--> Skip to main content

Cara Membuat CO2 DIY untuk Aquascape Ragul dan Cisod

Tulisan Ndeso, Cara Membuat CO2 DIY untuk Aquascape Ragul (Ragi + Gula) dan Cisod (Citrun + Soda) - Salah satu yang bisa membuat aquascape tetap cantik dan indah adalah tanaman aquascape yang sehat dan tidak ditumbuhi dengan alga.

Salah satu cara untuk membuat tanaman aquascape tetap tumbuh dan sehat tentu harus dengan tersedianya CO2 yang cukup dan juga sinar matahari yang memadai, saat ini ada banyak sekali alat suntik CO2 yang tersebar di berbagai toko akuarium atau online shop, namun harga dari alat suntik CO2 tersebut tidaklah murah, namun bisa dibilang sangat mahal.

Bila kalian tetap ingin menggunakan alat suntik CO2, ada cara yang lebih mudah dan murah untuk kita bisa buat agar kita bisa memiliki alat suntik CO2 untuk aquascape kita. Berikut ini adalah cara membuat CO2 DIY Aquascape Ragul dan Cisod yang sederhana dan juga murah.

Cara Membuat CO2 DIY untuk Aquascape Ragul dan Cisod

Cara Membuat CO2 DIY Aquascape Ragul (Ragi + Gula)


Berikut ini adalah cara membuat CO2 DIY Aquacape Ragul menggunakan ragul yang dapat kamu ikuti step by stepnya.

- Alat dan bahan membuat CO2 DIY Aquascape Ragul

a. Botol 1,5Liter bekas air mineral / soda
b. Botol 600ml bekas air mineral
c. Selang aerator kurang lebih 1,5 meter
d. Gunting
e. Obeng
f. Lem silicon / sealant / lem korea
g. Ragi kue (fermipan)
h. Gula pasir 1/4Kg
i. Baking powder
j. Agar-agar / nutrijell

Cara Membuat CO2 DIY untuk Aquascape Ragul dan Cisod

Cara Membuat CO2 DIY untuk Aquascape Ragul dan Cisod


- Cara membuat CO2 DIY Aquascape Ragul

1. Lubangi botol air mineral yang sudah kita siapkan untuk jalan masuk dari selang aerator yang akan dipasangkan

2. Potonglah selang sepanjang 50 cm

3. Kemudian masukan ujung selang kedalam botol air mineral 1,5 liter dengan tutup botol yang sudah dilubangi dengan kedalaman 3 cm, dan masukan ujung yang satunya kedalam botol air mineral 600 ml dengan kedalaman 2 cm.

4. Masukan salah satu ujung selang kedalam tutup botol air mineral 600ml dan hubungkan kedalam diffuser

5. Lubang pada tutup botol air mineral tutup menggunakan lem korea agar tidak ada udara yang keluar.

6. Untuk cairan Ragul, masukan ¼ Kg gula pasir, ¼ sendok ragi, ½ sendok teh baking powder, ¼ bungkus agar-agar, dan campur dengan air masukan kedalam botol air mineral 1,5 L

7. Di botol 600 ml tuangkan air hangat didalamnya namun jangan sampai tercelup

8. Tunggu sampai proses fermentasinya berlangsung dan nantinya gas CO2 akan mengalir dari botol 600ml kedalam diffuser dan masuk ke dalam akuarium

Cara membuat CO2 DIY Aquascape Cisod (Citrun + Soda)


Jika kamu ingin proses reaksi yang lebih cepat maka kamu harus membaca cara membuat CO2 DIY Aquascape Cisod berikut ini.

- Alat dan Bahan membuat CO2 DIY Aquascape Cisod

a. 2 Botol 1,5Liter bekas air soda beserta tutupnya
b. Selang CO2 kurang lebih 2 meter, disesuaikan kebutuhan.
c. Kran CO2
d. Check valve
e. Diffuser CO2
f. Gunting
g. Obeng
h. Lem silikon / lem besi / lem korea
i. Sitrun 200gr
j. Soda kue 200gr
k. Air 600ml

Cara Membuat CO2 DIY untuk Aquascape Ragul dan Cisod

Cara Membuat CO2 DIY untuk Aquascape Ragul dan Cisod

- Cara Membuat CO2 DIY Aquascape Cisod

1. Gunakan 2 buah botol air soda 1,5 Lt, sebaiknya menggunakan botol soda dengan warna yang berbeda agar bisa membedakan larutan soda dan sitrun.

2. Lubangi tutup botol, dimana tutup botol pertama 1 lubang dan botol kedua dengan 2 lubang.

3. Rangkai botol menggunakan selang aerator dimana pada botol pertama selang dimasukan kedalam lubang botol dan atur ketinggian selang sampai ke dasar botol, kemudian sisi lubang selang yang lain salurkan kedalam botol kedua juga sampai ke dasar botol, lubang kedua di botol kedua digunakan untuk mengalirkan udara hasil dari reaksi kimua sitrun dan soda kue, dan selang kedua tersebut diletakan menggantung, di lubang selang kedua disisi lainnya sambungkan ke diffuser untuk mengalirkan hasil reaksi kimia tadi.

4. Di botol pertama larutkan larutan sitrun dengan air sebanyak 400 ml kemudian di botol kedua larutkan soda kue dengan air sebanyak 200ml.

5. Kemudian tekan botol pertama sampai larutan di botol pertama masuk ke botol kedua dan reaksi kimia terjadi tekan sampai botol pertama tidak bisa ditekan lagi, bika kran dan udara CO2 akan mengalir ke akuarium kita.

Cukup mudah bukan cara membuatnya? Tutorial tersebut memang untuk pembuatan Ragul dan Cisod secara sederhana, agar anda sendiri bisa mempraktekannya. Semoga bermanfaat ya!.
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar