--> Skip to main content

Cara Ampuh Menghilangkan Alga Lumut Aquascape

Tulisan Ndeso, Cara Menghilangkan Alga Lumut Aquascape - Jika kalian memiliki sebuah akuarium yang terisi dengan ikan atau tumbuhan aquascape, pastinya kalian pernah mengalami yang namanya pertumbuhan alga di dalam akuarium.

Sebenarnya tidak semua alga itu menjadi hama atau pengganggu ekosistem di dalam akuarium, karena ada beberapa jenis alga yang tumbuh di dalam akuarium malah mempercantik tampilan dari aquascape yang kita buat.

Pertumbuhan alga yang ada di dalam akuarium menandakan ada tidaknya keseimbangan antara CO2 dan O2 yang ada di dalam aquascape yang kita buat, dimana jika alga yang kita temukan sedikit maka keseimbangan terjadi, namun jika banyak maka keseimbangan akuarium menjadi terganggu.

Cara Ampuh Menghilangkan Alga Lumut Aquascape

Dampak atau sisi negatif dari tumbuhnya alga dalam aquascape yang kita buat adalah membuat tanaman yang kita tanam di dalam aquascape menjadi terganggu pertumbuhannya, dan jika sampai alga-alga ini sudah dirasa mengganggu maka tidak hanya tanaman saja.

Namun ikan dan pemandangan di dalam akuarium kita juga akan ikut menjadi terganggu dan menjadikan aquascape kita terlihat tidak cantik seperti pertama kita membuatnya, oleh karena itu ada beberapa cara yang bisa kita terapkan untuk bisa menghalangi atau menghilangkan alga yang ada di dalam aquascape yang kita miliki.

Berikut ini cara menghilangkan alga lumut aquascape dengan beberapa langkah mudah berikut ini.

Cara Menghilangkan Alga Lumut Aquascape


1. Kurangi Jumlah Pakan Ikan

Cara menghilangkan alga lumut aquascape pertama adalah mengurangi jumlah pakan ikan. Ketika kita memberikan pakan ikan didalam akuarium, usahakan kita memberikan pakan secukupnya, karena jika terlalu banyak sisa pakan yang kita berikan akan tenggelam dan bisa menjadi makanan bagi alga yang tumbuh di dalam aquascape.

Cara Ampuh Menghilangkan Alga Lumut Aquascape

Maka dari itu, pemberian pakan yang cukup selain untuk menjaga dari kebersihan alga di dalam akuarium juga untuk membuat ikan tidak terlalu kenyang dan bisa memakan alga yang ada di dalam akuarium.

2. Pelihara Hewan Pemakan Alga

Ada beberapa hewan yang bisa kita pelihara di dalam aquascape kita untuk menjaga agar alga tidak tumbuh subur di aquascape kita, beberapa hewan pemakan alga yang bisa kita pelihara antara lain jenis udang dan beberapa jenis keong.

Cara Ampuh Menghilangkan Alga Lumut Aquascape

Selain untuk memakan alga, udang atau keong yang kita pelihara ini juga bisa mempercantik aquascape yang kita miliki.

3. Ganti Air Secara Rutin

Cara menghilangkan alga lumut aquascape selanjutnya adalah mengganti air rutin. Melakukan pergantian air untuk aquascape yang kita miliki sangatlah penting, dimana dengan mengganti air secara rutin maka kebersihan dari akuarium yang kita miliki pun menjadi terjaga.

Cara Ampuh Menghilangkan Alga Lumut Aquascape

Selain itu dengan mengganti air secara rutin juga membuat ikan semakin sehat dan tidak terkontaminasi jamur atau bakteri yang biasanya ada di dalam air.

4. Pengurangan Cahaya Akuarium

Alga akan tumbuh dengan pesat bila pencahayaan dari aquascape yang kita miliki terlali intens atau sering.

Cara Ampuh Menghilangkan Alga Lumut Aquascape

Untuk itu kita harus mengurangi intensitas cahaya dimana kita bisa meredupkan cahaya ataupun mengatur waktu pencahayaan untuk aquascape kita, dimana cukup pencahayaan mengikuti siklus normal dari matahari yaitu sekitar 8 sampai 12, jadi tidak 24 jam kita menyinari aquascape kita.

5. Suntik CO2

Alga merupakan sebuah tumbuhan yang memerlukan O2 yang banyak, sehingga apabila kita menginginkan agar alga ini tidak berkembang berikan asupan CO2 yang cukup di dalam aquascape kita.

Cara Ampuh Menghilangkan Alga Lumut Aquascape

Pemberian CO2 ini tidak hanya akan menghambat pertumbuhan alga namun juga bisa menjadi nutrisi dari tanaman aquascape yang kita tanam di dalam akuarium tersebut, karena hampir semua jenis tanaman aquascape sangat memerlukan asupan CO2 yang cukup untuk melakukan pertumbuhan.

Anda bisa membuat CO2 sederhana dengan menggunakan botol bekas, selang, serta Ragul (Ragi+Gula) atau Cisod (Citrun+Soda). Cara membuat CO2 sendiri secara sederhana sudah pernah saya bahas pada artikel lainnya di blog ini.

Itulah beberapa cara menghilangkan alga lumut aquascape agar alga tidak dapat tumbuh dengan subur di dalam aquascape kita, semoga informasi diatas berguna bagi kalian yang ingin merawat aquascape agar tetap terlihat cantik.
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar