Skip to main content

Tips Dan Cara Memilih Domain Yang Baik Untuk Blog Anda

Tips Dan Cara Memilih Nama Domain

Tulisan Ndeso, Tips Dan Cara Memilih Domain Yang Baik - Bagi seorang blogger terutama yang sudah profesional, memiliki sebuah blog dengan domain yang unik adalah sesuatu yang anda inginkan karena menjadi identitas anda dan blog yang anda miliki. Sehingga terdapat banyak tulisan di internet yang membahas mengenai cara memilih dan membeli domain yang baik untuk sebuah blog, termasuk artikel ini.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, perlu rasanya membahas sedikit tentang domain itu sendiri. Menurut laman wikipedia, pengertian domain seperti berikut ini :

“Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address."

Jadi sebenarnya, terdapat beberapa situs yang nama domainnya berupa deretan angka yang tentunya akan sulit diingat atau dikenal dengan IP. Kita juga bisa menyebut nama domain dengan istilah URL hingga alamat website.

Berikut ini adalah beberapa tips memilih domain yang baik untuk situs anda,

Tips Memilih Domain Yang Baik

1. Menyesuaikan Domain Dengan Nama Anda Atau Bahasan (Niche)

Pilih nama domain yang sesuai dengan nama anda atau bahasan yang akan anda buat di blog tersebut. Tujuannya adalah agar menjadi unik sesuai nama anda atau misalnya ketika seseorang ingin mencari blog yang membahas makanan sehari-hari misalnya, anda bisa menamakan blog anda dengan nama Food Daily.

Sebaiknya anda perlu melakukan riset kata kunci terlebih dahulu sebelum memilih nama domain, usahakan agar domain anda mengandung kata kunci bahasan atau bisnis anda atau yang sesuai dengan niche. Cari niche atau kata kunci yang memiliki pencarian cukup banyak di search engine, dengan persaingan kata kuncinya tidak terlalu sulit tentunya.

Anda bisa menggunakan bantuan Google Keyword Planner guna membantu anda menemukan keyword yang sesuai untuk nama domain anda.

2. Nama Domain Harus Mudah Diingat

Bagi anda seorang pemula, yang masih belajar dalam dunia blogging, nama domain yang mudah diingat akan menjadi faktor penting. Hal ini untuk mempermudah orang lain mengenal dan menghafal blog anda.

Pergunakanlah domain yang mudah diucapkan, dimengerti, serta diingat. Sehingga ketika anda memberitahu orang lain nama domain anda, orang tersebut dapa dengan mudah mengingatnya, tentunya domain anda juga jangan terlalu panjang agar tidak membingungkan orang lain.

3. Pilih Top Level Domain (TLD)

Top Level Domain adalah nama atau ekstensi nama domain pada sebuah situs yang paling sering digunakan sehingga mudah untuk diingat, contohnya adalah .com, .net, .edu, .org, dan .co. Saran saya, gunakanlah TLD (Top Level Domain) berekstensi dot com atau dot net untuk nama domain anda.

Domain berekstensi .com dan .net adalah eksetensi domain yang paling mudah diingat dan sering dilihat orang. Dot Net akan menjadi opsi setelah mengecek ketersediaan dot com, untuk mengecek ketersediaan nama domain, anda bisa menggunakan bantuan dari situs penyedia domain. Penyedia domain akan memberikan alternatif ekstensi jika pilihan anda sudah ada yang menggunakan.

4. Gunakan Nama Domain Yang Baik

Jangan pernah menggunakan nama domain yang berbaru SARA apalagi PORN, hal ini akan memberikan dampak buruk pada blog anda di mata google dan tentunya mengenai diri anda sendiri. Meskipun Porn memiliki search yang tinggi, namun tidak bagus dalam segi apapun, apalagi anda tinggal di Indonesia dan jika orang lain mengetahui itu adalah nama domain anda, anda pasti akan sangat malu.

Search engine seperti google akan berorientasi berdasarkan kata kunci pencarian, bila domain anda mengandung kata-kata yang berbau SARA atau PORN, hal ini dapat mengakibatkan situs anda diblacklist oleh search engine, yang akhirnya akan berdampak pada jumlah pengunjung situs anda.

5. Hindari Penggunaan Karakter Pada Domain

Sebainya menghindari penamaan domain dengan kata-kata atau karakter yang tidak perlu pada domain anda. Misalnya penggunaan tanda strip, angka, atau huruf tambahan, selain kurang familiar, penamaan ini ternyata dapat mempengaruhi kekuatan SEO sebuah blog.

6. Jauhi Penggunaan Merk Dagang Perusahaan Lain

Sebuah perusahaan besar yang sudah memiliki merk dagang apalagi sudah terkenal bisa saja menuntut anda jika anda menggunakan nama domain yang bersinggungan atau mirip dengan nama mereka. Hal tersebut jelas melanggar karena merk mereka sudah terdaftar.

7. Beli Domain Di Tempat Terpercaya

Setelah proses pemilihan nama sesuai, sekarang giliran menentukan akan beli dimana nama domainnya. Ada banyak tempat membeli domain terpercaya, anda bisa menemukannya melalui googling dan jangan pernah sekali-kali membeli dari perorangan yang menawarkan harga murah bahkan jauh dari harga pasaran, karena itu berbahaya, bisa saja itu hasil dari Carding.

Jika ingin membeli domain dengan harga murah, biasanya penyedia memberikan diskon pada hari atau saat tertentu, tinggal cari saja di forum hingga memantau website penyedia domain tersebut.

Harga domain biasanya adalah tahunan, jadi anda akan memperpanjangnya lagi tahun depan, atau bisa juga membeli dalam periode yang panjang (2-5 tahun), sehingga pikirkan juga ketika membeli ketika promo, karena harga promo hanya di awal beli, sedangkan perpanjangan akan menggunakan harga normal.

Demikianlah beberapa tips dan cara memilih domain yang baik untuk blog anda, semoga penjelasan di atas tidak membingungkan dan semakin membuat anda mantap memilih nama domain. Semoga bermanfaat :)
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar