Skip to main content

Cara Mudah Membuat IGTV atau Instagram TV di HP dan Komputer

Tulisan Ndeso, Cara Membuat IGTV atau Instagram TV - Belakangan ini media sosial sudah menjadi wadah yang menjanjikan baik itu untuk sekedar hiburan misalnya untuk melihat foto, video, story dan berkomunikasi dengan teman maupun untuk kegiatan lainnya terutama untuk kegiatan bisnis.

Media sosial sendiri sekarang ini layaknya media yang besar dan massif karena apapun yang ada di media sosial dapat dengan mudah menyebar dan menjadi viral bahkan bisa di lihat oleh orang di seluruh dunia. Kepoplieran media sosial saat ini telah mengalahkan media televise yang sejak tahun 1950an menjadi satu-satunya media yang paling laku dan paling banyak di tonton oleh masyarakat.

Cara Mudah Membuat IGTV atau Instagram TV di HP dan Komputer

Namun dengan seiring berkembangnya jaman maka televise sudah kurang di minati lagi oleh masyarkat modern karena televise hanya bisa di lihat di rumah saja sedangkan media sosial bisa di lihat kapanpun dan di manapun. Meskipun saat ini televise sudah banyak yang menyediakan fasilitas streaming online namun tetap saja masih lebih laku media sosial dibandingkan dengan TV.

Baru-baru ini salah satu aplikasi sosial media terbesar di dunia yakni instagram telah meluncurkan fitur barunya yakni instagram TV atau IGTV. Yang di maksud disini adalah bukan berarti instagram membuat TV namun memberikan fitur yang dapat di gunakan oleh penggunanya sehingga pengguna memiliki channel atau saluran tersendiri yang bisa di lihat oleh pengguna lainnya.

Berikut cara membuat IGTV atau instagram TV yang perlu anda ketahui.

Langkah-langkah Cara membuat IGTV atau instagram TV


Untuk membuat IGTV maka anda perlu memperhatikan beberapa langkah-langkah berikut ini :

Menggunakan Smartphone


  • Buka aplikasi instagram yang terpasang di handphone anda, jika pada bagian kanan atas terdapat logo TV maka instagram anda telah update.

  • Cara Mudah Membuat IGTV atau Instagram TV di HP dan Komputer

  • Pada kanan atas tampilan instagram anda terdapat ikon berupa symbol TV yang mana symbol tersebut adalah fitur terbaru dari instagram yakni IGTV

  • Cara Mudah Membuat IGTV atau Instagram TV di HP dan Komputer
  • Pilih ikon IGTV tersebut kemudian klik dan di buka selanjutnya pilih menu create channel.

  • Setelah anda berhasil memiliki channel maka nantinya anda akan di arahkan untuk mulai mengupload foto maupun video di IGTV anda, sebelum anda mengupload foto maupun video tersebut maka anda akan di minta untuk memberikan judul konten yang akan anda upload tersebut kemudian upload video yang telah di beri judul tersebut.


  • Menggunakan Perangkat PC


  • Cara membuat IGTV di komputer tidak jauh berbeda dengan di aplikasi smartphone. Pengguna hanya perlu membuka profil Instagram dan pilih logo IGTV.

  • Cara Mudah Membuat IGTV atau Instagram TV di HP dan Komputer

  • Kemudian, klik unggah dan pilih video yang ingin dimasukkan ke IGTV.

  • Tambahkan judul dan deskripsi.

  • Cara membuat IGTV terakhir dengan membagikan cuplikan video ke beranda Instagram dan profil.


  • Itulah cara mudah membuat IGTV dari perangkat Smartphone & Komputer. Selain itu, berikut ini terdapat tips apa yang seharusnya dilakukan dan sebaiknya dihindari ketika menggunakan IGTV. Semoga bermanfaat.

    Cari Artikel Lainnya Di Sini
    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar