Skip to main content

Cara dan Pertolongan Pertama Menangani Gigitan Ular Berbisa

Tulisan Ndeso, Bagaimana cara menangani gigitan ular berbisa? - Ular adalah hewan yang hidup disekitaran manusia, baik di sungai maupun sekeliling rumah.

Keberadaannya kadang mengganggu, terlebih jika ular tersebut memiliki racun atau berbisa.

Jangankan karena kita menyerang ular tersebut, jika kita tidak sengaja membuatnya terganggu, maka bisa saja ular tersebut menggigit kita.

Lantas, bagaimanakah jika kita tergigit oleh ular berbisa? Pertolongan seperti apa yang sebaiknya kita lakukan? Serta apa saja yang tidak boleh dilakukan ketika tergigit ular berbisa? Simak penjelasannya berikut ini

Digigit Ular

Pertolongan Pertama Jika Digigit Ular Berbisa

1. Tetap tenang, dan usahakan untuk mengingat tempat kejadian, jenis, warna, serta ukuran ular.
2. Penderita diharapkan untuk beristirahat dan meminimalisir gerakan.
3. Letakkan tempat gigitan lebih rendah dari posisi tubuh lainnya.
4. Bersihkan tempat gigitan, hindari membilas dengan air, kemudian tutup dengan kain kering yang bersih.
5. Lepaskan cincin atau jam tangan dari anggota tubuh yang digigit, supaya tidak memperparah anggota tubuh yang membengkak.
6. Longgarkan pakaian yang dipakai, namun tidak usah sampai melepasnya.
7. Segera cari pertolongan medis.

Cara Agar Racun Tidak Menyebar Luas pada Tubuh

1. Pertama sediakanlah minyak goreng bersih sebanyak 1 sendok makan.
2. Lalu ambil kain perca kemudian robek dalam ukuran agak besar kain/baju yang sudah tidak layak pakai yang bahannya dari benang atau kapas. Jangan memakai kain berbahan nilon.
3. Sediakan satu buah korek api.
4. Gulung kain perca, kemudian celupkan ujungnya kedalam minyak goreng. Kemudian bakar bagian yang basah oleh minyak. Biarkan beberapa saat sampai api menyala, kemudian cambukan pelan-pelan kebagian yang digigit atau yang luka oleh benda berkarat. Cambukkan pada luka sebanyak 8 – 10 kali, jangan lebih dari 10 kali, karena bisa menyebabkan luka bakar.
5. Setelah Anda melakukan pertolongan pertama, segera ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk dilakukan pengobatan lebih lanjut.

Apa yang tidak boleh dilakukan saat digigit ular berbisa?

1. Memanipulasi luka, baik dengan cara menyedot bisa ular dari tempat gigitan, atau menyayat kulit agar bisa keluar bersama darah.
2. Menggosok dengan zat kimia, atau mengompres dengan air panas atau es pada luka gigitan.
3. Mengikat atau memberi torniket terlalu keras pada luka gigitan. Beberapa sumber menyebutkan pemasangan torniket bisa diberikan di bawah 30 menit pertama apabila timbul gejala cepat dan tidak ada anti-bisa.
4. Minum minuman alkohol atau kopi.
5. Mencoba mengejar dan menangkap ular (jangan sampai anda tergigit untuk kedua kalinya).

Pertolongan pertama ini sifatnya tidak menyembuhkan, hanya sebagai pertolongan darurat saja, sehingga peranan dokter dan medis lah yang akan memmberikan pengobatan sesuai prosedur.

Semoga Bermanfaat :)

SUMBER : https://web.facebook.com/KesehatanHolistikID/posts/2051678965112001
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar