Perlengkapan yang Harus Dimiliki dan Dibawa Saat Musim Hujan


Tulisan Ndeso Mencari Penulis Tamu
Tulisan Ndeso, Perlengkapan yang Harus Dimiliki dan Dibawa Saat Musim Hujan - Musim hujan sering kali membuat kita jengkel karena lebih sering terhalang ketika akan melakukan aktivitas, khususnya bagi anda yang memang berpergian menggunakan sepeda motor atau kendaraan umum.

Bisa-bisa anda telat pergi dan pulang kerja atau sekolah karena menunggu hujan reda.

Sebenarnya, asalkan anda memiliki perlengkapan perang untuk hujan yang tepat, resiko kehujanan tidak akan bisa menghalangi anda untuk dapat beraktivitas normal seperti ketika tidak terjadi hujan.

Apa saja perlengkapan perang untuk menghadapi hujan?

Nah, langsung saja lihat perlengkapan musim hujan apa saja yang akan anda perlukan saat terjadi hujan.

Perlengkapan Hujan

Perlengkapan untuk Menghadapi Hujan

1. PAYUNG

Apa satu kata yang selalu terpikirkan pas musim hujan? Jawabannya pasti payung.

Mutlak deh, perlengkapan yang satu ini mesti selalu dibawa ketika musim hujan tiba. Soalnya, anda tidak akan pernah tahu kapan waktu atau saat kita memerlukannya.

Seperti kata pepatah terkenal, “Sedia Payung Sebelum Hujan”. Kalau sudah hujan belum punya payung, itu jelas salah anda sendiri.

Sebaiknya, anda mencari payung yang berukuran tidak terlalu besar agar dapat disimpan di dalam tas setiap saat, misalnya payung lipat seperti Edelweiss UM-8406 Payung Golf Lipat.

Payung berdiameter 124 cm ini juga cocok digunakan untuk menangkal matahari karena dilapisi dengan silver anti-ultra violet, sangat cocok digunakan ketika hujan maupun kegiatan outdoor.

2. JAS HUJAN

Khususnya bagi anda para pengendara motor, jas hujan tidak boleh dilupain ketika musim hujan tiba.

Jangan sampai anda malah sibuk mencari tempat berteduh tiap kali hujan datang, apalagi berteduh di bawah jembatan laying yang pasti akan membuat jalanan macet.

Selain menghambat perjalanan orang lain, ujung-ujungnya perjalanan anda sendiri jadi makin lama dan repot.

Solusinya adalah dengan mencari jas hujan yang modelnya setelan. Jenis jas hujan ini membuat perjalananmu lebih aman dan penampilanmu lebih baik setiba di tempat tujuan.

Dengan model atasan dan bawahan, pakaianmu akan terlindungi lebih optimal.

Selain itu, jas hujan model setelan atas bawah juga lebih aman dibandingkan dengan model Ponco sangat berbahaya untuk pengguna motor, karena bisa saja sisa kain atau bahan jas hujan masuk ke dalam rantai atau jeruji motor dan membahayakan anda atau pembonceng motor.

3. PONCO

Seperti disebutkan di atas, fungsinya sih hampir mirip seperti jas hujan, namun ini lebih cocok digunakan untuk pejalan kaki agar tertutup seluruh badan.

Kelebihan ponco adalah lebih simpel buat disimpan sehingga selalu siap ketika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Tapi, jangan sembarangan memilih ponco. Carilah ponco yang bahannya tebal agar tidak mudah rusak. Kan, nggak lucu kamu pakai ponco plastik yang terlalu tipis terus robek di jalan dan kamu tetap kebasahan karena hujan.

Pilihlah ponco yang tidak terlalu besar agar anda tetap terlihat keren meski dalam kondisi kehujanan.

4. COVER BAG

Badan yang terlindung dari hujan belumlah cukup! Barang-barang bawaanmu juga perlu perlindungan dari air hujan. Apalagi, kalau di dalam tas anda banyak peralatan elektronik, sudah jelas tas anda tidak boleh kehujanan.

Dengan Cover Bag, anda tidak perlu khawatir basah ketika kehujanan. Untuk itulah, anda perlu cover bag.

Jadi, lapisi tas anda dengan cover bag sehingga barang-barang di dalamnya pasti aman dari basah.

5. PELAPIS SEPATU

Selain badan dan barang-barang dalam tas anda, sepatu juga akan kotor kena cipratan air ketika sedang di jalan, naik motor ataupun jalan kaki.
Padahal anda harus sampai di tempat tujuan dengan keadaan rapi dan bersih. Ditambah lagi anda harus tetap datang tepat waktu, meski dalam keadaan kehujanan.

Anda tidak perlu bingung! Anda tetap bisa datang tepat waktu dengan penampilan rapi sampai ke ujung sepatu asal memakai pelapis sepatu.

Sama seperti jas hujan, pelapis sepatu ini bisa melindungi sepatu anda agar nggak kebasahan atau kena cipratan air.

Nggak perlu khawatir lagi kan sama musim hujan? Dengan perlengkapan yang pas, anda tetap bisa beraktivitas normal.

Peralatan perang untuk menghadapi hujan ini pun bisa membuatmu terhindar dari sakit ataupun diketawain orang karena basah kuyup.

Makanya, segera miliki semua perlengkapan perang pada musim hujan tersebut di atas agar anda tetap bisa menjalani hidup dengan keren.

Selain itu, bagi anda seorang muslim, ketika hujan tiba, hendaknya berdoa sesuai doa yang pernah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Doa Ketika Turun Hujan

Berdo’a Ketika Turun Hujan: "Allahumma shoyyiban nafi’an"

Riwayat dari Ummul Mukminin, ’Aisyah radhiyallahu ’anha,

إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” [Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]”. (HR. Bukhari no. 1032)

Ibnu Baththol mengatakan, ”Hadits ini berisi anjuran untuk berdo’a ketika turun hujan agar kebaikan dan keberkahan semakin bertambah, begitu pula semakin banyak kemanfaatan.” (Syarh Al Bukhari, Ibnu Baththol, 5: 18, Asy Syamilah)

Turun Hujan Waktu Mustajab untuk Berdo’a

Begitu juga terdapat hadits dari Sahl bin Sa’d, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

“Dua do’a yang tidak akan ditolak: [1] do’a ketika adzan dan [2] do’a ketika ketika turunnya hujan.” (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan. Lihat Shohihul Jaami’ no. 3078).

Semoga Bermanfaat

SUMBER : https://rumaysho.com/3759-doa-ketika-turun-hujan.html

Cari Artikel Lainnya Di Sini

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui paypal atau dengan membagikan artikel ini agar semakin banyak orang yang merasakan manfaatnya. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.tulisanndeso.com - Terima kasih :)