Pertolongan Pertama saat Terkena Knalpot Panas


Tulisan Ndeso Mencari Penulis Tamu
Tulisan Ndeso, Penanganan Jika Kulit Terkena Knalpot Panas - Bagi pengendara motor, terik panasnya matahari sudah menjadi hal lumrah.

Terlebih jika anda berkendara jauh dari satu tempat ke tempat lainnya, pasti akan sangat panas dan gerah bukan?

Bukan hanya teriknya matahari, panasnya knalpot motor anda juga bisa membuat anda "gerah" jika anda lalai dan terkeda di kulit anda meskipun di knalpot tersebut sudah dipasang pelindung.

Kejadian kena knalpot saat mesin menyala atau knalpot sedang panas tentunya sering terjadi. Bagian tubuh yang biasanya terkena knalpot panas adalah kaki.

Kulit yang terkena panasnya knalpot akan menimbulkan luka bakar hingga melepuh.

Knalpot Panas

Pengelompokan Jenis Luka Bakar terkena Knalpot Panas

Berdasarkan kedalaman luka kulit yang terkena knalpot dan dapat di bagi menjadi 3 bagian.
DERAJAT 1

Daerah kulit yang terkena panas knalpot hanya bagian luar dari kulit (epidermis). Kulit nampak kemerahan yang disertai rasa nyeri, dan tidak melepuh (bula). Tanpa penanganan pun biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 2-5 hari dan biasanya tidak menimbulkan bekas.
DERAJAT 2

Daerah yang terkena panas knalpot mengalami kerusakan lebih dalam dari derajat satu yaitu mengenai lapisan kulit epidermis dan dermis. LUka berwarna kemerahan dan tampak pucat disertai kulit melepuh (Bula). Nyeri yang di timbulkan juga lebih sakit dibandingkan derajat satu.
DERAJAT 3

Daerah yang terkena panas knalpot mengalami kerusakan sangat dalam. mulai dermis epidermis dan subkutis mengalami kerusakan. daerah yang terkena sudah tidak melepuh lagi tetapi mengelupas. dan nyeri yang di timbulkan malahan tidak seberapa karena sel sel syaraf mengalami kerusakan.

Penanganan Luka Pada Kulit yang Terkena Knalpot

1. Jangan Panik dan tetap tenang, meskipun anda meringis kesakitan :D
2. Gunakan air kran yang mengalalir untuk menyiram luka kurang lebih selama 5-10 menit. Bila memungkinkan gunakanlah air matang karena lebih bersih. Hal ini akan mengurangi nyeri dan mencegah meluasnya area kulit yang rusak.
3. Bila kulit yang terkena mengalami kerusakan derajat dua, usahakan lepuhan kulit jangan sampai pecah. Bila sudah terlanjur pecah berikan obat untuk mencegah infeksi dan tutup luka dengan kasa steril. Obat yang digunakan sepert Supratulle®, daryantulle®, bioplacenton tulle® dan yang lainnya
4. Bila kerusakan kulit pada derajat tiga segera tutup dengan kasa steril kemudian bawa ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Hal yang Harus di Hindari Saat Terkena Knalpot

1. Menggunakan air es / air dingin dari lemari es untuk menyiram area yang terkena knalpot, karena perbedaan suhu yang drastis malah bisa merusak jaringan.
2. Mengoleskan pasta gigi, mentega, mentega, minyak, kecap, dan yang lainnya. Karena bahan bahan tersebut akan meningkatkan resiko infeksi pada luka.
3. Memecahkan gelembung kulit yang timbul. Luka yang menggelembung merupakan proses pertahanan tubuh dan proses penyembuhan luka jadi tidak perlu di khawatirkan.
4. Membalut luka dengan kapas (bila kulit yang melepuh pecah) karena kapas dapat menempel pada luka dan bisa membuat infeksi.

Penanganan luka terhadap kulit yang terkena knalpot panas ini mirip dengan pertolongan pertama saat tersiram air panas di artikel sebelumnya. Semoga Bermanfaat.

SUMBER : https://web.facebook.com/KesehatanHolistikID/posts/2051678965112001

Cari Artikel Lainnya Di Sini


Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui paypal atau dengan membagikan artikel ini agar semakin banyak orang yang merasakan manfaatnya. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.tulisanndeso.com - Terima kasih :)