--> Skip to main content

Mempersiapkan Jaminan Pendidikan Anak Dengan Asuransi Pendidikan

Mempersiapkan Jaminan Pendidikan Anak Dengan Asuransi Pendidikan

Jaminan Pendidikan Anak Dengan Asuransi Pendidikan - Pendidikan merupakan salah satu hal yang penting bagi semua orang, terutama bagi anak-anak yang sedang mengenyam bangku sekolah. Bahkan pemerintah di Indonesia mewajibkan anak untuk mengenyam pendidikan selama 9-12 tahun. Pendidikan merupakan hal yang wajib diterima dan dimiliki oleh seluruh anak Indonesia. Dengan pendidikan Anda akan memperoleh ilmu yang nantinya akan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Ketika Anda memiliki anak dan sedang mengenyam bangku sekolah, maka biasanya biaya yang dikeluarkan cukup besar sehingga Anda perlu memiliki asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan merupakan asuransi yang menjamin tentang tertanggungnya biaya pendidikan anak hingga mereka telah menyelesaikan masa pendidikannya.

Jenis-jenis Asuransi Pendidikan Anak

Kehadiran asuransi pendidikan tentu menjadi hal yang baik dan positif karena dapat membantu meringankan beban biaya pendidikan. Dengan begitu, Anda tidak perlu membayar banyak uang untuk membiayai pendidikan anak. Karena yang Anda tahu, biaya pendidikan jumlahnya tidak sedikit, sehingga Anda harus benar-benar teliti dalam mengatur keuangan yang digunakan untuk biaya sekolah.

Untuk bisa memanfaatkan asuransi pendidikan ini, Anda biasanya harus membayar sejumlah premi yang telah disediakan sesuai dengan periode yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Anda dapat memilih premi yang sesuai dengan keadaan finansial yang ada di keluarga Anda.

Anda dapat mencairkan dana yang besarnya telah disesuaikan dengan premi atau asuransi yang diambil jika sudah memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Pengambilan premi ini dapat dilakukan dengan mudah, asal memenuhi syarat untuk pengambilan dana tersebut. Anda juga bisa menerima premi tersebut jika sewaktu-waktu sakit, terkena musibah, dan sebagainya.

Asuransi pendidikan memiliki dua jenis yang berbeda. Setiap jenis tersebut memiliki perbedaan yang cukup terlihat. Berikut ini jenis-jenis asuransi pendidikan yang ada di Indonesia.

1. Asuransi Pendidikan Unit Link

Asuransi pendidikan unit link merupakan salah satu asuransi pendidikan yang mempunyai manfaat untuk berinvestasi yang dapat diterima oleh Anda. Asuransi pendidikan ini memiliki sistem kerja seperti premi yang telah Anda bayarkan sebelumnya, sebagian akan dialokasikan untuk kegiatan investasi. Namun investasi tersebut akan mendatangkan keuntungan walaupun keuntungan tersebut memiliki sifat tidak tetap.

2. Asuransi Pendidikan Berjangka/Dwiguna

Asuransi pendidikan berjangka/dwiguna ini memiliki sifat yang tetap, murni, dan tanpa investasi. Hal ini membuat asuransi pendidikan ini ketika sudah memasuki masa akhir maka jumlah dana pendidikan yang diterima akan sama dengan jumlah dana sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat. Dengan begitu, Anda tidak perlu takut untuk menghadapi kerugian jika menggunakan asuransi pendidikan ini.

Mempersiapkan Jaminan Pendidikan Anak Dengan Asuransi Pendidikan
Asuransi Pendidikan Sequis

Salah satu Asuransi Berjangka yang dapat anda pilih adalah TelePro Beasiswa Berjangka dari Sequis.

Manfaat Asuransi Pendidikan bagi Anak

Ketika Anda menggunakan layanan asuransi pendidikan, tentu Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan yang mungkin bisa membantu Anda, terutama membantu biaya pendidikan yang harus dihadapi. Asuransi pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki, terutama bagi anak-anak yang akan mengenyam bangku sekolah.

Asuransi pendidikan memberikan banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh sang anak maupun keluarga dari anak tersebut. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan jika menggunakan dan memanfaatkan asuransi pendidikan.

1. Sebagai Bentuk Perencanaan Pendidikan Bagi Anak

Jika Anda telah mendaftarkan diri untuk asuransi pendidikan, maka itu tandanya Anda telah ikut serta dalam membantu perencanaan pendidikan bagi anak. Biasanya asuransi pendidikan tersebut telah disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Anda dapat menentukan sendiri sampai dimana jenjang yang ingin dicapai beserta biaya yang harus dikeluarkan. Biasanya, perencanaan tersebut akan berpengaruh terhadap premi yang nantinya akan Anda bayar setiap bulannya. Dengan begitu, Anda akan turut serta dalam menyusun sebuah rencana pendidikan bagi anak.

2. Bisa Digunakan Selain untuk Pendidikan

Ketika Anda memiliki asuransi pendidikan, mata tidak sedikit jika asuransi tersebut biasanya diikuti oleh asuransi kesehatan. Hal tersebut tentu akan sangat bermanfaat karena bisa digunakan untuk pendidikan sekaligus kesehatan. Anda jadi tidak perlu khawatir mengenai masalah biaya jika anak (sebagai tertanggung) sakit, karena biayanya akan diberikan melalui asuransi kesehatan yang sudah diterimanya bersama asuransi pendidikan.

Dengan begitu, asuransi tambahan berupa asuransi kesehatan merupakan hal yang sangat bagus untuk diterima. Namun, biasanya tidak semua asuransi pendidikan akan menerima asuransi kesehatan juga. Jadi, Anda perlu menanyakan terlebih dahulu apakah asuransi pendidikan yang mereka punya juga memiliki asuransi tambahan seperti asuransi kesehatan.

3. Orang Tua Merasa Tenang

Jika suatu saat terjadi musibah yang tidak mengenakkan, maka adanya asuransi pendidikan dapat membantu meringankan beban biaya dan memberikan rasa aman karena mengetahui jika pendidikan anak sudah terjamin.
Hal tersebut tentu akan sangat menguntungkan.

Anda dan anak tidak perlu mencari-cari lagi dana untuk biaya pendidikan karena Anda sudah memiliki dana dari asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan akan memberikan Anda dana sesuai dengan premi yang telah dibayarkan setiap bulannya. Dengan begitu, Anda masih memiliki cadangan biaya karena telah ditabungkan ke asuransi pendidikan tersebut.

4. Menjamin Biaya Pendidikan bagi Anak

Manfaat lain yang dapat Anda terima ketika memiliki asuransi pendidikan adalah adanya kepastian pendidikan dan keamanan untuk anak. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika misalnya suatu saat terjadi kekurangan dana atau ekonomi di keluarga, karena biaya pendidikan anak sudah ada di asuransi pendidikan tersebut.

Namun, dana pendidikan ini tidak hanya digunakan jika Anda terkena musibah saja. Dana asuransi pendidikan dapat Anda ambil dilain waktu meskipun Anda dalam keadaan sehat. Dengan begitu, Anda tidak perlu mencari lagi dana tambahan karena pendidikan anak telah ditanggung dan dibiayai melalui asuransi pendidikan.

5. Pengaturan Keuangan Menjadi Baik

Dengan adanya asuransi pendidikan, maka keuangan yang Anda kelola menjadi lebih baik. Hal tersebut karena Anda pada setiap bulannya akan membayar premi untuk asuransi pendidikan, sehingga hal tersebut akan mengajarkan hidup hemat dan kebiasaan untuk menabung. Hal tersebut tentu sangat baik dilakukan karena akan melatih Anda untuk tidak boros dalam pengeluaran uang dan menggunakan uang seperlunya saja.

Selain itu, Anda juga memiliki tabungan dan investasi yang disimpan melalui asuransi pendidikan, dengan begitu, Anda masih memiliki cadangan uang jika mungkin sewaktu-waktu keluarga Anda tertimpa masalah dan memerlukan dana yang cukup.

6. Premi Fleksibel

Premi yang ada di asuransi pendidikan termasuk fleksibel. Hal ini dikarenakan premi tersebut disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan yang diinginkan untuk anak. Anda dapat memilih premi sesuai dengan keadaan keuangan keluarga.

Selain itu, Anda dapat membayar premi 3 bulan sekali ataupun setengah tahun sekali, tergantung perjanjian yang telah disepakati. Jadi, Anda tidak harus membayar premi sebulan sekali.

Itulah beberapa jenis dan manfaat dari asuransi pendidikan. Sebaiknya Anda telah mendaftarkan asuransi pendidikan ke anak sejak dini agar prosesnya dipermudah dan anak sudah memiliki cadangan dana yang nantinya akan mereka gunakan untuk biaya pendidikan.

Jangan lupa untuk menanyakan semua hal yang berkaitan dengan asuransi pendidikan jika seandainya Anda akan mendaftar ke asuransi pendidikan.

Tag : Asuransi
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar