Skip to main content

Pertolongan Pertama Ketika Disengat Kalajengking

Tulisan Ndeso, Pertolongan Pertama Ketika Disengat Kalajengking - Kalajengking adalah sekelompok hewan beruas dengan delapan kaki (oktopoda) yang termasuk dalam ordo Scorpiones dalam kelas Arachnida.

Kalajengking masih berkerabat dengan ketonggeng, laba-laba, tungau, dan caplak.

Ada sekitar 2000 jenis kalajengking. Mereka banyak ditemukan selatan dari 49° U, kecuali Selandia Baru dan Antarktika (Wikipedia).

Semua spesies kalajengking berbisa. Jenis racunnya adalah neurotoksin (racun syaraf) ada satu jenis kalajengking berbisa sitotksi (racun sel), namun tak ada di Indonesia.

Sengatan kalajengking tidak berbahaya, hanya memberikan efek lokal di area yang disengat (rasa sakit, panas, nyeri dan bengkak).

Disengat Kalajengking

Ada 4 level sengatan kalajengking yang perlu kita ketahui agar bisa menangani dengan cepat. Saya mengambil informasi tips aman hadapi sengatan kalajengking dari Brilio.

Level Sengatan Kalajengking

1. Level 1, ukurannya lebih kecil, badan agak gemuk, warna coklat, spesies Liocheles Sp. Racun kalajengking jenis ini tidak berbahaya.
2. Level 2, Spesies Heterometrus Sp; ukuran lebih besar, warna hitam. Efek racunnya adalah panas, gatal-gatal dan bisa terjadi alergi.
3. Level 3, Lychas mucronatus yang berwarna Kuning. Kalajengking ini lebih berbahaya karena bisa menyebabkan demam 1-2 hari.
4. Level 4, Lychas mucronatus selain berwarna Kuning, yang racunnya bisa mematikan. Berita baiknya, spesies ini tidak ada di Indonesia.

Sekedar informasi, kalajengking yang ada di Indonesia adalah spesies 1, 2 dan 3.

Bagaimana rasanya disengat Kalajengking dan pertolongannya?

Saat disengat kalajengking, rasanya panas, dan nyeri. Sakiiitt…. Tapi saya tak boleh berlama-lama menahan sakit. Berikut ini 4 cara pertolongan pertama saat disengat Kalajengking.

Pertolongan Pertama Ketika Disengat Kalajengking

1. Anda harus tenang. Jika panik, racun akan lebih cepat menyebar.
2. Segera cuci bagian yang disengat kalajengking dengan sabun dan air mengalir. Gosok pelan di sekitar sengatan. Hasilnya rasa nyeri sangat berkurang, namun rasa panas menyebar ke bagian yang terkena gosok.
3. Minum susu putih (untuk pertumbuhan Destin dan Binbin), hangat-hangat, harapan saya jika ada efek racun, akan terminimalisir. Baiknya minum air kelapa muda, sih.
4. Oles bagian yang panas dengan Nutrimoist CNI yang mampu menyerap panas pada kulit akibat luka bakar, melepuh atau bengkak akibat sengatan serangga.
5. Minum obat anthistamin atau acetaminophen untuk meredakan leher kepala agak kaku dan badan sedikit demam

Efek racun kalajengking sangat berpengaruh pada berat badan seseorang. Semakin besar, efeknya semakin samar.

Jika melihat ciri fisiknya, yaitu kalajengking muda, berwarna kuning, dengan tubuh lebih ramping, kelihatannya jenis spesies Lychas mucronatus yang berada di level 3.

Berhati-hatilah jika anda berada dalam rumah atau tempat yang asing, bisa saja anda menjadi sasaran empuk Kalajengking ini. Semoga Bermanfaat.

SUMBER : https://www.facebook.com/KesehatanHolistikID/posts/2051678965112001
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar