Perbedaan dasar Google Analytics vs Histats, mana yang lebih Baik?


Tulisan Ndeso Mencari Penulis Tamu
Tulisan Ndeso, Perbedaan dasar Histats vs Google Analytics, mana yang lebih Baik? - Dunia blogging saat ini mulai berkembang, terlihat dari beberapa group mengenai blog di Facebook yang semakin banyak orang bertanya mengenai dunia blog, meskipun sudah banyak pertanyaan sama yang diajukan sebelumnya.

Seseorang yang membuat blog, pastilah menginginkan blognya dikunjungi oleh banyak orang. Selain agar banyak orang yang tahu tentang apa yang kita share, anda pasti juga berharap penghasilan dari blog tersebut.

Darimana kita tahu traffic blog kita, selain dari dashboard, anda bisa memanfaatkan Histats atau Google Analytic milik google. Kedua aplikasi ini sudah sangat populer dimata web developer.

Perbedaan  Histats vs Google Analytics

Perbedaan Antara Histats dengan Google Analytics


Dengan adanya dua web yang dapat menganalisa mengenai traffic dan sejenisnya, tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan.


Google Analytics

Software ini sangat berharga khususnya bagi dunia bisnis online serta dunia usaha, software ini digunakan agar dapat mengimplementasikan traffic perusahaan dari situs web atau aplikasi mobile guna mengorganisasikan informasi mengenai pengunjung ke situs, hal ini sangat diperlukan untuk mengubah dan menindaklanjuti data ke dalam strategi pemasaran perusahaan.

Setelah melakukan instalasi sederhana, Google Analytics mulai menghimpun informasi tentang semua fitur perihal pengunjung ke halaman tertentu, dari informasi geografis dari mana mereka berasal, informasi demografis, seperti usia, ras, jenis kelamin, dan masih banyak lagi.

Analisa dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengunjung dan pelanggan potensial yang memudahkan bagi blogger/publisher/pemasar memanfaatkan informasi yang dikumpulkan melalui Google Analytics ke dalam strategi pemasaran yang efektif mereka.

Data di filter dengan berbagai cara agar pengguna dapat menemukan apa yang mereka cari. Analytics juga dapat digunakan dengan mudah di aplikasi mobile, sehingga dapat diakses kapan saja dan dimana saja serta memberikan keleluasaan pengembang untuk mengetahui siapa saja yang menggunakan software mereka dan cara terbaik menjual produk atau untuk menentukan topic artikel bagi blogger yang memanfaatkan artikel sebagai isi dari blognya.

Google Analytic

Melalui Google Analytics, pemasar, administrator situs, atau blogger memiliki satu peralatan lengkap untuk memilih strategi pemasaran yang efektif. Dengan semua informasi berharga yang Analytics sediakan, lebih mudah dari sebelumnya bagi perusahaan untuk dapat memasarkan produknya dengan baik, mempertahankan pelanggan, menarik konsumen baru, dan menciptakan kesuksesan mereka sendiri di pasar online.

Menurut Datanyze Universe, Google Analytics menduduki posisi pertama, Statcounter pada posisi 7, serta Histats berada di posisi 11 dari pengguna di seluruh jumlah website yang ada di seluruh dunia.

Google Analytics menguasai sebagian besar negara, termasuk Amerika Serikat, Jerman, Rusia, Jepang dan 220 negara lainnya. Google Analytics sangat dikenal dengan baik di Top Web 10K, Top Sites 100K, Top Sites 1M dari seluruh web.

Google Analytics memiliki cakupan penggunaan yang lebih baik di banyak kategori website. Termasuk Bisnis & Industri, Seni & Hiburan, People & Society, Internet & Telecom dan 242 kategori lain.


Histats

Program analitik gratis yang menyediakan berbagai informasi real bagi pengguna mengenai situs web yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan kinerja website dan memaksimalkan keuntungan dari pemasangan iklan (Adsense misalnya).

Aplikasi Histats ini berbasis web, memiliki kemampuan memantau pengunjung ke situs web statis maupun blog post dengan memberikan rincian data untuk dieksekusi, seperti seberapa sering pengunjung tertentu telah bertandang, halaman yang paling populer (views), dan lokasi/negara asal pengunjung (geolocation).

Selain itu, disediakan juga grafik mengenai seberapa banyak Page View, Visitor yang datang pertama kali, serta seberapa banyak visitor yang berkunjung dalam satu waktu.

Histats

Informasi pemasaran yang berharga yang memungkinkan webmaster menyesuaikan strategi. Hitstats juga dapat melacak dan melaporkan efisiensi sebuah kata kunci dengan melaporkan data yang paling efektif dan yang tidak, menunjukkan hasil dari optimasi mesin pencari dan jejaring sosial.

Memanfaatkan Hitstats juga memaksimalkan pendapatan dolar dari iklan dengan pelacakan iklan yang paling efektif dalam membawa pengunjung baru ke situs.

Mana yang Lebih Baik, Google Analytics atau Histats?


Menilik penjelasan yang telah diutarakan diatas, Google Analytics lebih baik dibandingkan Histats, terlebih jika anda ingin mendapatkan fitur premium yang juga dirasakan oleh banyak orang di belahan dunia untuk memaksimalkan produk digital anda.

Namun, Histats bukannya tidak baik. Histats lebih cocok bagi pengguna blog yang mengandalkan adsense sebagai tujuan utamanya, karena untuk memantau visitor dan page mana yang banyak dikunjungi.

Jadi, anda akan memilih mana antara Google Analytics dan Histats? Semoga penjelasan diatas dapat membantu anda untuk menentukan pilihan ya..

Tag : Google Analytic, Histats

Cari Artikel Lainnya Di Sini

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui paypal atau dengan membagikan artikel ini agar semakin banyak orang yang merasakan manfaatnya. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.tulisanndeso.com - Terima kasih :)