Skip to main content

Motivasi Untuk Blogger Pemula dari Timon Adiyoso, Pemilik Mastimon.com

Tulisan Ndeso, Motivasi Untuk Blogger Pemula dari Timon Adiyoso (MasTimon) – Siapa sebenarnya Timon Adiyoso? Mengapa ia memberikan motivasi untuk Blogger pemula? Apakah ia seorang Suhu? Master? Sifu?.

Timon Adiyoso adalah seorang Blogger asal Samarinda. Meskipun ia lahir di Jakarta, 11 September 1984, saat ini Mastimon tinggal di Kalimantan, Kota Samarinda.

Perjalanan hidupnya penuh liku, termasuk ketika ia memutuskan untuk keluar dari dunia kerja untuk menjadi seorang Blogger. Padahal, sebelum keluar dari dunia kerja, ia adalah seorang Supervisor HRD di sebuah perusahaan Tambang Batu Bara.

Dunia blogger sudah dikenalnya sejak masih bekerja menjadi karyawan, keseharian kantor yang dihabiskan di depan komputer ia manfaatkan untuk belajar mengenai dunia Blogging.

Timon Adiyoso - mastimon.com
Timon Adiyoso

Jangan salah, waktu yang ia gunakan adalah saat sudah menyelesaikan semua pekerjaannya atau tanpa mengesampingkan kewajiban bekerjanya di kantor sedikitpun.

Mastimon mempelajari dunia Blog sendiri, tidak memiliki guru selain Google. Ia mulai belajar Blog sejak tahun 2011 hingga 2015 atau selama 5 tahun tanpa hasil sedikitpun. Secara mandiri, ia mencari apa yang tidak diketahuinya di search engine Google.

Hal tersebut ia tuturkan dalam sebuah video di akun Youtube bernama Timon Adiyoso.

Titik terang ia temukan di tahun ke enam hingga tahun ke tujuh, yaitu blognya mulai menghasilkan hingga saat ini (2018). Sebuah perjalanan yang panjang untuk seorang blogger pemilik mastimon.com ini.

Jadi, jika anda baru terjun ke dunia Blogging beberapa bulan saja, belajarlah dari Mastimon. Ia suka berbagi mengenai pengalamannya, memberikan tips, hingga motivasi yang ia tujukan untuk pemula.

Disaat kesuksesannya saat ini, karena berpenghasilan lebih dari 1 juta perhari, ia masih terus belajar dan menyebut dirinya seorang pemula dalam dunia blog, tidak mau di panggil mastah.

Pendapatan dari Blog Mastimon.com

"Iklan Link Tautan pelan-pelan mulai normal lagi harganya. Naik walaupun sedikit. Jadi saya balikin lagi pakai iklan ini karena cuma iklan ini yang menghasilkan total terbesar SEHARI. Iklan banner besar CPCnya tapi total sehari tetep kalah. Dasar labil suka bongkar pasang 😀😀😀" Tulis Mas Timon dalam Facebooknya.

Maka tak heran jika namanya sudah dikenal di dunia blogger, baik pemula sampai mastah sekalipun. Bagi yang ingin mengenal Mastimon, silahkan berkunjung ke Channel Yotube Timon Adiyoso dan Blog mastimon.com.

Tenyata, titik terang mastimon dalam mempelajari blogging adalah dengan tekun mencari tahu tentang Artikel yang ada di Page One Google.

Hal sederhananya adalah, artikel yang banyak dikunjungi adalah artikel yang ketika di ketikkan di search engine google, maka yang ada di halaman pertama saja yang akan di baca oleh sebagian besar pembaca.

Maka, mempelajari apa yang orang lain tulis di artikel yang masuk halaman pertama mesin pencarian untuk kata kunci tertentu akan membuat kita tahu, harus bagaimana kita menulis agar artikel atau blog kita berada di halaman pertama hasil pencarian google.

Belajar dari caranya mengetahui dunia blogging, mastimon menyarankan untuk mencari teman atau orang yang mengerti tentang Blog untuk Belajar agar lebih terarah. Jika anda tidak tahu dengan siapa akan belajar, segera tambahkan akun Facebook Timon Adiyoso ini ke dalam pertemanan Facebook anda.

Saya akan memaparkan beberapa motivasi untuk blogger pemula yang di sampaikan Mastimon di Channel Youtubenya.

Motivasi dari Mas Timon untuk Blogger Pemula

Fokus Membuat Konten. Konten adalah hal utama dalam sebuah blog. Anda harus menulis topik blog yang menarik, isinya jelas, padat, dan informative. Hal ini akan membuat pembaca betah berlama-lama hingga kembali lagi menuju blog anda.

Memiliki artikel blog yang menarik juga dapat meluluhkan hati mbah Google, sehingga artikel dalam blog anda akan berada di halaman pertama mesin pencari dengan keyword atau kata kunci tertentu.

Contoh isi blog yang menarik dengan konten yang berkualitas ada di mastimon.com.

Hindari berfikir bahwa dengan anda membuat blog, maka uang akan datang dengan cepat. Fokuslah terlebih dahulu menulis banyak konten berkualitas agar blog anda kebanjiran visitor.

Persiapan Untuk Membuat Blog

1. Komputer atau Laptop

Mastimon mengutarakan bahwa, ketika anda menjalankan blog dari HP, maka akan berhenti di tengah jalan. Hal ini disebabkan oleh keterbatasn yang dimiliki oleh HP dibandingkan dengan PC atau Komputer.

Hal tersebut sesuai dengan pengalaman teman-teman Mastimon yang berhenti di tengah jalan ketika menekuni dunia Blogging hanya menggunakan Handphone.

Spesifikasi Komputer atau Laptop pun tidak harus tinggi atau baru, yang penting bisa digunakan untuk menulis artikel dan mengakses internet.

2. Jaringan Internet

Nah untuk yang satu ini, cukup menggunakan Handphone anda sudah bisa mengakses internet di Komputer. Jadikan Hp atau Smartphone anda sebagai modem agar bisa terkoneksi dengan internet.

Mastimon pun selama kurang lebih dua tahunan kebelakang menggunakan Handphone untuk keperluan bloggingnya, baru setelah itu ia memasang Wifi.

Namun, memasang Wifi akan mengeluarkan uang yang lebih besar, baik dari pemasangan awal hingga biaya bulanannya, anda harus siap dengan hal itu.

3. Mulai Membuat Blog

Memulailah tanpa tapi. Artinya, jangan memusingkan bagaimana cara edit template agar seo bagus, cara membeli domain, dan sebagainya.

Mastimon memberikan motivasi untuk terus mencari tahu sendiri dengan membaca artikel yang ada di Google, jangan terus bertanya ke orang lain. Bukan tanpa alas an, apa yang anda pertanyakan ke orang lain, akan dijawab seadanya oleh orang tersebut.

Carilah apa yang anda cari di blog orang tersebut atau jika anda belum menemukannya, mintalah ke orang tersebut untuk dibuatkan artikel atau video mengenai apa yang tidak anda mengerti.

Jika pertanyaan anda dirasa akan bermanfaat oleh orang lain juga, pasti akan dibuat secara serius dan menyeluruh oleh orang tersebut, ini dilakukan agar blog atau tulisan mereka bisa dibaca oleh banyak orang, sehingga mereka harus membuatnya selengkap dan semenarik mungkin.

4. Ubah Domain Menjadi TLD

Setting domain TLD (Top Level Domain) yang biasanya berakhiran .com, .net, .id, .web.id, atau sebagainya hanya perlu dilakukan oleh anda yang memiliki keinginan untuk menjadikan blog anda serius dan professional.

Jika blog anda masih berekstensi blogspot.com, segera ubah menjadi TLD agar tidak setting-setting lagi di kemudian hari. Hal ini ditakutkan ketika blog anda sudah banyak pengunjung dan ganti domain, akan memberikan dampak kurang baik di blog anda.

Apakah harus mengubah domain menjadi TLD? Untuk pertimbangan SEO hingga agar mudah diingat, maka sebaiknya ubah menjadi TLD.

Namun, masih banyak juga blog terkenal yang masih menggunakan blogspot.com sebagai ekstensinya, contohnya adalah strukturkode.blogspot.com dan mastamvan.blogspot.com.

Kedua blog yang masih berekstensi blogspot.com tersebut juga menuai kesuksesan karena konten-kontennya yang bermanfaat dan menarik.

Ingat, Konten adalah Raja.

5. Pemilihan Template

Template ibarat rumah bagi artikel anda, untuk itu pilihlah template yang bagus. Template bagus itu seperti apa? Penjelasannya panjang, dari mulai loading yang cepat, strukturnya bagus, SEO friendly, hingga yang simple dengan navigasi jelas agar disukai pengunjung. Carilah di google untuk cara setting template agar seo friendly.

Mastimon merekomendasikan template premium agar anda tinggal memakainya saja tanpa pusing harus mengoptimasinya. Anda bisa mendapatkan berbagai template premium di Kompi Template milik Kompi Ajaib, IDNTheme milik Arlina Design, Theme Indie milik Bung Frangki, Template Jarwo milik Bang Jarwo, dan masih banyak lagi dengan harga yang bervariasi.

Template yang di gunakan di blog tulisanndeso.com ini bernama SEO Starter, saya beli versi premium ke pemiliknya lalu saya modifikasi seperti saat ini.

Setelah anda mendapatkan template yang sesuai, jangan gonta-ganti template. Hal ini juga akan memberikan dampak terhadap visitor anda, mengingat setiap template memiliki struktur yang berbeda-beda didalamnya.

6. Mulailah Menulis

Menulis adalah hal tersulit dalam memulai sebuah blog. Apalagi, ketika anda tahu konten adalah hal utama dalam sebuah blog. Makin pusing kan?

Pada awalnya, Mastimon menulis hal-hal sederhana yang ada dalam kehidupannya, bahkan ketika Handphone yang digunakannya mengalami kendala dan bisa diperbaiki, ia tuliskan dalam sebuah blog.

Dengan menulis artikel sederhana tersebut, dapat membuat anda terbiasa untuk menulis dengan bahasa yang mudah dimengerti orang.

Tulis sendiri artikel dalam blog anda, selain menambah skill menulis, hal ini tentunya menghemat. Anda bisa saja beli artikel untuk blog anda, namun akan mengeluarkan biaya lebih.

Cara termudah agar mudah dalam menulis adalah dengan banyak membaca.

Jangan pernah Copy Paste dari tulisan orang lain, karena akan membuat kreativitas anda tidak berkembang dan yang pasti blog anda tidak akan disukai oleh Google.

7. Komitmen Menulis

Salah satu keberhasilan Mastimon dalam dunia blogging adalah karena Komitmen dan Ketekunannya dalam menulis sebuah konten blog. Lima tahun awal Mastimon menekuni dunia blog, hanya ia pergunakan untuk copy paste artikel lain ke dalam blognya.

Ketekunan dan Komitmen menulis ia terapkan dua hingga tiga tahun kebelakang yang secara nyata menghasilkan hingga saat ini melalui blog mastimon.com.

Meski sebagai seorang “pengangguran”, setiap pagi Mastimon mandi lebih awal dan berpakaian rapi agar memiliki semangat dalam menjalani hari dan menulis artikel sesuai komitmennya.

8. Hasil Akan Mulai Terlihat

Hasil tentu tidak akan langsung terlihat, semua memerlukan sebuah proses. Cara baik yang anda lakukan akan menghasilkan di kemudian hari. Intinya harus tekun dan sungguh-sungguh dalam menjalankan sesuatu.

Hasil disini dalam banyak arti. Bisa diartikan bahwa anda yang awalnya tidak bisa menulis akhirnya bisa menulis. Dapat pula diartikan anda yang awalnya tidak memiliki visitor akhirnya memiliki banyak visitor, atau hasil yang diidamkan oleh banyak orang dalam dunia blogging adalah hasil berupa uang yang didapat dari Google Adsense.

Mastimon juga berharap apa yang telah anda pelajari dapat berhasil, meskipun Mastimon menganggap bahwa dirinya juga belum berhasil, masih belajar dan terus belajar.

Apa yang Mastimon dapatkan saat ini adalah perjalanan panjang sejak 2011 lalu dan kini dikenal saat sudah “berhasil” menurut saya meskipun menurutnya belum hehe. Bahkan, penghasilannya saat ini lebih besar dari gajinya dulu ketika menjabat sebagai Kepala HRD perusahaan Tambang Batu Bara, WOW!.

Penghasilan Blog Mastimon.com

Jangan tanya berapa jumlahnya, jangan tanya buat apa tetapi ketahuilah bahwa ini uang murni Transferan dari Google Adsense yang jumlahnya belum pernah saya dapatkan saat bekerja di Perusahaan. Sumber: FB Mas Timon

Jika anda masih bingung dengan penjelasan tersebut di atas, anda bisa mengikuti Channel Youtube Timon Adiyoso dan Blog mastimon.com untuk informasi informative lainnya.

Video Motivasi Mas Timon


Usaha Lain Mas Timon Selain Menjadi Seorang Blogger

Kesuksesan Mastimon dalam dunia blogging tidak membuatnya berleha-leha. Ternyata Mastimon memiliki usaha lain, apa sajakah itu?

Cetak Undangan dan Kalender

Usaha cetak undangan yang dijalankan Mastimon ini ternyata sudah berlangsung sejak lama. Hal ini ia lakukan untuk mencari tambahan saat blognya belum berpenghasilan sebesar saat ini.

Cetak Undangan dan Kalender Mastimon

Kerja jadi Penulis Blogger itu enak.. Ngak terikat, saat pekerjaan lainnya menumpuk, ngak harus nulis tapi dollarnya tetep masuk. Jadi dapat dua duanya.

Yang lagi cari Percetakan Undangan dan Cetak Kalender 2018 bisa order sama saya, dijamin harganya miring. FB Mastimon

Mungkin saja anda sedang membutuhkan Undangan atau Kalender terbaru bisa langsung menghubungi Mastimon untuk memesannya hehe

Beternak Bebek

Usaha unik satu ini menurut Mastimon hanya sebagai pencitraan saja, mengingat penghasilannya yang begitu besar dalam dunia blogging atau usaha Cetak Undangan dan Kalender tidak cukup bisa membuat orang lain disekitarnya mengerti tentang pekerjaannya tersebut.

Beternak Bebek ala Mastimon

Hiburan + Pencitraan di rumah biar nngak dibilang Nuyul. FB Mastimon

Mastimon menggeluti dunia blog hanya di rumah saja, disaat penghasilannya "tidak sedikit" seperti saat ini, pasti ada saja tetangga yang tidak mengerti pekerjaan Mastimon. Karena dunia Blog tidak mudah dipahami oleh masyarakat luas, sehingga perlu pengalihan isu dengan beternak bebek hehe

Tulisan saya mengenai Motivasi Untuk Blogger Pemula dari Timon Adiyoso ini saya tulis ulang dari video yang saya tonton di Channel Youtube Mas Timon berjudul Motivasi untuk Blogger Pemula serta foto dan info lainnya dari Facebook Mas Timon.

Tak lupa, saya juga mengucapkan terima kasih kepada Mas Timon Adiyoso yang selalu berbaik hati dalam berbagi mengenai pengalaman dalam dunia blog. Tak heran, kemurahan dan ketulusan hati Mas Timon ini membuatnya “berhasil” seperti saat ini.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk siapa saja yang membacanya. Salam Sukses!
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar