Peluang Usaha Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil


Tulisan Ndeso Mencari Penulis Tamu
Tulisan Ndeso, Jenis Usaha Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil – Kebutuhan pokok sehari-hari yang semakin melonjak harganya, dan juga semakin banyak resiko pemutusan hubungan kerja sepihak, membuat para karyawan seharusnya melakukan langkah antisipasi untuk menghadapinya.

Walaupun tidak berpotensi terkena PHK, namun ada baiknya para karyawan memiliki usaha sampingan, sehingga tidak sepenuhnya penghasilan bergantung pada gaji pokok bekerja di perusahaan.

Memiliki usaha sampingan diluar perusahaan, tidaklah dilarang, akan tetapi banyak yang belum bisa memulai usaha sampingan, lantaran faktor modal hingga waktu yang menjadi kendalanya.

Akan tetapi, untuk saat ini pun, usaha sampingan bisa dilakukan dengan modal yang terbilang sedikit dan waktu yang flexible juga. Banyak sekali yang memiliki anggapan bahwa memulai suatu usaha haruslah memiliki banyak modal agar berjalan dengan lancar.

Usaha Sampingan Karyawan

Memang tidak dipungkiri modal merupakan faktor penting, akan tetapi besarnya suatu modal bukanlah hal mutlak yang harus dimiliki agar bisa memulai suatu usaha.

Berikut ini merupakan beberapa jenis usaha sampingan karyawan yang bisa dijalankan dengan modal kecil.

Jenis Usaha Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil


1. Usaha Laundry

Banyaknya orang yang terlalu sibuk denga dunia kerja, membuat mereka mengabaikan urusan mencuci pakaian, sehingga cucian kotor pun terbengkalai.

Hal ini sebenarnya bisa dijadikan sebuah peluang usaha untuk emmbuka jasa laundry. Anda bisa membuka jasa mencuci, hingga menyetrika pakaian. Anda harus memperhatikan pangsa pasar agar nantinya usaha anda banyak diminati oleh para pelanggan.

Misalnya anda membuka jasa laundry di sekitar area kampus, atau kost-kostan karyawan.

Untuk memulai usaha laundry dari nol, asumsinya rincian modalnya adalah anda memerlukan modal kisaran 7,5 juta untuk membeli peralatan usaha laundry kiloan, diantaranya mesin cuci satu tabung otomatis beserta sabun hingga pewangi dan juga peralatan menyetrika, serta berbagai perlengkapan pendukung yang lainnya.

Usaha laundry kiloan untuk pemula ini sangat cocok untuk seorang karyawan yang memiliki shift kerja, sehingga anda bisa mengatur waktu sedemikian hingga.

Jika anda tidak memiliki cukup waktu, anda bisa mengajak rekan atau orang lain untuk memulai usaha ini bersama agar usaha dan pekerjaan anda sebagai karyawan tetap berjalan.

2. Usaha Pulsa Elektrik

Banyaknya pengguna seluler, bisa pula menjadi sebuah peluang usaha tersendiri, menjual pulsa elektrik sangat berpotensi banyak peminatnya. Karena pulsa elektrik sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok tersendiri untuk para pengguna telpon seluler.

Untuk memulai menjalankan bisnis ini,anda hanya memerlukan modal yang tidak begitu banyak. Cara jualan pulsa adalah dengan handphone sendiri yang kita punya dan juga saldo deposit pulsa tentunya, anda sudah bisa menjalankan bisnis ini.

Selain cara manual seperti di atas, kini juga sudah tersedia banyak sekali aplikasi jualan pulsa gratis sehingga anda dapat jualan pulsa secara online tanpa modal all operator dengan harga yang murah.

Dan juga bisnis pulsa elektrik bisa dilakukan dimanapun, tanpa perlu terpaku pada satu tempat saja. Sehingga cara berjualan pulsa ini dapat dilakukan oleh pemula.

Sehingga, jika suatu saat bisnis anda ini sudah sukses, anda bisa menjadi agen pulsa dengan distributor pulsa terluas yang memiliki server pulsa, serta menjual berbagai voucer pulsa seperti pulsa listrik atau token listrik hingga voucher game.

3. Menjual Makanan

Makanan memang merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Biasanya karena terlalu sibuk, banyak orang yang tidak sempat menyiapkan sarapan, terutama bagi karyawan perusahaan.

Hal ini bisa menjadi peluang usaha untuk menjual menu sarapan, seperti misalnya bubur ayam atau gorengan. Modal yang diperlukan pun tidak banyak.

Anda juga bisa berjualan makanan unik dan kreatif yang terkenal di daerah lain untuk di aplikasikan di lingkungan anda. Cari tau resep makanan ringan unik tersebut untuk dijual, sehingga selain anda mudah membuatnya, anda juga akan mudah untuk menjualnya.

Usaha makanan unik dan kreatif ini dapat dilakukan dengan modal yang relatif kecil, hanya kisaran 2 juta rupiah hingga 4 juta untuk membeli berbagai macam kebutuhan serta peralatan pendukung jualan yang lainnya.

Usaha sampingan ini juga salah satu usaha rumahan, sehingga dapat anda jalankan di rumah dengan modal kecil dan menjanjikan.

4. Membuat Blog

Anda bis membuat blogger dengan memposting hal-hal yang berkualitas. Hal ini nantinya akan menaikan rating blog anda.

Anda bisa mendaftar google adsense agar nantinya anda bisa menghasilkan uang lewat postingan-postingan di blog anda. Selain itu, modal yang diperlukan pun tidaklah banyak.

Anda bisa menggunakan situs blog gratis seperti Blogspot.com atau bisa membeli domain yang berbayar. Selain itu, koneksi data internet juga merupakan modal penting untuk membuat blogger.

Banyak sekali berkeliaran di internet mengenai cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula dengan google adsense tanpa modal. Apakah anda tidak percaya blog bisa menghasilkan uang?

Silahkan kunjungi blog www.mastimon.com, blog milik mas Timon Adiyoso ini adalah salah satu contoh blog yang menghasilkan uang. Add saja Facebook mas Timon Adiyoso untuk berkonsultasi, saya jamin beliau ini adalah orang yang asik dan tidak menggurui.

Contoh blog bisnis online lainnya yaitu Arlina Design, Kompi Ajaib, Bung Franky, dan masih banyak lagi. Mereka ini adalah master di bidangnya, sehingga bukan hanya ngeblog, tapi juga jualan template untuk blog yang keren dan SEO Friendly.

5. Usaha Cuci Motor

Banyaknya pengguna sepeda motor untuk saat ini pun bisa menjadikan sebuah peluang usaha. Anda bisa membuka jasa cuci motor, karena tidak semua orang bisa sempat mencuci motornya sendiri, dengan peralatan yang sederhana, anda sudah bisa membuka jasa cuci motor.

Trik jitu usaha cuci motor adalah dengan menyediakan ruang tunggu yang baik, cuci yang bersih, serta bonus kepada pelanggan. Bonus bisa dibuat ketika pelanggan mencuci 5 kali di tempat anda dalam waktu 1 bulan, maka akan mendapatkan gratis cuci 1 kali.

Desain tempat cuci motor tidak perlu yang mewah, asalkan bersih serta tempat menunggu yang nyaman, pelanggan juga sudah bersyukur.

Modal usaha cuci motor sederhana tidaklah mahal, hanya dengan menyediakan peralatan usaha cuci motor berupa shampoo cuci motor, semir ban, kompresor, kain lap, dan juga pompa air, usaha cuci motor anda sudah bisa berjalan.

Mesin cuci motor berupa kompresor juga tidak usah yang terlalu besar, bahkan, jika anda mau lebih berhemat lagi, ada cukup menggunakan tempat penampungan air yang disalurkan dengan pompa air.

Selain usaha cuci motor, tawarkan juga jasa cuci helm kepada pelanggan, siapa tahu pelanggan juga akan mencuci helmnya di tempat anda.

Itulah beberapa jenis usaha sampingan bagi karyawan yang bisa anda lakukan dengan modal sedikit. Selain itu, teknik promosi yang bagus dan juga cerdas membaca peluang pasar sangat berpotensi menghasilkan usaha anda menjadi lancar. Semoga bermanfaat.

Cari Artikel Lainnya Di Sini

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui paypal atau dengan membagikan artikel ini agar semakin banyak orang yang merasakan manfaatnya. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.tulisanndeso.com - Terima kasih :)