Cara Menjadi Selebgram dan Menghasilkan Uang Dari Instagram

Oleh:   tulisanndeso tulisanndeso   |   2/16/2018 05:00:00 AM
Cara Menjadi Selebgram dan Menghasilkan Uang Dari Instagram - Pengguna Instagram memang tidak sebanyak Facebook, namun jagan salah, interaksi sosial media paling aktif adalah Instagram. Sehingga Instagram menjadi tempat yang paling diminati untuk memasarkan produk.

Karena, tidak hanya perusahaan berbadan hukum saja yang bisa mengiklankan produknya, namun juga setiap orang yang memiliki produk juga bisa. Tinggal mengendorse produknya ke Selebgram dengan harga yang bervariasi, maka akan mendongkrak penjualan produknya.

Instagram merupakan sosial media yang sedang hits, ada banyak sekali bermunculan selebriti yang terkenal melalui sodial media ini atau yang lebih dikenal dengan sebutan Selebgram. Selebgram bisa dibilang sukses jika akun Instagramnya diikuti oleh puluhan ribu hingga jutaan followers dan bisa menarik banyak respons, baik berupa likes ataupun komentar. Bahkan jika seseorang sudah terkenal melalui Instagram biasanya akan ditawari untuk endorse produk.

Sebagai informasi, biasanya untuk sekali endorse, seorang Selebgram bisa memasang tarif antara mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk sekali posting produk di akun Instagram mereka. Bisa dihitung sendiri kira-kira berapa keuntungan yang didapat dalam satu bulan. Itulah yang membuat banyak orang ingin menjadi seorang Selebgram.

Apakah anda tertarik menjadi seorang Selebgram? Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda tahu jika ingin menjadi seorang Selebgram :

I. Memiliki Akun Instagram


Poin utamanya adalah memiliki akun Instagram. Namanya juga Selebgram, Selebriti Instagram, yang harus dipunya ya akun Instagram. Jika belum memiliki akun, buatlah akun Instagram dengan nama yang sebenarnya atau nama keren anda, nama tersebut juga sebaiknya yang mudah diingat oleh banyak orang.

Baca Juga : Panduan Membuat Facebook Instant Articles dengan Blogspot

II. Jadikan Akun Anda Profile Bisnis


Cara menjadikan akun Pribadi menjadi Bisnis sangatlah mudah, cukup ikuti langkah-langkah dibawah ini :

Pertana, Buka profil Anda lalu klik Icon Setting.

Kedua, Pilih Switch to Business Profile dan pilih Halaman Facebook yang ingin dihubungkan dengan Profil Bisnis Anda di Instagram. Pastikan untuk mengatur profil Anda menjadi Publik. Akun privat tidak dapat beralih menjadi Akun Bisnis.

Switch to Business Profile
Ketiga, Di halaman Set Up Your Business Profile, periksa informasi kontak bisnis Anda, buat perubahan, dan klik Selesai.

Set Up Your Business Profile
Profile Bisnis bisa dimiliki meskipun anda memiliki Followers atau pengikut yang tidak banyak. Syarat ini saya rekomendasikan karena dengan akun bisnis ini, anda memiliki beberapa keuntungan, diantaranya :

II. A. Menganalisa Followers

Analisa Gender & Usia
Dengan membaca Insight, Anda kini bisa mengenali data follower Anda. Dari data ini, Anda akan bisa mengalisa apakah target market Anda sudah sesuai atau belum. Jika sudah sesuai, Anda bisa memanfaatkannya dengan manajemen konten yang lebih optimal. Tapi jika belum sesuai, Anda bisa mencoba strategi lainnya, seperti Instagram Ads atau Paid Endorse.

Demografi Followers
Dari sinilah anda bisa tahu tentang gender, usia, kota tinggal, serta pada hari apa biasanya followers anda aktif, sehingga anda bisa mengupload foto dengan waktu yang tepat agar bisa mendapatkan interaksi yang baik.

II. B. Mudah Dihubungi Orang


Saat menjadi profil bisnis, ada tiga tab kontak yang memperpendek jarak Anda dengan orang lain, yaitu tab Telepon, Email, serta Petunjuk Arah. Dengan tiga tab kontak ini, orang dapat dengan mudah menghubungi Anda.

II. C. Informasi Kategori Instagram Bisnis


Informasi kategori bisnis akan muncul untuk akun Instagram yang sudah berubah dari profil pribadi menjadi bisnis. Kategori ini akan sama persis dengan kategori yang telah di-setting sebelumnya di fanpage yang terhubung.
Informasi "Entrepreneur" dan Contact
Jadi jika di fanpage kategorinya adalah Community, maka di Instagram adalah Community, jika di fanpage adalah shopping & retail, maka di Instagram pun akan sama. Maka dari itu, anda harus memiliki terlebih dahulu Fanpage Facebook. Caranya sudah banyak dengan cara Googling.

III. Foto dan Video adalah Konten Anda


Upload foto yang unik dan pastinya disukai oleh banyak orang. Menjadi Selebgram jelas berbeda dengan akun pribadi yang bisa mengupload foto apa saja di feed Instagramnya, anda harus memilih dan tahu kesukaan dari Followers anda. Caranya adalah dengan melihat history foto anda, foto seperti apa yang meraka sukai.

Hindari foto Selfie secara berlebihan jika anda masih baru di Instagram, hal ini bisa membuat Followers anda risih dengan Selfie anda, kecuali anda cantik dan ganteng make banget.
Belajarlah mengedit foto sendiri, tidak harus ahli, tapi paling tidak tahu dasar edit foto. Bisa menggunakan aplikasi yang ada di handphone seperti VSCO dan Snapseed , atau bisa juga menggunakan Photosop di PC anda.

IV. Gunakan Hashtag, jangan Spam Hashtag!


Hashtag (#) biasanya digunakan untuk mempermudah orang lain menmukan apa yang mereka cari. Jadi, foto anda akan banyak interaksinya jika menggunakan hashtag. Ada beberapa hashtag popular yang saat ini sering di gunakan oleh para selebgram di Indonesia bahkan Dunia.

Karena hal tersebut dapat memeberikan kesempatan lebih banyak agar konten (gambar atau video) yang kamu post dilihat oleh banyak akun Instagram lain. Dan bahkan bisa mendatangakan followers baru untuk akun anda.

V. Konsisten dalam Upload Foto atau Video


Selain dengan foto atau video yang bagus dan unik, pastikan juga anda konsisten mengunggah foto atau video ke Instagram. Karena hal ini tentunaya akan membuat para followers Instagram anda menjadi tidak kesepian dan alasan mereka memfollow anda memang karena mereka tertarik dengan postingan Instagram anda dan pasti mereka akan setia menunggu postingan anda saat. Jangan sampai nantinya anda jarang memposting foto atau video sehingga membuat para followers anda merasa percuma sudah memfollow akun anda.

VI. Jalin Interaksi dengan Followers


Jalinlah interaksi kepada Followers anda, bisa dengan memberikan caption berupa pertanyaan pada foto anda atau dengan membalas komen mereka, agar mereka merasa diperhatikan oleh anda. Melalui interaksi tersebut nantinya akan menambah nilai akun kamu dari segi engagement dan rich instagram kamu.

Baca Juga : 10 Hal Paling Sering Dicari Tentang Bitcoin

Dan selain itu kamu juga bisa memanfaatkan platform sosial media lain, seperti facebook, twitter, youtube atau bahkan platform chat seperti whatsapp untuk mempromosikan akun kamu agar orang lain menjadi lebih tau akan adanya keberadaan akun anda.

VII. Cari Perhatian dari Selebgram Lain


Bila anda menemukan top instagrammers, usahakan untuk menarik perhatian mereka agar mereka dapat melihat profil anda dan mengikuti anda. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan agar bisa mendapatkan perhatian seseorang seperti menyukai, mengikuti, dan berkomentar. Memberikan “Likes” adalah cara yang paling mudah dan tercepat, selain itu anda bisa juga meninggalkan komentar di foto mereka.

Hampir semua orang membaca komentar dan tidak ada yang akan mendapatkan perhatian lebih baik daripada komentar hebat pada foto terbaru. Akan tetapi, komentar bagaimanakah yang terlihat menarik?

Cobalah untuk dapat menjelaskan mengapa anda menyukai suatu foto dan bagaimana perasaan atau penilaian anda. Meninggalkan komentar yang menarik akan bekerja, baik itu untuk pengguna Instagram dengan sedikit followers dan banyak followers.

Sedangkan mereka yang memiliki follower sedikit tentu akan melihat komentar anda dan mencermati siapakah yang meninggalkan komentar tersebut. Sedangkan jika anda meninggalkan sebuah komentar menarik pada foto terbaru dari orang yang telah populer seperti misalnya selebriti, maka follower mereka juga akan penasaran dengan anda yang meninggalkan komentar menarik tersebut.

VIII. Semua Perlu Proses


Jika dengan mengikuti tips diatas namun anda tidak kunjung memiliki banyak Followers atau tidak menjadi Selebgram, bukan berarti anda gagal. Semua memang memerlukan waktu, yang penting adalah konsisten dalam menjalaninya. Jika anda ingin cara instan, anda dapat dengan mudah membeli Followers yang banyak tersedia di Internet.

Selamat mencoba beberapa tips diatas, semoga bisa mengantarkan anda menjadi seorang Selebgram terkenal :p

Referensi : Google & https://id-id.facebook.com/business/help/502981923235522
Loading
Love This Article?

Tampilkan Komentar