Skip to main content

Pertolongan Pertama Jika Tersiram Air Panas atau Luka Bakar

Tulisan Ndeso, Apa yang harus dilakukan saat kita tersiram air panas? - Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti pernah merebus air, baik digunakan untuk menyeduh minuman atau untuk keperluan lainnya.

Tidak jarang, air panas yang kita rebus tadi sering mengenai kulit kita sehingga membuat kulit melepuh.

Kulit melepuh tersebut jika tidak segera ditangani maka akan sangat mengganggu untuk digunakan saat beraktifitas.

Sebelum kita melakukan pertolongan pertama, sebaiknya kita mengetahui prinsip pertolongan pertama saat tersiram air panas.

Luka Bakar

Tujuan Pertolongan Pertama Terhadap Kulit yang Tersiram Air Panas

Mengurangi rasa sakit atau panas akibat tersiram air panas
Mencegah Kulit melepuh atau menghindari meluasnya kulit yang melepuh
Mencegah adanya resiko infeksi

Penanganan pertama saat tersiram dapat mencegah kerusakan lebih lanjut bagian tubuh yang tersiram dan juga dapat mencegah bekas luka. Karena bila penanganan yang salah dapat berakibat luka menjadi infeksi dan meninggalkan bekas luka yang sulit di sembuhkan.

Berikut Pertolongan Pertama Saat Tersiram Air Panas

1. Jangan panik dan tetap tenang, meskipun sedang kesakitan :D
2. Pada bagian tubuh yang tersiram air panas, aliri dengan air keran mengalir sekitar 5-10 menit. Bila memungkinkan gunakanlah air matang agar lebih bersih
3. Setelah itu keringkan secara perlahan dan berikan krim antibiotic pada bagian tubuh yang tersiram (anda dapat menemukannya di apotek atau toko obat terdekat)
4. Bila daerah yang tersiram air panas menjadi kemerahan namun tanpa adanya tanda-tanda melepuh, bekas tersiram air panas tadi tidak perlu di tutup, Bila melepuh atau lepuhannya sudah pecah berikan krim antibiotik dan tutup dengan kasa steril

Hal yang Harus di Hindari Saat Tersiram Air Panas

1. Merendam atau mengaliri kulit yang tersiram air pasnas menggunakan air es / air dingin dari lemari es. Perbedaan suhu antara air panas dan air dingin di kulit kita akan membahayakan karena malah bisa merusak jaringan.
2. Mengoleskan pasta gigi, mentega, mentega, minyak, kecap, dan yang lainnya. Karena bahan bahan tersebut akan meningkatkan resiko infeksi. Hal ini sering sekali kita dapatkan informasinya dari orang tua kita, hal tersebut terjadi karena ketidaktahuan mereka.
3. Memecahkan gelembung kulit yang timbul. Luka yang menggelembung merupakan proses pertahanan tubuh dan proses penyembuhan luka jadi tidak perlu di khawatirkan.
4. Membalut luka dengan kapas (bila kulit yang melepuh pecah). Hal ini akan membuat kapas menempel di kulit dan membuatnya menjadi tidak steril.

Bila area yang tersiram air panas sangat luas segera bawa ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Kotak P3K sebaiknya tersedia dirumah anda untuk mengantisipasi hal-hal seperti ini. Jika anda sudah memiliki krim antibiotik di kotak P3K rumah anda, maka akan membuat anda lebih tenang tanpa harus membelinya terlebih dahulu ke apotek saat tersiram air panas. Semoga Bermanfaat :)

SUMBER : https://web.facebook.com/KesehatanHolistikID/posts/2051678965112001
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar