--> Skip to main content

8+ Jenis Tanaman Aquascape Tanpa Memerlukan CO2

Tulisan Ndeso, Jenis Tanaman Aquascape Tanpa CO2 - Kali ini kami akan membahas jenis jenis tanaman aquascape, tapi sebelum itu kita akan membahas apa itu tanaman aquascape. Bagi yang hobi dengan aquarium tentu sudah tidak asing lagi dengan tanaman ini, tapi bagi para pemula atau yang baru mungkin akan sedikit bingung.

Aquascape merupakan jenis tanaman yang sering digunakan untuk menghias dan mempercantik aquarium. Sama dengan tanaman tanaman lainnya, aquascape juga membutuhkan CO2 agar bisa melakukan fotosintesis dan bertahan hidup. Jadi jika kamu meletakkan aquascape di dalam aquarium kamu juga harus meletakkan tabung CO2 untuk menyuplai CO2 yang dibutuhkan aquascape untuk tetap bertahan hidup di dalam air.

Anda dapat dengan mudah membuat CO2 sederhana yang dapat diaplikasikan ke Aquascape yang anda miliki. Adapun cara membuat CO2 sederhana sudah pernah saya publikasikan dalam blog ini di artikel terpisah.

Akan tetapi tidak semua jenis tanaman membutuhkan CO2 untuk bertahan hidup, ada beberapa jenis tanaman yang bisa bertahan hidup tanda adanya CO2, tapi pada jenis tanaman aquascape ini kamu harus rajin mengganti air kurang lebih 30%, setiap 4 hari sekali atau bisa 1 minggu sekali.


Anda juga harus selalu menjaga suhu didalam aquarium tidak boleh lebih dari 30 derajat celcius. Lalu apa saja jenis jenis tanaman aquascape tanpa CO2 yang mudah perawatannya, berikut adalah beberapa jenisnya :

Jenis Tanaman Aquascape Tanpa Memerlukan CO2


1. PEACOCK MOSS

Jenis tanaman aquascape tanpa CO2 yang pertama adalah Peacock moss. Jenis tanaman Aquascape yang tidak membutuhkan CO2 untuk bertahan hidup ini mempunyai bentuk daun yang agak lebar berwarna hijau dan mempunyai ranting yang bercabang seperti ekor burung merak.Aquascape jenis ini mempunyai karakter mudah menyebar,maka sangat cocok untuk dijadikan alas atau substrat aquarium.


2. JAVA MOSS

Jenis tanaman aquascape tanpa CO2 yang kedua adalah Java moss, jenis tanaman aquascape ini mempunyai warna dan tampilan mirip rumput laut, hijau, dan memanjang. Java moss ini mempunyai karakter yang mudah untuk dipelihara, karena bisa bertahan hidup pada suhu 21 sampai 32 derajat celcius.

Tapi kita harus tetap menjaga jangan sampai suhu dalam aquarium kurang dari 21 derajat celcius. Ada hal lain yang menjadi kelebihan Java moss yaitu kemampuan beradaptasi pada berbagai kualitas cahaya.Walau sudah tumbuh lebat java moss biasa dijadikan tempat berlindung ikan ikan kecil.


3. CHRISTMAS MOSS

Setelah Java moss ada Christmas moss, tanaman aquascape jenis ini kalua dari segi bentuk mirip dengan peacock moss, tapi ukurannya saja yang lebih kecil dan tumbuhnya tidak teratur. Namun mempunyai kelebihan bisa tumbuh lebat tanpa memerlukan cahaya berlebihan.


4. SINGAPORE MOSS

Tanaman yang keempat adalah Singapore moss, aquascape jenis ini mempunyai daun panjang dan longgar, juga memiliki cabang yang agak tegak. Bahkan jenis Singapore moss ini bisa hidup dan tumbuh dengan baik tanpa memerlukan cahaya sedikitpun. Walaupun seperti itu kamu harus tetap memberikan cahaya yang cukup supaya bisa tumbuh dengan baik.


5. FLAME MOSS

Flame moss adalah kata serapan dari Bahasa inggris yang mempunyai arti api.Kenapa jenis aquascape ini dinamai flame moss,karena secara fisik tanaman ini mempunyai bentuk seperti lidah api.mempunyai daun yang tumbuh ke atas yang dikelilingi batang membuat flame moss terlihat sangat menarik. Walaupun dengan cahaya yang sangat rendah flame moss mampu hidup dengan baik.


6. FISSIDEN MOSS

Tanaman aquascape ini pertama kali populer di wilayah Amerika Utara, mempunyai ciri fisik yang kecil, halus, dan lembut. Cara perawatannya pun sangat mudah. Untuk pertumbuhannya sendiri sangat lambat namun setelah benar-benar tumbuh fissiden moss akan cepat rimbun.

Jenis ini sangat cocok diletakan di bebatuan atau kayu. Usahakan suhu dalam aquarium tidak kurang dari 30 derajat celcius.


7. ANUBIAS

Anubias adalah genus tanaman berbunga air dan semi-akuatik dalam famili Araceae, yang berasal dari Afrika tengah dan barat tropis. Mereka terutama tumbuh di sungai dan sungai, tetapi juga dapat ditemukan di rawa-rawa. Mereka dicirikan oleh daun lebar, tebal, gelap yang datang dalam berbagai bentuk.


8. BUCEPHALANDRA

Bucephalandra adalah genus tanaman berbunga di keluarga Araceae. Ada 30 spesies Bucephalandra yang telah ditemukan di Kalimantan dan telah dideskripsikan secara resmi oleh S.Y. Wong dan P.C. Boyce. Sebagian besar spesies ditemukan di Kalimantan.


Selain jenis-jenis moss sebagai jenis tanaman aquascape tanpa CO2, kamu masih bisa menggunakan jenis tanaman aquascape tanpa CO2 lainnya seperti :

- Jenis-jenis Stem Plant seperti echinodorus amazon, jenis fern, cabomba, valis dan lainnya.
- Untuk tanaman kartpet kamu bisa gunakan Tenelus atau Sagita.

Demikian beberapa jenis-jenis tanaman aquascape tanpa CO2 yang mudah perawatannya. Sebaiknya bagi pemula pilihlah jenis tanaman yang mudah dirawat terlebih dahulu, kamu juga bisa sharing dengan teman-teman untuk bisa mempelajari jenis tanaman yang sulit.
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar