9 Cara Berfikir Pengusaha yang Baik Ditanamkan Sejak Dini

Oleh:   tulisanndeso tulisanndeso   |   3/02/2018 05:00:00 AM
Membangun Pola Pikir Pengusaha Sukses – Seorang pengusaha atau pebisnis haruslah memiliki pemikiran yang berbeda dengan orang kebanyakan pada umumnya. Biasanya seorang pebisnis dituntut mesti kratif dan penuh inovasi. Hal ini dikarenakan kreatifitas sangat diperlukan agar usaha anda menjadi lebih banyak mendapatkan perhatian dan juga bisa bertahan serta lebih mudah untuk berkembang.

Maka dari itu, salah satu elemen penting yang harus ada pada seorang pebisnis adalah kreatifitas. Menjadi seorang pengusaha sukses tentunya harus dibarengi dengan berbagai pola pikir yang maju.

Hal ini juga sangat bermanfaat untuk menjawab ketatnya persaingan bisnis dari para competitor bisnis anda. persaingan dalam bisnis memang tak bisa dihindarkan, maka dari itu, anda mesti berani untuk bersaing secara sehat dengan yang lainnya agar bisnis anda menjadi maju.

Sebenarnya tak hanya faktor kreatifitas saja yang harus dimiliki oleh para pengusaha, banyak faktor-faktor lain yang harus ada dalam pola pikir seorang pengusaha agar sukses yang akan dibahas berikut ini dan hal tersebut harus dipelajari untuk membangun pola pikir pengusaha sukses.

1. Percaya Bahwa Semuanya Mungkin


Pertama dan pelajaran paling penting untuk menjadi pengusaha besar adalah Anda harus selalu percaya segala sesuatu mungkin terjadi. Kepercayaan ini yang dapat melampaui keinginan dalam hati. Sebab Anda percaya segala sesuatu mungkin terjadi.

Usai percaya dengan hal itu maka lakukan sesuatu dan fokuslah melakukannya. Ini juga akan melatih pikiran Anda untuk melihat solusi daripada masalah dan membedakan hal prioritas dalam hidup.

2. Luangkan Waktu untuk Mengapresiasi Prestasi Kecil


Sebagai seorang pengusaha, Anda akan lebih sering gagal dan hampir tidak pernah melihat apapun manfaat dari usaha kerja keras tersebut. Padahal, sukses itu membutuhkan waktu dan muncul dari hal kecil.

Para pengusaha juga membahas langkah-langkah kecil yang mereka lakukan. Seperti ucapan “Terimakasih” dari klien. Semua hal-hal besar dibangun perlahan-lahan dan terkadang dari hal kecil.

Ketika Anda mulai menghargai prestasi kecil, akan melihat hal berbeda. Cobalah belajar untuk bersabar dan belajar untuk menggunakan apa yang dimiliki, daripada menunggu apa yang tidak Anda miliki.

3. Jangan Melakukan Sendiri


Saat kita berpikir tentang kewirausahaan, kita membayangkan sesuatu yang luar biasa. Berbagi ide-ide dan bekerja sama dengan seseorang yang memiliki keyakinan yang sama, sangat dapat memperkaya dan membantu Anda untuk menempuh jalan kesuksesan.

Miliki seseorang yang Anda percayai pada saat ketika tidak dapat menemukan motivasi merupakan suatu yang tak ternilai harganya. Pengusaha membutuhkan orang untuk membantu hal-hal kecil agar dapat fokus pada tujuan yang paling penting.

4. Fokus Dengan Apa yang Dikerjakan


Anda akan selalu melihat rumput tetangga yang lebih hijau. Pikirkan menjadi seseorang yang perfeksionis adalah kunci untuk pencapaian. Mereka menghabiskan banyak waktu dalam menganalisis pesaing mereka, melihat bagaimana dapat mengunggulinya.

Itu adalah hal baik untuk mengetahui apa yang orang lain lakukan. Seperti yang Anda inginkan untuk melangkah ke depan, tapi jangan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk mengamati orang lain. Fokuslah pada ide Anda sendiri  dengan meningkatkan kreativitas dalam hidup. Jangan pernah lupa bahwa waktu adalah aset kita yang paling berharga.

Baca Juga : Alat Tempur Lengkap Marketing Online | Internet Marketing Tools

5. Berfikir Tantangan adalah Sebuah Peluang


Pasang surut dalam bisnis, merupakan hal yang biasa, selain itu, kemunduran dalam berbisnis juga bisa termasuk salah satu rintangan yang harus anda lalui. Sebenarnya ketika anda mengalami fase kemunduran dalam bisnis anda, bisa anda jadikan sebagai tantangan untuk menciptakan peluang baru.

Anda bisa mencoba bangkit dari kemunduran bisnis anda dengan menciptakan berbagai macam inovasi serta kreatifitas yang bisa anda lakukan untuk memajukan kembali bisnis anda yang sempat surut.

6. Jadikan Persaingan Sebagai Sumber Pelajaran


Banyak yang berfikir bahwa competitor adalah sebuah ancaman dalam bisnis anda. padahal yang perlu diingat adalah masing-masing orang sudah memiliki jalan rejekinya masing-masing. Maka anda sebenarnya tidak perlu risau dan khawatir kalau rejeki anda nantinya akan beralih ke competitor anda, asalkan anda bisa memanfaatkan peluang yang ada dan terus berinovasi.

Menjadikan pesaing sebagai sumber pelajaran merupakan sebuah solusi yang tepat. Misalnya anda bisa belajar dari competitor perihal branding, strategi marketingnya dll.

7. Jangan Pernah Merasa Sempurna dalam Bisnis


Jika anda merasa bisnis anda sudah maju tanpa memikirkan lagi langkah untuk terus maju, justru hal inilah yang akan perlahan-lahan menggerus bisnis anda menjadi limbung dan jatuh. Memang ketika mencapai target, ada perasaan bangga dan senang, akan tetapi jika anda hanya bisa puas karena hal demikian saja, maka ini akan mematahkan kerja keras anda dengan sendirinya menjadi sia-sia untuk kedepannya.

Maka dari itu, terus menerus memperbaiki bisnis anda dan jangan cepat puas merupakan pola piker yang harus ada dalam benak seorang pengusaha yang sukses.

8. Wirausaha adalah Sebuah Gaya Hidup


Anda tidak akan menyerah ketika bisnis anda berada dalam titik kegagalan, jika anda sudah menerapkan konsep pemikiran bahwa berwirausaha merupakan passion, ataupun gaya hidup anda. jadikanlah wirausaha yang sedang anda geluti sebagai sebuah gaya hidup anda. hal ini pun akan terus memacu anda untuk bangkit dari kegagalan.

Memang kegagalan memang menjadi salah satu resiko bagi orang-orang yang sudah berniat terjun dibidang wirausaha. Akan tetapi sangatlah tidak bijaksana jika anda menjadikan kegagalan sebagai alasan anda untuk berhenti menjadi seorang wirausa.

9. Lakukan Sekarang


Mereka mengatakan Anda tidak harus menjadi jenius untuk menjadi inovator.Yah, itu sangat benar. Sebagian besar ide-ide penemuan baru sudah menjadi hal yang biasa. Mereka menjadi baru ketika hal ini masuk ke pasar.

Ketika Anda memiliki sebuah ide, langkah berikutnya adalah pergi untuk mewujudkan ide itu. Itu berlaku pada setiap aspek kehidupan. Terkadang menjadi yang pertama lebih baik daripada menjadi yang sempurna.

Demikian beberapa pola pikir yang harus ada dalam diri seorang wirausa sukses. Maka dari itu,jangan pernah takut untuk menghadapai kegagalan. Karena segala jenis kegagalan jika anda kuat untuk bangkit, maka disitu aka nada jalan sukses lainnya yang sedang menunggu anda. semoga bermanfaat.
Loading
Love This Article?

Tampilkan Komentar