Skip to main content

Mengenal VPN : Cara Kerja, Keuntungan, Dan Kerugian Menggunakan VPN

Pengertian VPN
Ilustrasi VPN

Tulisan Ndeso, Keuntungan dan Kerugian menggunakan VPN - Beberapa saat yang lalu, pemerintah Indonesia melakukan pembatasan akses terhadap beberapa sosial media di Indonesia, salah satunya adalah Facebook dan WhatsApp. Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi penyebaran berita tidak benar atau sering kita kenal dengan Hoax.

Dengan adanya pembatasan akses tersebut, tidak sedikit orang yang menyayangkan bahkan hingga protes, karena jelas hal tersebut sangat mengganggu aktivitas para pengguna dua sosmed tersebut, yakni para penjual online hingga pekerja kantoran yang berkomunikasi menggunakan WhatsApp.

Sejak saat itu, masyaratak Indonesia ramai menggunakan VPN untuk dapat mengakses kembali sosial media meskipun sedang dibatasi aksesnya oleh pemerintah. Wah, canggih ya!. Sebenarnya apa sih VPN ini? Seperti apa cara kerjanya? Nari kita bahas lebih lanjut

Pengertian VPN (Virtual Private Network)

VPN atau Virtual Private Network adalah suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya yang terhubung secara pribadi atau private melalui jaringan publik yaitu internet.

Jika dijabarkan kata demi kata dari Virtual Private Network, maknanya akan seperti ini :
  • Virtual: hal tidak nyata atau semu yang ada di dunia maya/internet.
  • Private: hal sifatnya pribadi yang tidak bisa diakses sembarang orang. Guna menjaga kerahasian ini dari jaringan publik, maka data yang ada akan di-enkripsi.
  • Network: sebuah jaringan atau koneksi yang saling terhubung.
Dapat disimpulkan bahwa pengertian VPN adalah sebuah koneksi yang terjadi secara virtual pada suatu jaringan tertentu tanpa adanya koneksi nyata yang terenkripsi (tidak dilindungi atau tanpa pengamanan).

Cara Kerja VPN (Virtual Private Network)

Dengan menggunakan VPN ini kita seolah-olah membuat jaringan didalam jaringan atau biasa disebut tunnel (terowongan). Tunneling adalah suatu cara membuat jalur privat dengan menggunakan infrastruktur pihak ketiga. VPN merupakan perpaduan antara teknologi tunneling dan enkripsi.

Pengertian VPN dan cara kerjanya
Source : Maxmanroe

Secara normal ketika kita mengakses sebuah website di internet, maka koneksi kita akan terhubung dengan ISP (Internet Service Provider) atau penyedia layanan internet seperti Telk*m, F*rstmedia, dan lain sebagainya. Semua trafik data permintaan untuk website yang kita akses akan melewati server ISP dan bisa dilihat oleh pihak ISP.

Berbeda halnya dengan komputer yang menggunakan VPN saat mengakses internet. VPN akan mengenkripsi data sehingga hanya pengguna server VPN yang bisa mengetahui trafik data pengguna dan situs yang dibuka oleh pengguna. Dengan begitu, ketika kita menggunakan VPN, maka :
  • ISP tidak akan mengetahui aktivitas pengguna VPN di internet
  • Alamat IP yang terlihat adalah IP server VPN
  • Penggunaan hotspot WiFi publik menjadi lebih aman karena data terenkripsi
  • Provider VPN bisa melihat aktivitas pengguna VPN di internet
Keuntungan dan Kerugian Menggunakan VPN

Berdasarkan pemaparan mengenai VPN di atas, berikut ini adalah Keuntungan dan Kerugian menggunakan VPN

Keuntungan Menggunakan VPN
  • Dapat membuka sebuah situs atau website yang diblokir oleh penyedia layanan internet / ISP (Internet Service Provider).
  • Dapat mengakses sebuah situs atau website yang dibatasi aksesnya oleh Pemerintah.
  • Dapat menembus Geoblocking atau sebuah website yang dibatasi penggunaannya berdasarkan letak geografis.
  • VPN adalah jaringan khusus dan aman bagi sebuah perusahaan (VPN yang disediakan oleh perusahaan untuk internal).
  • Faktor keamanan VPN dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.
Kerugian Menggunakan VPN
  • VPN gratis berpotensi mengandung Malware dan Pencurian Data, sehingga data anda bisa di akses oleh orang lain hingga data yang anda miliki dijual oleh mereka.
  • Perlu perhatian ekstra dalam penetapan sistem keamanan VPN.
ISP di Indonesia pada umumnya adalah perusahaan besar yang mendapatkan ijin dari pemerintah yang bisa kita bilang aman dari pencurian data. Sementara para pembuat VPN terkadang tidak kita ketahui asal usulnya, sehingga kemungkinan pencurian data lebih besar terjadi ketika menggunakan VPN.

Pergunakanlah VPN dengan bijak sesuai dengan kebutuhan agar data yang anda miliki tetap aman. Demikianlah penjelasan singkat mengenai VPN, semoga dapat memberikan info sesuai yang anda cari.
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar