Skip to main content

Tips Dan Cara Memilih SSD Sesuai Kebutuhan Agar Hemat

Cara Memilih SSD Sesuai Kebutuhan

Tulisan Ndeso, Cara Memilih SSD Sesuai Kebutuhan - Solid State Disk atau yang biasa kita kenal dengan SSD adalah adalah perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi, sama halnya dengan Hardisk yang seperti kita kenal.

SSD dikenal dengan kecepatan read and write data, namun kapasitasnya cenderung kecil (untuk saat ini) dan harganya lebih mahal dari Hardisk biasa. Jika uang bukan hal yang menjadi masalah bagi anda dan anda ingin penyimpanan data yang kencang, SSD ini bisa menjadi solusinya.

Dengan berbagai macam kelebihan yang dimiliki, tidak salah banyak orang mulai menjatuhkan pilihan kepada hardware yang satu ini. Produk ini biasanya dipakai sebagai pengganti HDD di saat laptop atau pc desktop sudah mengalami penurunan kinerja, atau jika anda ingin meningkatkan kinerja.

Cara Memilih SSD Sesuai Kebutuhan

Bagaimana cara kita memilih SSD yang tepat, disesuaikan dengan kebutuhan kita sendiri?

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda membeli SSD untuk perangkat laptop atau pc anda, yakni Kapasitas, Spesifikasi Produk, Review Produk, hingga Harga.

Mari simak penjelasan dari beberapa poin yang telah saya tulisakan di atas.

1. Perhatikan Kapasitas Yang Dibutuhkan

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah kebutuhan dari perangkat yang anda miliki. Sebenarnya semakin besar kapasitas SSD semakin baik, namun jika anda hanya memerlukan SSD untuk sekedar menjalankan sistem operasi, tidak diperlukan kapasitas yang besar.

SSD pada sistem operasi diperlukan untuk loading OS pada laptop atau pc anda agar lebih kencang, sehingga anda dapat nyaman ketika bekerja. Sementara untuk penyimpanan, anda cukup menggunakan HDD biasa.

2. Cek Spesifikasi Produk.

Usahakan untuk terlebih dahulu memeriksa spesifikasi produk SSD yang akan Anda beli. Pastikan anda memilih SSD dengan spek yang terbaru, sehingga jika suatu saat perangkat Anda sudah mentok tidak terpakai, SSD ini masih bisa dimanfaatkan dan kompatibel pada perangkat yang lebih baru.

Selain itu, spesifikasi terbaru juga lebih menjamin SSD yang akan Anda pilih memiliki kinerja yang terbaik dan termuthakir.

3. Periksa Review Produknya

Pastikan Anda juga memeriksa atau mencari review produk dari SSD yang akan Anda beli. Semakin banyak review positif dari SSD yang Anda incar, tentunya semakin layak barang tersebut Anda beli.

Jika perlu bandingkan review dari produk sejenis dari merk yang berbeda. Hal ini akan lebih menambah wawasan Anda mengenai produk yang akan Anda beli.

4. Bandingkan Harganya

Ya inilah biasanya yang menentukan pilihan untuk membeli setelah 3 langkah di atas Anda lakukan. Dengan menjamurnya situs belanja online saat ini, tentu cukup mudah untuk membandingkan harga SSD incaran Anda.

Selain harga, cek juga testimoni dan review pembeli terhadap barang dan penjualnya. Jangan sampai anda salah pilih ya. Anda juga bisa membaca artikel mengenai Shortcut Keyboard Komputer untuk mempermudah dan mempercepat mengerjakan pekerjaan anda.
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar