Skip to main content

Pengertian dan Tips Membuka Usaha Waralaba Agar Sukses

Tulisan Ndeso, Tips Membuka Usaha Waralaba Agar Sukses – Untuk memulai sebuah bisnis memang diperlukan sebuah tekad yang kuat dengan penuh dedikasi dan juga pengorbanan.

Tidak terkecuali ketika anda hendak membuka sebuah usaha Waralaba atau biasa dikenal dengan Franchise. Sebelum membahas jauh mengenai Waralaba atau franchise ini, kita perlu tahu terlebih dahulu pengertian dasarnya.

Waralaba adalah adalah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa. Wikipedia.

Pengertian dan Tips Membuka Usaha Waralaba Agar Sukses
Tips Membuka Waralaba

Asosiasi Franchise Indonesia menjelaskan definisi Waralaba sebagai suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan pengWaralaba (franchisor) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu dan meliputi area tertentu.

Secara sederhana, pengertian Waralaba dapat diartikan sebagai proses kerjasama yang mana salah satu pihak sudah memiliki usaha dan pihak yang lain ingin memiliki usaha yang sama, baik itu secara merk, sistem, maupun barang usaha yang sudah berjalan dengan kesepakatan bersama.

Bisnis Waralaba semakin banyak diminati karena memang prospek kedepannya bagus serta memiliki keuntungan yang besar.

Keuntungan bagi PeWaralaba atau orang yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan atau menggunakan hak atas usaha yang dimilikinya juga dapat memperluas bisnisnya.

Keuntungan bagi penerima Waralaba atau orang yang diberikan hak untuk memanfaatkan atau menggunakan hak atas usaha yang dimiliki oleh peWaralaba adalah mendapatkan suatu usaha yang sudah berjalan, sudah dikenal banyak orang, sudah memiliki produk beserta dengan sistem dan segala macamnya.

Bahkan, banyak penerima Waralaba yang hanya tinggal memberikan uang, sisanya akan diurus oleh PeWaralaba, dari mulai lokasi, sistem, produk, hingga training karyawan.

Banyak sekali bisnis usaha Waralaba yang ada di Indonesia seperti misalnya Waralaba mini market, kafe, percetakan, pendidikan, salon kecantikan dan masih banyak yang lainnya.

Jika anda ingin memulai bisnis Waralaba, terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar bisnis anda menjadi sukses kedepannya. Berikut ini adalah beberapa tips membuka usaha Waralaba agar bisa sukses.

Tips Membuka Usaha Waralaba Agar Sukses


1. Kenali Biaya Awal Waralaba

Biaya Awal atau bahasa kerennya adalah biaya yang harus dibayarkan di awal sebelum usaha atau gerai Waralaba anda mulai beroprasi. Untuk apa saja biaya awal ini? Secara umum biaya awal ini digunakan untuk :

Lisensi atau hak dalam menggunakan merk yang dijadikan Waralaba dalam jangka waktu tertentu dan Hak untuk menggunakan suatu pedoman operasional Waralaba dalam jangka waktu tertentu.

Seberapa besar yang harus dibayarkan tergantung dari Waralaba apa yang akan anda pilih, termasuk beberapa hal berikut ini, diantaranya :

Survey Lokasi, Design Layout, Informasi berupa daftar inventory awal termasuk stock barang yang dibutuhkan, Sourching (pencarian supplier) untuk initial inventory dan stock barang, Bimbingan dan diskusi untuk menyusun business plan, Rekruitmen dan tau seleksi para pegawai mula-mula, Penyelenggaraan pelatihan awal, hingga Supervisi dan eksekusi launching.

2. Pelajari Royalty Fee

Royalty Fee adalah biaya yang harus dibayarkan setelah gerai Waralaba sudah mulai beroprasi. Pewaralaba biasanya menentukan batas pembayaran di awal bulan sebelum tanggal 10 setiap bulannya.

Untuk apa sebenarnya Royalty Fee ini?

Royalty Fee digunakan untuk kelangsungan Operasional Pewaralaba yang digunakan untuk bimbingan yang berkesinambungan bagi Pewaralaba, pelaksanaan audit hingga evaluasi bisnis yang perlu dilakukan agar Waralaba yang dijalankan tetap menguntungkan, dan pengelolaan merk serta strategi pemasaran.

Poin pertama dan kedua ini memang berbeda pada setiap Waralaba yang ada, ada yang memisahkan dua hal ini, ada juga Waralaba yang menjadikannya dalam Paket atau bundling untuk mempermudah orang yang baru pertama kali bisnis Waralaba.

3. Kenali Diri Anda Terlebih Dahulu

Ini sangat penting, karena jika anda sudah mengenali potensi diri sendiri, maka anda akan menemukan potensi dan minat anda. Hal ini sangat diperlukan untuk menentukan jenis usaha apa yang bisa anda gunakan untuk berbisnis Waralaba.

Misalnya saja jika anda seorang yang suka memasak, tentu akan sangat cocok jika anda membuka usaha jenis kuliner untuk bisnis Waralaba anda. Memaksakan kehendak bisa saja, namun anda harus siap untuk belajar hal baru untuk memulainya.

4. Kenali Potensi Bisnis Waralaba

Selain mengenali potensi diri sendiri, mengenali bisnis yang akan anda jalani merupakan salah satu kunci sukses dalam bisnis Waralaba. Misalkan jika anda akan membuka Waralaba yang sudah lama berjalan, anda mesti mengetahui berapa modal yang diperlukan untuk memulai bisnis tersebut, atau potensi pasarnya apakah bagus atau tidak.

Anda akan mudah mencari pembeli makanan dari sebuah Waralaba yang sedang anda jalankan jika Waralaba anda berlokasi di perkantoran, kampus, atau tempat potensial yang dapat dengan mudah dijangkau oleh banyak orang.

5. Pemasaran Produk

Apapun bisnisnya, jika strategi marketingnya bagus, maka produk pun akan mudah untuk terjual. Termasuk juga dengan produk Waralaba. Anda bisa menerapkan banyak strategi marketing untuk kesuksesan bisnis Waralaba anda.

Meskipun, produk Waralaba yang sedang anda jalankan sudah terkenal. Namun, dengan adanya Waralaba yang anda buka di tempat yang lain, anda tetap harus melakukan sebuah promosi agar banyak orang tahu mengenai bisnis anda.

Cara termudah marketing saat ini adalah dengan sosial media. Buatlah sosial media untuk menyebarkan bisnis anda. Selain itu, anda dapat memanfaatkan orang-orang sekitar anda untuk mencoba dan merekomendasikannya kepada orang lain.

6. Kembangkan Bisnis Anda

Setelah bisnis Waralaba berjalan lancar, anda mesti mengembangkan terus bisnis anda menjadi lebih luas lagi jaringan pemasarannya. Karena Waralaba yang sukses adalah Waralaba yang memiliki banyak jaringan.

Maka dari itu, dengan menerapkan strategi pemasaran, dan jeli melihat peluang merupakan salah satu faktor kesuksesan bisnis Waralaba anda, dan yang terpenting adalah anda mesti berlapang dada jika ada kritik atau masukan yang tertuju kepada anda. Hal ini tentu saja akan berdampak positif pada perkembangan bisnis anda, jika anda benar-benar mengolah kritik dan setiap masukan yang datang kepada anda.

Intinya dalam setiap berwirausaha adalah ketekunan, keuletan, kerja keras, dan perlu doa dalam menjalankannya, meskipun usaha yang akan anda jalankan adalah sebuah Waralaba yang sudah tekenal, bahkan segala sesuatunya sudah dipersiapkan oleh Pewaralaba.
Demikian beberapa tips dan penjelasa mengenai Waralaba yang bisa anda gunakan untuk memulai bisnis Waralaba.

Jadi, tidak mustahil bagi anda memiliki bisnis Waralaba sukses seperti para pengusaha yang lainnya. Semoga impian anda untuk memiliki bisnis Waralaba dapat segera terwujud. Semoga bermanfaat.
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar