Skip to main content

6 Cara Simpel Mengkonversi File Microsoft Word ke Gambar JPG


Tulisan Ndeso, Cara Simpel Mengkonversi File Microsoft Word ke Gambar JPG - Pengguna format Word seringkali bingung saat harus mengkonversi pekerjaannya ke format JPG padahal cara convert word ke JPG sangatlah mudah dan sederhana.

Berikut ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk dilakukan apabila anda sedang butuh mengkonversi Word ke JPG dengan mudah dan cepat.

6 Cara Simpel Mengkonversi File Microsoft Word ke Gambar JPG


1. Screen Capture


Langkah paling sederhana pertama adalah dengan men-screen capture pekerjaan word anda. Apabila os yang digunakan adalah windows cukup dengan mengklik shortcut windows + prt sc / print screen.

Kemudian buka aplikasi Microsoft Paint, dan setelah terbuka tekan tombol CTRL + V atau paste. Maka, tangkapan layar tadi akan pindah ke Paint. Atur ukurannya, dan klik File - Save as dan pilih sendiri mau format gambar yang apa, apakah PNG, JPG atau Bitmap.
Selesai

2. Snipping Tool


Cara convert word ke JPG yang paling mudah selanjutnya adalah dengan menggunakan snipping tool. Tulis pada panel windows search ‘snipping tool’ dan buka aplikasi. Dengan aplikasi ini pengguna bisa memilih area untuk di screen capture dan disimpan ke dalam folder image di PC. Hasil capture snipping sama halnya dengan screen capture yakni berupa JPG.

Meskipun simpel namun cara konversi snipping tool dan screen capture hanya bisa mengcover satu halaman word sehingga harus dilakukan berulang kali. Setelah memperoleh tiap halaman juga harus diedit ukuran potongnya terlebih dahulu akar semua JPG mendapat hasil yang sama.

3. Paint Tool


Selain shortcut di atas juga bisa menggunakan paint tool untuk mengkonversi dokumen word anda ke JPG. Caranya sangat sederhana yaitu pilih semua area pada word atau ctrl + A. Setelah itu klik copy atau ctrl + C lalu buka aplikasi paint tool melalui panel search windows.

Aplikasi paint tool yang sudah terbuka kemudian di klik pada halaman kosong lalu tekan ctrl + V maka salinan word otomatis muncul. Setelah memperoleh salinan ini jangan lupa untuk menyimpan. Saat penyimpanan perhatikan opsi pilihan menyimpan dan pastikan data paint tool tersimpan dengan format JPG.

4. Convertio Online


Selain menggunakan shortcut dan aplikasi windows bisa juga mengkonversi word ke JPG secara online. Yakni dengan masuk ke halaman convertio.co. Convertio merupakan layanan konversi online gratis khusus untuk mengkonversi berkas word ke JPG dan format lainnya.

Setelah masuk ke halaman convertio dot co pengguna bisa memilih file yang akan dikonversi. Pilih jenis output, Gambar - JPG atau PNG. Tunggu proses konversi.

Setelah berkas di upload maka berkas word akan langsung dikonversi ke JPG dan bisa di download. Cara convert word ke JPG ini terbilang sangat mudah dan tidak ribet namun pengguna harus memiliki jaringan internet.

5. PDF to JPG


Ada cara yang lain yang bisa dicoba juga yakni dengan mendownload software dari windows store PDF to JPEG yang bisa diunduh secara gratis. Setelah memperoleh software dan menginstal software ini buka berkas word yang ingin di konversi. Save as word tersebut dengan format PDF terlebih dahulu.

Setelah itu buka aplikasi PDF to JPEG yang telah di download tadi dan memilih select file. Yaitu file PDF word yang ingin dikonversi dan klik convert. Setelah di konversi hasil JPG jangan lupa untuk disimpan.

6. Wordtojpeg dot com


Cara online lainnya bisa dengan masuk ke situs wordtojpeg.com. Setelah masuk ke situs pengguna bisa mengupload file word yang ingin dikonversi terlebih dahulu. Setelah upload data akan muncul panel download dan secara otomatis data konversi ke JPG akan terdownload dalam bentuk ZIP.
File ZIP ini kemudian bisa di extract dan hasil konversi berupa JPG bisa digunakan.

7. Convert PDF ke Gambar JPG


Untuk mengubah file PDF ke Gambar JPG, terdapat 7 cara yang sudah saya paparkan dalam sebuah artikel khusus. Jika anda ingin membacanya, anda bisa mengklik tautan tersebut diatas.

Itulah beberapa cara simpel Mengkonversi File Microsoft Word ke Gambar JPG yang bisa anda praktekkan sendiri. Semoga bermanfaat.
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar