Cara Setting SSL (HTTPS) Blogger Custom Domain dan Manfaatnya

Oleh:   tulisanndeso tulisanndeso   |   2/20/2018 05:00:00 AM
Beberapa waktu yang lalu sempat ramai diperbincangkan mengenai blog dengan platform blogspot custom domain yang bisa mengaktifkan SSL dari HTTP menjadi HTTPS tanpa menggunakan jasa pihak ketiga dan pastinya gratis.

Awalnya saya tidak begitu menghiraukan perubahan itu, karena memang saya tidak terlalu mengerti penggunaan SSL ini. Namun setelah membaca dari berbagai blog dan forum, saya mulai berniat mengubah SSL Tulisan Ndeso menjadi HTTPS. Apalagi, dikabarkan bahwa Google Chrome akan menandai semua blog atau website HTTP sebagai ‘not secure’ atau tidak aman. (Baca Artikelnya).

Pengertian SSL


SSL atau Secure Socket Layer adalah sebuah protokol keamanan untuk website atau blog yang kita miliki. SSL tersebut akan menjaga website yang kita miliki terhindar dari kejahatan kriminal yang bisa saja dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Manfaat Menggunakan SSL/HTTPS


Memberikan Keamanan Bagi Pengunjung : Dengan adanya SSL tersebut tentunya akan memberikan rasa aman kepada pengunjung suatu website dan data yang disimpan akan aman seperti password maupun yang lainnya, sehingga pengunjung akan betah tanpa ada rasa waswas.

Meningkatkan SEO : Selain memberikan rasa aman terhadap pengunjung, SEO pada website anda akan mengoptimasi karena adanya SSL ini. Juga akan meningkatkan SERP dalam mesin pencarian, seperti google dan mesin pencarian lainnya.

Website menjadi Aman : Selain itu, website anda akan aman dari phising. Biasanya terdapat banyak pihak yang meniru website anda dengan tujuan untuk mengambil data-data dari blog anda.

Baca Juga : 10 Hal Paling Dicari Tentang Bitcoin

Kategori Simbol Keamanan SSL


Seperti yang sempat saya dapatkan dari laman resmi support goolge mengenai Memeriksa Keamanan Situs, berikut adalah beberapa kategori yang di timbulkan dari SSL.
Kategori Keamanan SSL
Simbol-simbol tersebut diatas memiliki arti yang layak untuk diperhatikan, yaitu mengenai keamanan situs yang sedang anda kunjungi. Berikut adalah beberapa penjelasannya :

SECURE (Aman)


Informasi yang Anda kirimkan atau dapatkan melalui situs bersifat pribadi. Meskipun Anda melihat ikon ini, selalu berhati-hatilah saat membagikan informasi pribadi. Lihat kolom URL untuk memastikan bahwa Anda berada di situs yang ingin dikunjungi.

INFO or NOT SECURE (Info atau Tidak Aman)


Situs tidak menggunakan koneksi pribadi. Seseorang mungkin dapat melihat atau mengubah informasi yang Anda kirim atau dapatkan melalui situs ini. Anda mungkin melihat pesan "Login tidak aman" atau "Pembayaran tidak aman". Sebaiknya Anda tidak memasukkan informasi sensitif, seperti sandi atau kartu kredit.

Pada beberapa situs, Anda dapat membuka versi halaman yang lebih aman : Pilih kolom URL. Hapus http://, lalu masukkan https://. Jika gagal, hubungi pemilik situs untuk meminta mereka mengamankan situs dan data Anda dengan HTTPS.

NOT SECURE or DANGEROUS (Tidak Amana atau Berbahaya)


Sebaiknya Anda tidak memasukkan informasi pribadi di halaman ini. Jika mungkin, jangan menggunakan situs ini.

Tidak aman : Lakukan dengan hati-hati. Ada yang salah dengan privasi koneksi situs ini. Seseorang mungkin dapat melihat informasi yang Anda kirim atau dapatkan melalui situs ini. Anda mungkin melihat pesan "Login tidak aman" atau "Pembayaran tidak aman".

