Skip to main content

10 Band Rock Terkenal dan Tersukses di Dunia

Tulisan Ndes, 10 Band Rock Terkenal dan Tersukses di dunia - Ada yang suka dengan Musik Rock?

Music Rock adalah Genre musik yang cukup banyak diminati.

Rock melahirkan band-band jaman dulu dengan mahakarya yang bisa kita kenang sampai sekarang.

Mungkin bagi sebagian orang, Rock tidak berarti apa-apa. Hanya teriakan gak jelas dan alunan gitar yang memekakkan telinga. Tapi bagi fans Rock lainnya, Rock mempunyai kesan tersendiri.

Band Rock juga gak kalah tenar kok dengan Band jaman sekarang. Siapa sih yang gak kenal Queen? Guns' n Roses? The Beatles?

Rock Band

Langsung saja kita lihat siapa saja band-band tersebut.

10 Band Rock Terkenal dan Tersukses di Dunia

1. The Beatles

Band rock tersukses yang pertama ialah The Beatles. The Beatles adalah band terkenal asal kota Liverpool, Inggris. Bisa dibilang The Beatles adalah band paling besar dan paling populer sepanjang masa.

The Beatles beranggotakan John Lennon, Paul McCartney, Geroge Harrison dan Ringo Starr. Beberapa lagu terbaik The Beatles antara lain seperti Yesterday, Let It Be, I Want to Hold Your Hands, She Loves You, Help, A Day in the Life, Twist and Shout dan lain-lain.

Statement yang menghebohkan keluar dari mulut John Lennon. "Kini, kami lebih jauh populer ketimbang Yesus." Ucapnya dalam wawancara London Evening.

Nasib naas menimpa Lennon. Ia ditembak oleh fans nya sendiri, Mark David Chapman beberapa jam setelah ia meminta tanda tangan Lennon.

2. Nirvana

Nirvana adalah band rock Amerika yang dibentuk oleh penyanyi dan gitaris Kurt Cobain dan bassist Krist Novoselic di Aberdeen, Washington, pada tahun 1987. Nirvana berhasil melewati suksesi drumer, Dave Grohl yang terpanjang yang bergabung pada tahun 1990.

Kurt Cobain yang kecanduan heroin ditambah depresi masa kecilnya, cobain menggunakan heroin untuk terakhir kalinya pada 5 april 1994. Ia menembakkan senjata ke kepalanya sendiri. Mendengar hal itu, sontak fans fanatik cobain terkejut dan mengikuti jejaknya dengan bunuh diri massal.

Meskipun hanya merilis tiga lagu Album studio full-length dalam karir tujuh tahun mereka, Nirvana telah dianggap sebagai salah satu band alternatif yang paling berpengaruh dan penting dalam sejarah.

3.The Rolling Stones

Rolling Stones adalah band rock Inggris yang dibentuk di London, Inggris pada tahun 1962. Rangkaian stabil pertama terdiri dari Brian Jones (gitar, harmonika), Mick Jagger (vokalis), Keith Richards (gitar, vokal pendukung), Bill Wyman (bass), Charlie Watts (drum), dan Ian Stewart (piano).

Stewart telah dihapus dari line-up resmi pada tahun 1963 namun berlanjut sebagai anggota tur sampai kematiannya pada tahun 1985.

Jones meninggalkan band ini kurang dari sebulan sebelum kematiannya pada tahun 1969, setelah digantikan oleh Mick Taylor, yang tinggal sampai 1974 Setelah Taylor meninggalkan band, Ronnie Wood menggantikannya pada tahun 1975 dan pernah bermain gitar bersama Richards sejak saat itu.

Setelah keberangkatan Wyman pada tahun 1993, Darryl Jones bergabung sebagai bassis tur mereka. Tur keyboardis untuk band ini adalah Nicky Hopkins (1967-1982), Ian McLagan (1978-1981), Billy Preston (sampai pertengahan 1970an) dan Chuck Leavell (1982-sekarang).

Band ini pertama kali dipimpin oleh Brian Jones, namun setelah berkembang menjadi penulis lagu band ini, Jagger dan Richards mengambil alih kepemimpinan sementara Jones menangani masalah hukum dan pribadi.

Label yang menaungi band rock ini diantaranya Decca, London, Rolling Stones,Virgin, ABKCO, Interscope Polydor dan sudah menghasilkan karya terbaiknya berjudul (I Can't Get No) Satisfaction, Paint It Black, Brown Sugar, Jumpin' Jack Flash, Sympathy of the Devil dan lain-lain.

4. Led Zeppelin

Led Zeppelin adalah band rock Inggris yang dibentuk di London pada tahun 1968. Kelompok ini terdiri dari gitaris Jimmy Page, penyanyi Robert Plant, bassist dan keyboardist John Paul Jones, dan drummer John Bonham.

Band yang Rock, suara gitar-driven telah menyebabkan mereka untuk dikutip sebagai salah satu nenek moyang Hard Rock, Gaya mereka menarik dari beragam pengaruh, termasuk blues, psychedelia, dan musik rakyat.

Band ini memiliki genre Hard rock, blues rock, folk rock, heavy metal yang dinaungi oleh label Atlantic dan Swan Song dengan karya terbaiknya adalah Kashmir, Whole Lotta Love, Black Dog, Ramble On dan tentu saja Stairway to Heaven.

5. Queen

Queen adalah band rock Inggris yang terbentuk di London pada tahun 1970. Serial klasik mereka adalah Freddie Mercury (vokal, piano), Brian May (gitar utama, vokal), Roger Taylor (drum, vokal), dan John Deacon (bass gitar).

Pentolan Queen mempunyai kelainan, yakni mempunyai selera seksual kepada sesama jenis (homoseksual). Kelainannya ini menimbulkan penyakit AIDS yang menghantarkan nyawanya ke kematian. Freddie tewas pada 24 November 1991.

Karya-karya paling awal dari Queen dipengaruhi oleh rock progresif, hard rock dan heavy metal, namun band ini secara bertahap memberanikan diri untuk melakukan karya yang lebih konvensional dan radio-friendly dengan menggabungkan gaya lebih lanjut, seperti rock arena dan rock pop ke dalam musik mereka.

Beberapa label yang pernah menaunginya adalah EMI, Parlophone, Elektra, Capitol, Hollywood island dengan karya terbaiknya berjudul Bohemian Rhapsody, Love of My Life, We Will Rock You, I Want to Break Free, We are the Champions, dan lain-lain.

6. Bon Jovi

Bon Jovi adalah kelompok musik rock dari Sayreville, New Jersey, Amerika Serikat. Mereka telah menjual lebih dari 40 juta album di Amerika Serikat dan lebih dari 120 juta keping album di seluruh dunia sejak berdirinya pada tahun 1983.

Bon Jovi saat ini terdiri dari Vokalis Jon Bon Jovi, Keyboardist David Bryan, Drummer Tico Torres, Gitaris Phil X, dan Bassist Hugh McDonald. Berikut adalah karya karya terbaik Bon Jovi diantaranya Always, Bed Of Roses, Its My Live, Livin' on A Prayer, Never Say Goodbye, dan masih banyak yang lain.

Bon Jovi juga sempat memperkenalkan dan mensponsori band band rock yang tak kalah hebat seperti Cinderella dan Skid Row.

7. Deep Purple

Deep Purple adalah band rock Inggris yang dibentuk di Hertford pada tahun 1968. Band ini dianggap sebagai salah satu pelopor heavy metal dan hard rock modern, meskipun pendekatan musik mereka berubah selama bertahun-tahun.

Awalnya dibentuk sebagai band rock progresif, band ini beralih ke suara yang lebih berat pada tahun 1970. Deep Purple, bersama dengan Led Zeppelin dan Black Sabbath, telah disebut sebagai "trinitas hard rock Inggris dan pada awal hingga pertengahan tujuh puluhan".

Mereka terdaftar dalam Guinness Book of World Records 1975 sebagai "band paling keras dunia" untuk sebuah konser di Teater Pelangi London tahun 1972, dan telah menjual lebih dari 100 juta album di seluruh dunia.

Genre musik band ini adalah Hard Rock, Heavy Metal, Progressive Rock, Psychedelic Rock (early). Label yang pernah menaunginya Tetragrammaton Warner Bros dan Polydor BMG EMI Edel. Lagu terbaiknya Soldier of fortune, Burn, Highway Star dan lain-lain.

8. AC/DC

AC/DC adalah kelompok musik hard rock yang dibentuk di Sydney, Australia pada November 1973 oleh rhythm guitarist Malcolm Young dan saudaranya lead guitarist Angus Young.

Band ini telah menjual lebih dari 150 juta keping album di seluruh dunia. Album mereka dari tahun 1980, Back in Black, terjual 42 juta keping di dunia (21 juta di Amerika Serikat saja).

AC/DC juga telah memiliki dua lead singers, dan penggemarnya terbagi dua antara penggemar "Bon Scott era" (1974-80), dan "Brian Johnson era" (1980-sekarang)

Bon scott menurut gw mempunyai suara yang gile abis. Nada tinggi bisa dicapai ditambah serak basah nya ,membuat lagu lagu nya sangat sulit untuk di cover. Ditambah dengan aksi Gitaris Angus Young, yang selalu jingkrak jingkrak kaya orang kesurupan.

9. Pink Floyd

Pink Floyd adalah band psychedelic rock dan Progressive rock pada tahun 1971 asal Inggris yang terkenal karena komposisi lagu-lagunya yang bergaya bombastis, lirik lagunya yang berbau filosofis, sampul-sampul albumnya yang indah dan konser-konsernya yang megah.

Group band rock ini juga merupakan salah satu kelompok musik rock yang paling sukses secara komersil, pada saat ini berada di peringkat ketujuh dalam jumlah album terjual di seluruh dunia. Mereka dibentuk pada 1965 dan terakhir merekam album studio pada tahun 2014.

Pink Floyd sangat terkenal di tahun 70an. Lagu-lagu terkenal dari Pink Floyd antara lain seperti Wish You Were Here, Another Brick at the Wall, Money, Comfortably Numb, Time dan masih banyak lagi.

Album The Dark Side of the Moon menjadi salah satu puncak karir dari Pink Floyd yang menjadikannya sebagai salah musisi legendaris.

10. Guns N 'Roses

Siapa sih yang gak kenal GNR? Guns N 'Roses, yang sering disingkat GNR, adalah band hard rock Amerika dari Los Angeles, California, dibentuk pada tahun 1985.

Serial ini, ketika pertama kali masuk ke Geffen Records pada tahun 1986, terdiri dari vokalis Axl Rose, gitaris utama Slash, gitaris ritme Izzy Stradlin, bassis Duff McKagan, dan drummer Steven Adler.

Suara Axl Rose sangatlah khas, terkesan unik dan tinggi. Tetapi menurut sebagian orang, suara Axl tanpa sayatan gitar Slash terdengar sangat mengganggu dan menyakitkan telinga.

Tak ada Axl, tak ada GNR. Tak ada Slash, tak ada GNR. Tak epik rasanya jika tak ada salah satu diantaranya

Guns N 'Roses telah merilis enam album studio, mengumpulkan penjualan lebih dari 100 juta rekaman di seluruh dunia, termasuk 45 juta di Amerika Serikat.

Karya-karya Axl sampai saat ini masih bisa anda dengarkan. Pecahnya grup ini diakibatkan oleh perbedaan pendapat antara Axl dan Slash.

Label: Geffen, Uzi Suicide , black frog. Lagu terbaik: Sweet Child O'Mine, November Rain, Welcome to the Jungle, Paradise City dan lain-lain.

Nah, dari 10 Band Rock tersebut di atas, manakan yang menjadi favoritmu?

SUMBER : https://web.facebook.com/groups/Ensiklopediabebas2/permalink/295508327807186/
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar