikan dan daging mamalia umumnya.

Belajar Beternak Cacing di Blog dan Instagram Vermibus Farm.

Itulah beberapa jenis usaha hewan ternak yang bisa coba anda lakukan. Sebaiknya anda bisa memulai bisnis binatang ternak ini dengan modal yang sedikit dulu, dan disesuaikan dengan keadaan tempat tinggal anda atau dengan hobi anda. semoga bermanfaat.
Loading
Love This Article?

Tampilkan Komentar