Peluang Usaha Studio Musik Dengan Modal Kecil


Tulisan Ndeso Mencari Penulis Tamu
Tulisan Ndeso, Peluang Usaha Rental Band Modal Kecil – Saat ini banyak sekali band-band pemula yang membutuhkan sebuah studio musik untuk terus berlatih, biasanya untuk berlatih band, para band pemula menyewa sebuah studio rental band.

Hal ini merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan, bahkan lebih luas lagi, anda bisa membuat usaha bisnis studio musik.

Pasalnya, untuk saat ini, jumlah band pemula dengan band yang sudah terkenal malang melintang di dunia musik, lebih banyak yang masih pemula.Karena biasanya band-band yang sudah terkenal, sudah memiliki studio latihannya sendiri.

Banyak yang beranggapan bahwa mendirikan usaha rental band, haruslah memiliki modal yang sangat besar.

Anggapan ini tak selamanya benar, karena anda bisa membuka rental band dengan modal sedikit, dengan catatan tepat dalam perencanaan dalam mengalokasikan modalnya. Sehingga biaya membuat studio music sederhana dapat lebih murah.

Peluang Usaha Rental Studio Musik

Akan tetapi selain anda memiliki modal, anda juga mesti memiliki cukup ilmu dalam hal rental studio band ini, dan tentunya masih banyak lagi peluang yang bisa anda manfaatkan untuk usaha rental band anda, yang akan dibahas dibawah ini.

Peluang Usaha Rental Band Modal Kecil

1. Lokasi Studio Musik

Anda bisa memanfaatkan ruangan di rumah anda untuk studio musiknya. Untuk membuat studio musik di rumah, cukup dengan ruangan kurang lebih 3x5 meter, anda sudah bisa membangun studio musik didalamnya.

Selain itu, dengan menggunakan salah satu ruangan dirumah anda, tentunya hal ini juga bisa menghemat modal yang mesti anda keluarkan. Akan tetapi jika ada lokasi yang strategis, tentu lokasi strategis bisa menjadi pilihan anda.

2. Spesifikasi Alat Musik

Alat musik sendiri memiliki tiga buah kriteria yaitu, alat musik loka, yang berlisensi hingga yang original.

Dengan memilih jenis alat musik sesuai pangsa pasar yang banyak memakai jasa studio band anda, tentu bisa mengirit modal anda.

Misalkan jika kebanyakan pengguna studio band anda adalah para band pemula, anda bisa memilih alat musik yang lokal saja, akan tetapi jika pengguna studio band anda adalah band yang sudah terkenal, maka anda bisa memilih alat musik yang berlisensi atau original.

3. Ruangan

Bentuk ruangan sangat berpengaruh terhadap kualitas suara yang dihasilkan. Anda didarankan membangun ruangan studio dengan bentuk memanjang.

Jangan sampai membangun ruangan dengan bentuk ruangan kubus. Selain itu, peredam suara juga sangat diperlukan untuk anda gunakan diruangan, sehingga suaranya tidak akan sampai keluar dan membuat gaduh.

4. Sistem Manajemen

Manajemen yang baik sangat diperlukan dalam membangun bisnis rental studio band ini. Misalkan untuk biaya operasionalnya dan juga perlengkapan pendukung seperti senar gitar, cadangan stick dll mesti jelas pengalokasian dananya, dan juga datanya.

Serta anda mesti memperhatikan biaya-biaya lainnya misalnya seperti biaya listrik, kipas angin, Ac hingga biaya perawatan studio mesti jelas dan baik pengalokasiannya.

Jika sistem manajemen sudah berjalan baik, anda bisa juga membuka waralaba studio musik.

Itulah beberapa peluang mengenai rental studio band modal kecil yang bisa anda gunakan.

Jadi dengan memperhitungkan segala aspek dan juga manajemen yang baik, maka usaha rental studio band anda akan berjalan dengan baik serta memiliki omzet yang menjanjikan walaupun bermodalkan kecil. Semoga bermanfaat.

Cari Artikel Lainnya Di Sini


Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui paypal atau dengan membagikan artikel ini agar semakin banyak orang yang merasakan manfaatnya. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.tulisanndeso.com - Terima kasih :)