Skip to main content

Cara Melakukan Hard Reset Smartphone Samsung

Tulisan Ndeso, Cara Terbaru Melakukan Hard Reset Smartphone Samsung - Pernahkah smartphone samsung kesayangan anda mengalami hang?

Hang akan sangat mengganggu apalagi ketika anda tengah asik memainkan smartphone.

Beberapa penyebab smartphone anda sering hang adalah ada memiliki terlalu banyak aplikasi tidak penting yang mengakibatkan terlalu banyak "sampah" dan cahce menumpuk sehingga memperlampat kinerja smartphone anda.

Penyebab lainnya adalah adanya virus berbahaya di smartphone anda, membuka tab browser terlalu banyak yang juga bisa memberatkan kinerja smartphone, hingga tidak mengupdate Aplikasi atau OS.

How To Hard Reset Smartphone Samsung

Jika smartphone anda mengalami hang yang terlalu sering, anda bisa mengatasinya dengan Hard Reset atau melakukan Reset secara paksa.

Cara Melakukan Hard Reset Smartphone Samsung Galaxy

Catatan : Proses Hard Reset ini seharusnya hanya dilakukan ketika semua percobaan reset pada smartphone Anda gagal. Backup terlebih dahulu data penting sebelum melakukan Hard Reset.

Metode Hard Reset berikut ini dilakukan untuk mengembalikan ke pengaturan awal sesuai pengaturan pabrik Samsung Galaxy milik anda.

Apa Itu Hard Reset?

Hard Reset adalah metode yang dilakukan secara paksa untuk mengembalikan ponsel ke pengaturan awal sesuai dengan pengaturan pabrik. Dengan mereset ponsel Anda, semua data personal seperti kata sandi, akun, kontak, dan file yang tersimpan akan dihapus dan anda seperti memiliki smartphone baru lagi.

Kapan Perlu Melakukan Hard Reset?

Proses hard reset perlu anda lakukan jika smartphone tiba-tiba berjalan lambat atau lemot, mengalami kerusakan karena mati secara tiba-tiba, atau Anda lupa dengan kata sandi untuk membuka smartphone Anda.

Proses hard reset ini juga direkomendasikan sebelum Anda menjual atau menukar smartphone kesayangan anda, karena semua data yang ada akan dibersihkan.

Proses hard reset ini tidak akan mempengaruhi data yang tersimpan di kartu memori Anda. Jika Anda hendak menghapus konten dalam kartu memori, anda bisa melakukannya melalui menu Settings > Storage > SD Card > Format.

Cara Backup Data Sebelum Hard Reset Smartphone Samsung

Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti MobileGo untuk menyimpan data penting anda sebelum melakukan hard reset.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan layanan backup yang sudah disediakan oleh Google dan sudah terintegrasi dengan Goolge, Backup, and Sync yang bisa anda gunakan untuk menyimpan foto, gunakan Google Photos, serta Google Drive untuk menyimpan pesan teks dan foto.

Melakukan Hard Reset di Samsung Galaxy

Matikan Smartphone Samsung anda, copot baterai smartphone anda, dan tunggu beberapa menit sebelum memasukkan ulang baterai ponsel.
Tekan tombol berikut ini secara berurutan [Power] + [Home] + [Volume Up] untuk merestart Smartphone Anda.

Hard Reset

Tunggu sampai layar Recovery booting muncul kemudian lepaskan tombol tersebut.
Gunakan [tombol Volume] untuk berpindah dari satu opsi ke opsi lain, pilih opsi Wipe data factory reset, lalu konfirmasikan pilihan Anda menggunakan tombol Power:

Wipe Data Factory

Smartphone Anda akan di-reboot.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar