Skip to main content

Cara Menghadapi Rasa Bosan Dan Jenuh Pada Rutinitas Kantor

Cara Menghadapi Rasa Bosan Dan Jenuh Pada Rutinitas Kantor

Tulisan Ndeso, Cara Menghadapi Rasa Bosan Dan Jenuh Pada Rutinitas Kantor - Bekerja di perkantoran dengan rutinitas yang itu-itu saja memang terlihat sangat membosankan, pasti akan berbeda ceritanya dengan mereka yang bisa bekerja di luar kantor.

Terlebih menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil yang memang diminati oleh masyarakat Indonesia, memiliki rasa nyaman dan aman adalah salah satu alasan paling sering kita dengar dari masyarakat yang ingin melamar menjadi seorang PNS. Padahal kasus yang sering menimpa para pekerja kantoran atau PNS tadi biasanya adalah rasa bosan, dan jenuh dengan rutinitas di kantor.

Sudah tidak bisa terelakkan lagi bahwa aktivitas yang sama ketika dilakukan selama berhari-hari, berbulan-bulan dan bertahun-tahun akan membawa rasa bosan dan kejenuhan. Jika rasa bosan tersebut pada akhirnya menimpa Anda, maka hal tersebut sangatlah wajar, namun Anda tidak boleh membiarkannya terlalu lama.

Anda harus segera bertindak untuk melakukan sesuatu agar kebosanan anda ini bisa segera teratasi. Lantas bagaimana caranya menghadapi kebosanan serta kejenuhan pada rutinitas kantor? Guna mengusir rasa bosan ini Anda harus mengganti rutinitas yang sama berulang-ulang dengan cara melakukan sesuatu yang berbeda.

Apa yang Bisa Menghilangkan Rasa Bosan dan Jenuh pada Rutinitas Kantor?

1. Berangkat Dan Pulang Kantor Dengan Sesuatu Yang Berbeda

Apakah anda melakukan rutinitas yang sama saat berangkat dan pulang kerja? Seperti memilih rute yang sama ketika berangkat dan pulang kerja setiap harinya, menggunakan kendaraan yang sama, hingga berangkat dan pulang bersama dengan orang yang sama?

Berangkat kerja adalah awal dari rutinitas anda sebelum bekerja, untuk itu jika rutinitas ini terjadi secara berulang atau cenderung sama, maka sebaiknya anda segera mengubahnya dengan terobosan yang berbeda agar awal hari anda menjadi lebih seru seperti menggunakan kendaraan yang berbeda yang awalnya anda membawa kendaraan sendiri, cobalah untuk berangkat dengan kendaraan umum.

Pilihlah rute yang berbeda, jika rute berbeda ini dirasa akan memakan waktu lebih lama karena macet, anda pastinya juga harus berangkat lebih awal seperti biasanya yang secara tidak langsung anda juga mencoba sesuatu yang berbeda yakni dengan berangkat lebih pagi. Dengan melakukan hal-hal yang berbeda saat berangkat dan pulang kantor, Anda akan mendapatkan sensasi yang berbeda dan akan menyegarkan hari-hari Anda.

2. Bergaul Dengan Bagian atau Divisi Lain

Kebiasaan saat berangkat kerja sudah bebeda dengan sebelumnya, selanjutnya adalah dengan mengubah cara anda bergaul dengan rekan kerja, yakni dengan memperluas pergaulan anda bersama divisi lain di kantor. Pada umumnya orang di kantor terlalu sering bergaul dengan orang dalam satu divisi saja, hingga kemudian ia mengalami kejenuhan dan bosan.

Selain bisa menambah banyak teman, bergaul dengan lain divisi juga dapat membuat anda mendapatkan ilmu baru mengenai hal apa saja yang biasa dilakukan oleh teman anda di divisi yang berbeda, sehingga hal tersebut bisa meningkatkan soft skills dan hardskills pada diri anda.

3. Bertukar Tugas Dengan Teman Anda

Kejenuhan juga bisa terjadi karena adanya tugas yang itu-itu saja setiap harinya, bertukar tugas ini juga bisa menjadi salah satu pemutus siklus yang itu-itu saja setiap harinya. Carilah rekan yang benar-benar mau, karena tidak banyak orang yang mau menyelesaikan tugas orang lain.

4. Makan Siang Di Tempat Dan Suasana Yang Berbeda

Hal ini sepertinya jarang sekali disadari oleh para pekerja kantor. Teralu seringnya pekerja kantor menentukan tempat makan siang saat istirahat terlebih dengan menu yang sama bisa membuat para pekerja terjangkit rasa jenuh dan bosan tanpa mereka sadari.

Ajaklah orang berbeda untuk makan siang bersama, anda bisa meminta saran dimana dan menu apa yang biasanya rekan anda santap saat makan siang, begitu juga sebaliknya anda bisa merekomendasikan makanan kesukaan anda yang belum pernah teman anda makan sebelumnya.

Makanan adalah sumber energi untuk anda beraktivitas seharian penuh, maka asupan makanan akan menjadi sebuah hal yang penting dalam perkembangan mentalitas, emosional, dan produktivitas para pekerja kantor. Semoga artikel Cara Menghadapi Rasa Bosan Dan Jenuh Pada Rutinitas Kantor ini dapat membantu menjauhkan Anda dari kebosanan pada rutinitas kantor.
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar