Tips Membuka Usaha Kantin Sekolah

Oleh:   tulisanndeso tulisanndeso   |   3/30/2018 05:00:00 AM
Tips Membuka Usaha Kantin Sekolah – Salah satu peluang usaha yang bisa menwarkan anda penghasilan yang menjanjikan adalah dengan membuka kantin sekolah. Karena sudah pasti setiap sekolahan memiliki kantin dan tentunya membutuhkan penjual untuk menyediakan berbagai jajanan untuk para anak sekolahan.

Karena hampir kebanyakan siswa sekolah pasti diberikan uang jajan yang digunakan untuk jajan ketika jam istrahat sekolah tiba. Usaha membuka kantin sekolah tentunya banyak diminati oleh orang-orang karena mudah untuk dijalankan dan juga tidak terlalu banyak modal yang diperlukannya.

Banyak hal penting yang harus anda perhatikan ketika akan membuka kantin sekolah. Misalnya seperti makanan apa saja yang akan anda jual, hingga ijin dari pihak sekolahan. Maka dari itu, mengetahui terlebih dahulu berbagai macam ketika akan membuka kantin sekolahan, maka anda bisa memiliki gambaran terlebih dahulu, ketika anda akan memulai usaha kantin sekolah agar semakin sukses. Berikut ini merupakan beberapa tips membuka kantin sekolah yang bisa anda coba terapkan.

Tips Membuka Kantin Sekolah


1. Melakukan Riset


Riset yang dilakukan terlebih dahulu sebelum membuka bisnis kantin di sekolah berfungsi mengetahui apa saja jajanan favorit anak-anak yang perlu untuk dipenuhi. Hal ini juga akan membuat nantinya dagangan yang anda beli akan laku keras. Selain itu, membuka kantin sekolah juga berarti membantu orangtua dalam memenuhi kebutuhan makanan sehat ketika sedang berada di sekolahan.maka dai itu, melakukan riset terlebih dahulu akan sangat membantu anda.

2. Sajikan dengan Selera Anak


Selain rasa makanannya yang banyak digemari oleh anak-anak, tentunya jualan anda akan banyak diminati oleh anak-anak sekolahan jika memiliki tampilan yang menarik. Maka dari itu, anda mesti dituntut kreatif dalam mendesain jajanan anda, agar disukai oleh anak-anak.

3. Selektif dengan Makanan Kemasan


Memang kantin sekolahan yang akan anda rintis kan berfokus pada makanan sehat yang dikhususkan untuk anak-anak, akan tetapi, dengan menjual makanan sehat, bukan berarti anda mesti stop secara keseluruhan menjual berbagai macam makanan. Maka dari itu, anda bisa menjual makanan kemasan, dengan catatan mesti selektif dalam menjual makanan kemasan.

4. Pengajuan dengan Proposal


Untuk membuka kantin disekolahan, tentunya anda harus memiliki ijin resmi dari pihak sekolah. Ijin disini bisa anda buat dalam bentuk proposal yang akan diajukan ke pihak sekolah dimana anda akan berjualan. Dan juga anda bisa menyertakan sample makanan agar nantinya sekolahan juga tidak akan kesulitan dalam menerima proposal anda. anda bisa mengincar berbagai macam sekolahan yang belum memiliki fasilitas kantin yang memadai dan penjual nya pun sedikit.

5. Kerjasama dengan Kantin yang Sudah Ada


Anda bisa melebarkan usaha kantin sekolah anda, jika usaha kantin anda sudah terkenal. Anda bisa bekerjasama dengan pemilik kantin sebagai seorang supplier. Hal ini juga berfungsi untuk menekan modal yang diperlukan karena tidak perlu untuk membuka kantin baru lagi.

Demikian beberapa tips membuka kantin sekolahan yang bisa anda coba. selain itu, tetap menjagakebersihan makanan yang anda jual tentunya sangat diharuskan, jangan sampai kantin yang anda bangun menjadi terkesan kotor dan kumuh. Smeoga bermanfaat.
Loading
Love This Article?

Tampilkan Komentar