Skip to main content

Template Blogger Fast Loading, Responsive, dan SEO Friendly

Tulisan Ndeso, Template Blogger Terbaik Fast Loading, Responsive, dan SEO Friendly - Google setiap tahunnya selalu melakukan update algoritma untuk mesin pencarian atau search engine.

Di tahun 2019 ini, update yang dilakukan google fokus kepada loading blog dan tampilan versi mobile.

Template blog yang memiliki loading cepat dan mobile friendly sangatlah direkomendasikan oleh google, sehingga akan mampu bersaing di mesin pencarian.

Google juga telah membuat versi AMP atau Accelerated Mobile Pages yaitu halaman sebuah web yang di desain secara khusus agar halaman tersebut lebih mobile friendly.

Ini merupakan salah satu project yang dilakukan oleh google dengan tujuan memberi pengalaman bagi pengguna internet demi kenyamanan serta kecepatan mengakses suatu blog atau situs dengan cepat.

Tampilan Blog Tulisan Ndeso

Mengapa harus mobile friendly? Karena di era digital ini 90% pengguna internet berselancar di dunia maya menggunakan perangkat berupa smartphone atau via mobile.

Bagaimana cara melihat template fast loading? Anda bisa mengeceknya di Google Page Speed Inside. Ada keterangan skor dari blog yang muncul dibawahnya yaitu Skala 90-100 artinya cepat, 50-89 artinya rata-rata, dan 0-49 yang berarti lambat.

Sedangkan cara untuk melihat template mobile friendly? Cek di halaman Google Mobile Friendly Test. Ketika template anda mobile friendly, maka akan ada keterangan "Page is mobile friendly. This page is easy to use on a mobile device".

Template Blogger Terbaik Fast Loading dan Responsive

Setelah menjabarkan penjelasan di atas, lantas template blog apa yang Fast Loading dan Mobile Friendly? Jawabannya adalah "SEO STARTER". Selain fast loading dan mobile friendly, jargon yang dibawa adalah Template Blog Standar SEO Google. Template tersebut adalah yang sekarang digunakan oleh blog Tulisan Ndeso.

Berikut ini adalah hasil screen shoot dari test yang dilakukan pada tanggal 3/1/2019.

Test Kecepatan Blog
Template Fast Loading
Template Fast Loading

Kecepatan blog template Seo Starter ini bisa mencapai 98 untuk versi mobile tanpa iklan, wow!. Blog Tulisan Ndeso ini mengalami penurunan karena ada sedikit otak-atik dari saya, selain itu saya juga menggunakan Lazy Load Adsense agar skornya tetap di atas 90.

Test Mobile Friendly Blog
Template Mobile Friendly
Template Mobile Friendly

Menurut salah satu postingan Seo Starter, jika anda menggunakan template ini, maka harus melakukan Setting Template Mobile di bagian Theme › Choose Mobile Theme, lalu pilih No. Show desktop theme on mobile devices agar tampilannya Mobile Friendly.

Test Responsive
Template Responsive
Template Responsive

Responsive ini dimaksudkan agar ketika blog kita di buka dari berbagai macam device dengan berbagai ukuran, maka tampilannya akan menyesuaikan ukuran dari device tersebut, sehingga tetap membuat nyaman para pembaca.

Selain tiga alasan tersebut di atas, tampilannya yang klasik dan simple juga bisa membuat saya jatuh hati. Mengenai tampilan memang tergantung dengan selera hati setiap pemilik blog, namun mengenai performa jelaslah harus sesuai dengan kriteria google.

Apakah ketika anda menggunakan template ini, visitor akan bertambah dan semua artikel anda menjadi page one? Belum tentu!.

Masih ada faktor lain yang dapat mempengaruhi, dari mulai cara menulis artikel anda serta beberapa kaidah "SEO" lainnya. Namun ketika anda menggunakan template ini, anda sudah melakukan apa yang direkomendasikan oleh Google, yaitu Fast Loading dan Responsive.

Template ini disediakan secara gratis sehingga anda dapat dengan mudah mendownloadnya, namun waktu itu saya membelinya secara premium sebagai bentuk apresiasi saya terhadap pembuatnya dan supaya bisa lebih leluasa untuk saya otak atik hehe..


Jika anda ingin membelinya secara premium, silahkan kontak pembuatnya langsung. Semoga artikel mengenai Template Blogger Terbaik yang Fast Loading, Responsive, dan SEO Friendly ini dapat bermanfaat untuk anda.
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar