Skip to main content

Soft Skills yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja Saat Ini

Tulisan Ndeso, Soft Skill yang Paling Dibutuhkan dalam Dunia Kerja - Manusia diciptakan dengan berbagai kelebihan dan kekurangan pada setiap orang, sehingga anda akan menemukan berbagai macam sifat hingga tingkah laku orang disekeliling anda.

Manusia memang unik, sehingga tidak akan ada orang yang benar-benar sama jika dibandingkan. Namun, ada hal yang hanya dimiliki oleh manusia yaitu akal dan rasa.

Mungkin akal atau kecerdasan bisa digantikan oleh Robot, namun tidak denan Rasa. Di era modern seperti sekarang ini, Robot datang untuk menjadi solusi dari optimalisasi, kecepatan, dan ketepatan dalam bekerja.

Robot bisa saja menggantikan manusia, andai saja manusia sudah tidak lagi memiliki Rasa. Namun tidak perlu khawatir, karena manusia masih sangat diperlukan karena adanya Rasa dalam dirinya.

Soft Skills Dalam Dunia Kerja

Selain Rasa, apa saja skill yang berguna dalam dunia kerja dan tidak bisa digantikan oleh Robot?

5 Soft Skill yang Paling Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

1. Kreativitas

Hal ini sering dicari atau menjadi pertimbangan paara manager saat mereka mencari bakat calon karyawannya.

Dengan adanya hati atau rasa dan akal, sebuah kreativitas dapat tercipta.

Kreativitas disini tidak selalu berhubungan dengan desain, bisa juga mengenai cara mendapatkan solusi baru dari suatu masalah hingga memberikan suatu kesimpulan terhadap ide-ide berbeda yang akan di eksekusi.

2. Negoisasi

Negosiasi tidak hanya tentang tawar menawar suatu barang menggunakan uang, namun lebih ke arah bagaimana anda dapat berkomunikasi baik dengan orang sehingga bisa menghasilkan kata sepakat.

Dalam dunia kerja, perusahaan akan mengejar sebuah keuntungan, dalam bentuk apapun itu.

Jika terdapat banyak pihak dengan tujuan mengejar keuntungan, maka aka nada ego dari setiap bagian didalamnya. Untuk itu, negosiasi dibutuhkan.
Negosiasi ini juga tidak bisa dilakukan oleh sebuah robot.

3. Kolaborasi

Kolaborasi juga bisa dikaitkan dengan kemampuan negosiasi. Kolaborasi disini adalah menggabungkan hal menjadi satu agar pekerjaan lebih efektif dan efisien.

Tidak mungkin bagi kita mengerjakan banyak hal dalam satu waktu, oleh karena itu perlu adanya suatu kolaborasi.

Selain itu, kolaborasi juga akan menambah skill seseorang, karena akan muncul sebuah ide dan pemikiran baru dari orang lain, tentunya jika anda mampu memanfaatkan momentum ini.

4. Kemampuan Beradaptasi

Ada pepatah mengatakan bahwa “Perubahan adalah satu-satunya yang konstan saat ini, dan satu-satunya cara untuk tetap relevan di tempat kerja adalah dengan beradaptasi”.

Bukan hanya di dunia kerja, makhluk atau spesies hewan hingga tumbuhan yang mampu beradaptasilah yang akan bertahan.

Sehingga, bagi anda yang memasuki tempat baru harus memiliki kemampuan untuk menyesuaikan cara berpikir tentang banyak hal dan menyesuaikan perilaku anda dengan situasi dan keadaan sekitar adalah keterampilan yang teramat penting.

5. Manajemen Waktu

Waktu adalah hal yang pasti.

Dalam 1 hari ada 24 jam, 1440 menit, dan 86400 detik. Apa yang membedakan waktu dari satu orang ke orang yang lain? Jawabannya adalah Managemen Waktu.

Management waktu adalah tentang bagaimana anda membagi dan mengalokasikan waktu yang anda miliki setiap harinya untuk pekerjaan di kantor hingga membaginya dengan kegiatan sosial anda di luar kantor.

Jika anda masih teledor dalam waktu, maka akan sangat mudah digantikan oleh robot, karena robot akan lebih tepat waktu dari anda.

Apakah anda sudah siap untuk mendalami soft skill di atas agar posisi anda tidak tergeser oleh yang namanya teknologi atau super komputer?

Teruslah belajar dan kembangkan terus potensi diri anda agar mampu bersaing, bukan hanya dengan robot, tapi juga dengan orang-orang yang terus berjuang menggapai mimpinya.

Selamat Berjuang!
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar