Pengertian, Fungsi, dan Cara mengoptimalkan SEO pada Blog


Tulisan Ndeso Mencari Penulis Tamu
Tulisan Ndeso, Pengertian, Fungsi, dan cara mengoptimalkan SEO pada Blog – Bagi sebagian besar blogger pemula, pasti tidak terlalu banyak mengerti menganai SEO, meskipun mereka banyak mendengarnya dari para Mastah yang berkeliaran di Internet.

Banyak blogger pemula, seperti saya, ingin blognya dikunjungi oleh banyak orang, lalu bertanya ke dalam sebuah group atau forum dengan pertanyaan yang sangat dasar.

“Bagaimana cara menaikkan traffic blog?” atau “Bagaimana cara agar Blog kita dikunjungi oleh banyak orang?”

Sebagian besar orang dalam group atau forum tersebut akan memberikan jawaban singkat yaitu “SEO”, atau “Optimalisasi blog dengan SEO”.

Pengertian SEO pada Blog
Pengertian SEO pada Blog

Baru belajar blog, artikel belum seberapa, namun sudah pengen blognya dikunjungi banyak orang? Sudah begitu, dapat istilah baru yaitu SEO. Jangan khawatir, berikut ini akan saya jabarkan secara sederhana mengenai Apa itu SEO sebenarnya. Simak baik-baik ya!

Pengertian dari SEO


SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mengoptimalisasi halaman situs/blog/website dengan menggunakan prosedur standar yang sesuai dengan ketentuan serta karakteristik mesin pencari, sehingga diharapkan halaman situs/blog/website memiliki peluang yang lebih besar untuk tampil pada halaman pertama di Search Engine Result Page (SERP).

Apa Fungsi SEO


SEO memiliki fungsi untuk meningkatkan interaksi pengunjung terhadap blog yang orang lain temukan dari hasil pencarian di mesin pencari seperti Google maupun Search Engine lainnya.

Secara default, halaman pertama google akan menampilkan 10 pencarian terbaik sesuai kriteria yang telah Google tentukan, maka ketika hasil pencarian Mesin Pencari menempatkan blog yang kita miliki di halaman pertama, maka situs/blog/website tersebut akan mempunyai peluang besar untuk dikunjungi.

Layaknya kita mencari sesuatu di Search Engine, anda tentunya akan memilih yang di halaman pertama saja bukan?

Apakah SEO itu penting ?


SEO memiliki peranan vital atau penting dalam sebuah blog. Blog dengan teknik SEO Friendly bisa di ibaratkan sebagai sebuah blog yang sudah diberi penanda khusus yang sangat dikenal dan disukai oleh mesin pencari, sehingga akan mudah ditemukan oleh mesin Pencari.

Sedangkan Halaman Blog tanpa SEO akan sulit dikenali dan ditemukan oleh mesin pencari, sehingga ketika ada seorang mencari di mesin pencari, blog yang tanpa SEO tersebut tidak bisa masuk dalam halaman depan mesin pencari atau bahkan tidak dikenali google.

Ilustri Sederhana tentang SEO

Saya akan mengibaratkan SEO dengan Motor yang ada di Parkiran.

Ketika anda memarkirkan sepeda motor anda di parkiran Mall yang didalamnya terdapat banyak motor diparkirkan, ada kemungkinan anda akan lupa memarkirkan kendaraan anda sendiri. Namun, berbeda halnya jika motor anda memiliki penanda khusus yang mudah dikenali seperti warna yang mencolok atau sebagainya. Hal ini tentu akan membuat anda mempercepat menemukan motor anda.

Secara sederhana, ilustrasi yang saya buat diatas memiliki kesamaan dengan Mesin pencari, kita asumsikan motor adalah halaman blog yang berisi konten anda, motor anda yang memiliki penanda khusus dapat kita misalkan sebagai sebuah halaman blog yang sudah kita tanamkan berbagai teknik SEO, serta Parkiran Mall yang luas kita ibaratkan sebagai wadahnya yaitu Internet.

Mesin pencari akan mudah menemukan sebuah halaman yang paling sesuai dengan melihat ciri-ciri atau tanda khusus yang bisa dikenali oleh mereka, mesin pencari tersebut kemudian akan memprioritaskan halaman blog dengan ciri-ciri yang paling sesuai dengan kata kunci yang orang lain cari, sehingga memungkinkan sebuah blog masuk dalam halaman pertama mesin pencarian (Page One).

Teknik Dasar SEO


Hal yang paling utama sebelum melakukan SEO di blog adalah mengenalinya dengan baik. Maka, ketika anda sudah memahami tentang SEO, langkah selanjutnya adalah memulai melakukan atau mempraktekkan SEO pada blog.

Perlu menjadi perhatian bahwa ruang lingkup dalam SEO secara umum akan terfokus pada dua hal, yaitu mengenai Seo On Page dan tentang Seo Off Page. Nah, untuk lebih jelasnya, kita bahas satu persatu dibawah ini :

Pengertian Seo On Page

SEO On Page adalah proses memperbaiki struktur yang ada dalam halaman situs agar sesuai dengan kriteria yang inginkan oleh perilaku suatu mesin pencari.

Dari pernyataan tersebut diatas dapat diambil kesimpulan bahwaSEO On Page terfokus pada halaman situs itu sendiri.
Lantas, seperti apa halaman situs yang disukai oleh mesin pencari? Terdapat 2 aspek penting yang perlu anda ingat dalam optimasi SEO On Page, yaitu optimasi dari sisi Mesin Pencari selaku media yang digunakan untuk menemukan Halaman Blog dan dari sisi Pengunjung yang melihat halaman Blog.

Tujuan SEO adalah agar Blog dapat mudah ditemukan oleh Mesin Pencari dari Jutaan Blog yang ada di internet, serta nyaman untuk Pengunjung sehingga Pengunjung dapat berlama-lama di Blog atau melakukan kunjungan ulang ke Blog yang sudah dibaca.

Tujuan seseorang membuat sebuah blog adalah agar orang datang untuk membaca. Tujuan seorang membaca tulisan di blog adalah mencari tahu hal yang tidak diketahuinya. Ada berbagai macam orang dengan keterbatasannya bahkan sulit memahami sesuatu, maka orang akan mencari yang paling mudah dipahaminya.

Oleh karena itu, buat atau sajikanlah artikel dengan bahasa yang ringan serta mudah difahami, malah jika perlu, tampilkan sebuah perumpamaan atau gambar pendukung agar dapat dengan mudah dipahami pengunjung.

Selain itu buatlah navigasi sederhana yang dapat dengan mudah dimengerti, serta pelu mengaitkan artikel terkait didalam artikel (biasa disebut Baca Juga atau Related Post) agar orang berlama-lama membaca tulisan dalam blog anda.

Pengertian SEO Off Page

SEO Off Page adalah suatu proses optimasi yang dilakukan diluar halaman blog yang kita miliki. SEO Off Page berfokus pada Promosi blog (bisa di share ke social media, blog walking agar orang lain mengunjungi balik blog kita) dan back link (link dari blog/situs lain yang mengarah ke situs kita).

Perlu diingat bahwa trafik pengunjung yang menuju ke situs kita bukan hanya datang dari mesin pencari, namun bisa juga dari sosial media atau forum yang bisa membuat semakin banyak orang mengenal blog anda.

Hal yang biasanya saya lakukan di SEO Off Page adalah dengan memfollow berbagai group yang relevan dengan blog saya di Google Plus, lalu share artikel secara manual. Mengapa Google Plus? Bagaimana dengan Facebook? Google plus merupakan produk google, selain itu banyak artikel yang page one berasal dari Google Plus. Facebook pun saya melakukannya, namun banyak yang bilang jika sumber atau traffic dari Facebook kurang disukai Google.

Ketika anda melakukan SEO Off Page, lakukanlah secara berkesinambungan, terus menenus, serta teratur, mengingat promosi blog untuk mendapatkan backlink tidaklah mudah. Jika ada orang lain yang melakukan promosi lebih gencar dari yang kita lakukan, kemungkinan besar kita akan kuwalahan dalam menghadapinya.

Promosi Blog dan Mendapatkan Backlink memerlukan sebuah usaha dan memerlukan perjalanan panjang, tidak seperti SEO On Page yang bisa dengan mudah untuk dikuasai. Hal ini akan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi anda untuk dapat lebih kreatif dalam mempromosikan blog atau dalam mencari backlink.

Tulisan yang saya buat ini berdasarkan referensi dari blog yang sering saya kunjungi yaitu Struktur Kode. Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya hingga akhir. Semoga Bermanfaat.

Cari Artikel Lainnya Di Sini

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui paypal atau dengan membagikan artikel ini agar semakin banyak orang yang merasakan manfaatnya. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.tulisanndeso.com - Terima kasih :)