Berbahaya : Hindari situs ini. Jika Anda melihat satu layar penuh berisi peringatan berwarna merah, situs tersebut telah ditandai tidak aman oleh Penjelajahan Aman. Jika Anda mengakses situs ini, informasi pribadi Anda mungkin tidak aman.

Saat Anda membuka sebuah situs yang menggunakan HTTPS (keamanan koneksi), server situs web tersebut menggunakan sertifikat untuk membuktikan identitas situs web ke browser, seperti Chrome. Siapa pun dapat membuat sertifikat yang mengklaim menjadi situs web apa pun yang diinginkan.

Agar Anda tetap aman di web, Chrome mengharuskan situs web menggunakan sertifikat dari organisasi tepercaya.

Baca Juga : Panduan Membuat Facebook Instant Articles dengan Blogspot

Apakah Anda Sudah Siap Beralih ke HTTPS?


Setelah membahas mengenai SLL HTTPS, berikut adalah cara setting atau migrasi dari SSL HTTP menuju HTTPS pada blog custom domain blogspot.

Pertama, silahkan akses dashboard Blogger melalui draft.blogger.com. Tampilannya memang seperti dashboard blogger anda, namun terdapat perbedaan, yaitu anda dapat mengaktifkan fitur SSL di mode draft ini.

Kedua, lihat di bagian Setting > Basic
Setting SSL Blogger
Aktifkan HTTPS Availability yang sebelumnya NO menjadi YES, setelah itu halaman dashboard blog anda akan me-refresh sendiri. Proses ini merupakan pengalihan url dari HTTP ke HTTPS.

Dalam masa ini untuk sementara blog anda beberapa saat tidak dapat diakses dan tidak perlu khawatir karena hanya berlangsung beberapa menit saja. Proses pengalihan HTTPS jika sudah selesai akan tampak seperti gambar berikut ini.
Setting HTTPS
Saya menunggu sekitar 10 menit sambil browsing kemudian merefresh halaman dashboard Blogger saya, jika proses pengalihan url dari HTTP ke HTTPS ini sudah selesai, akan tampak seperti gambar di bawah ini.
HTTPS Redirect
Setelah anda mengaktifkan HTTPS di blog anda, dalam beberapa waktu kedepan iklan Adsense akan blank. Anda tidak perlu khawatir, karena Adsense membutuhkan waktu beberapa saat untuk menyiapkan ketersediaan iklan yang mendukung HTTPS.

Tahapan Setelah Berhasil Setting HTTPS


Ganti Semua Url Lama dengan HTTPS


Caranya dengan menekan Ctrl + Shift + R di edit HTML, masukan url lama blog Anda (Contoh: http://www.TulisanNdeso.com/) di kotak yang muncul di pojok kanan atas di Edit HTML kemudian klik Enter.

Lalu masukan url blog baru Anda yang menggunakan HTTPS (Contoh : https://www.TulisanNdeso.com/) kemudian klik Enter. Dengan begitu maka semua url lama akan berubah menjadi url baru dengan HTTPS.

Memeriksa Template Blog untuk Mixed Content


Jika HTTPS blog anda berwarna abu-abu, menandakan template blog memiliki mixed content dan  harus diperbaiki agar HTTPS berwarna hijau. Pastikan semua url js menggunakan HTTPS dan dapat diakses. Pastikan juga semua url gambar menggunakan HTTPS.

Add a Property dan Submit Sitemap


Tambahkan properti baru (Add a Property) dan Submit Sitemap di Search Console atau Google Webmaster untuk versi HTTPS, diantaranya https://www.TulisanNdeso.com/ dan https://TulisanNdeso.com/.

Semoga website atau blog anda semakin dipercaya di mata google dan pengunjung agar kedepannya menjadi website atau blog terpercaya dan semakin banyak pengunjung yang datang.

Referensi :
https://www.theverge.com/2018/2/8/16991254/chrome-not-secure-marked-http-encryption-ssl
https://support.google.com/chrome/answer/95617?hl=id
https://www.kompiajaib.com/2017/10/sebaiknya-submit-semua-jenis-url-https.html
https://www.kodejarwo.com/2017/12/ssl-gratis-custom-domain-blogger.html
Loading
Love This Article?

Tampilkan Komentar