Skip to main content

Cara Melakukan Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner

Tulisan Ndeso, Riset Keyword Menggunakan Google Keyword Planner - Google Keyword Planner adalah sebuah produk dari Google yang digunakan untuk memberi tahu estimasi traffic untuk target keywords tertentu yang akan kita gunakan. Bahkan, Google Keyword Planner dapat membantu mencari keyword yang relevan dan berhubungan dengan niche kita.

Untuk menggunakan Google Keyword Planner, kita membutuhkan akun Google AdWords. Meskipun Google Adword adalah patform periklanan dari Google untuk mengiklankan produk kita, namun untuk menggunakan Google Keyword Planner kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendaftar dan menggunakannya.

Tools ini memang sengaja dibuat oleh Google untuk mendukung penggunaan Google AdWords. Akan tetapi Google Keyword Planner tetap bisa digunakan tanpa biaya untuk membantu Anda menemukan keyword yang tepat untuk blog dan artikel Anda.

Melakukan riset keywords adalah sebuah keharusan, hal ini untuk mengetahui seberapa banyak orang yang mencari kata kunci tertentu dan persaingan kata kunci tersebut. Jangan sampai anda sudah capek membuat konten, ternyata sedikit yang mencarinya, sehingga akan jarang orang yang mendatangi tulisan anda.

Jika blog kita teroptimasi dengan baik, dalam hal ini tentang keywords yang Anda inginkan, maka kemungkinan besar blog kita akan berada pada halaman utama setiap kali ada orang yang mengetikkan kata kunci pilihan Anda tersebut.

Langkah Melakukan Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner

1. Daftar Akun Google Adwords

Google Adwords adalah fasilitas yang diberikan oleh Google kepada Advertiser untuk melakukan riset pasar bagi produk mereka. Silahkan mendaftar terlebih dahulu ke https://ads.google.com/home/tools/keyword-planner/ dengan menggunakan akun Gmail Anda untuk dapat mengakses Google Keyword Planner.
Google Keyword Planner

2. Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Setelah klik link tautan diatas, lalu klik Sign in atau Go to Keyword Planner. Lalu anda akan dibawa masuk ke halaman seperti ini.

Google Keyword Planner

Klik Go to Keyword Planner, kemudian anda akan memasuki laman seperti dibawah ini :

Google Keyword Planner Setup
  • Discover New Keywords : Anda akan diberikan kata kunci yang mirip atau relevan dengan kata kunci yang anda cari.
  • Get Search Volume and Forecasts : Anda akan diberikan banyaknya volume pencarian di google terhadap kata kunci anda.
Klik yang mana saja, karena ketika memasuki tahap selanjutnya, dua hal tersebut diatas akan terdapat pada dashboard seperti berikut ini :

Google Keyword Planner Ideas

Saya mencoba menggunakan kata kunci "Cara Membuat Blog" pada tab "Keywords Ideas" di pojok kiri atas. Dari kata kunci yang saya inginkan tersebut, Google Keyword Planner memberikan ide kata kunci.
  • Keyword (by relevance) : Saran keyword dari Google yang masih relevan dengan keyword yang kita cari.
  • Avg. Monthly Searches : Rata-rata pencarian dalam satu bulan untuk keyword kita.
  • Competition : Kompetisi keyword dalam mesin pencarian google.
  • Top of Page Bid (Low Range) : Cpc Terendah untuk keyword kita.
  • Top of Page Bid (High Range) : CPC Tertinggi untuk keyword kita.

Anda juga bisa menyimpan hasil pencarian diatas dengan menekan "Download Keywords Ideas" di pojok kanan atas.

3. Tips Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner

Hasil yang ditampilkan oleh Google Keyword Planner tersebut di atas adalah volume statistik keywords Exact Match atau kata kunci yang sama persis diketikkan oleh pengguna Google. Terkadang terlihat bahwa kata kunci pilihan yang kita incar tidak begitu banyak dicari oleh pengguna Google, kita bisa memodifikasi kata kunci tersebut dengan menggunakan keyword dari yang sudah Google sarankan (Keyword (by relevance)).

Pilih kata kunci yang memiliki rata-rata pencarian bulanan diatas 1000 search dengan kompetisi Low. Hal ini memungkinkan blog anda berada di halaman pertama karena cukup banyak yang mencari kata kuncinya dan memiliki kompetisi yang mudah.

Itukah cara riset keywords menggunakan Google Keyword Planner untuk mencari kata kunci terbaik untuk blog yang biasa saya pakai. Riset kata kunci ini tidak menjamin blog Anda akan mendapat posisi yang baik di SERP Google, namun cara ini lebih baik dibandingkan Anda membuang waktu memilih keywords sembarang yang jarang atau tidak pernah diketikkan orang di Google untuk membuat artikel di blog anda.
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar