--> Skip to main content

Mengetahui 9 Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Biasa, Apa Saja Bedanya?

Tulisan Ndeso, Perbedaan Whatsapp Business dan Whatsapp Biasa - Sebagai aplikasi chating paling popular di dunia yang hingga kini telah di unduh oleh lebih dari 1 milyar pengguna di seluruh dunia, maka whatsapp selalu memberikan pelayanan yang maksimal kepada penggunanya sehingga semakin mempermudah pengguna dalam berkomunikasi melalui whatsapp ini.

Whatsapp selalu memperhatikan kebutuhan penggunanya dalam berbagai hal sedetail mungkin bahkan dalam hal kecil sekalipun, selain memiliki banyak fitur menarik whatsapp juga memberikan layanan berupa aplikasi chating khusus untuk akun bisnis.

Dengan begitu anda bisa mempunyai dua akun sekaligus dengan nomor yang berbeda yakni whatsapp business yang bisa di gunakan untuk keperluan bisnis dan whatsapp meseger yang bisa di gunakan untuk keperluan pribadi.

Whatsapp business sendiri adalah aplikasi yang di kembangkan oleh pihak whatsapp yang bertujuan untuk memisahkan antara kepentingan pribadi dengan kepentingan bisnis sehingga nomor whatsapp anda tidak akan terganggu oleh kepentingan bisnis dan privasi anda akan tetap aman dan terjamin.

Perbedaan WhatsApp Business & WhatsApp Biasa

Dengan menggunakan whatsapp business ini anda dapat mengatur kapan anda aktif, terdapat juga fitur pesan otomatis jika anda sedang offline atau sedang tidak aktif di whatsapp dan berbagai fitur bermanfaat lainnya. untuk itu, berikut perbedaan antara whatsapp business dengan whatsapp meseger biasa yang perlu anda ketahui.

Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Biasa


1. WhatsApp Business Bisa Menggunakan Nomor Rumah atau Nomor Kantor

Berbeda dengan whatsapp messenger, jika whatsap messenger hanya bisa menggunakan nomor handphone namun untuk whatsap business ini anda dapat menggunakan nomor rumah atau nomer kantor sebagai nomor whatsapp business anda

Dengan begitu anda bisa dengan mudah mengingat nomor whatsapp business anda karena nomornya familiar dan setiap hari di gunakan di kantor untuk keperluan kantor.


2. Perbedaan Logo

Selanjutnya terdapat perbedaan logo yang cukup signifikan antara whatsapp messenger biasa dengan whatsap business. Jika whatsap messenger biasa hanya berupa gambar gagang telp berwarna hijau khas whatsap maka pada whatsapp business logonya berupa huruf B besar yang berwarna hijau khas warna whatsapp.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam membedakan whatapp biasa dengan whatsap business, sehingga pengguna tidak akan salah dalam membuka aplikasi whatsap karena perbedaan logo yang cukup berbeda.


3. Membalas Pesan Secara Otomatis

Pada whatsap messenger biasa, jika anda sedang ofline maka otomatis anda tidak akan dapat mengirim maupun menerima pesan. Pesan yang di kirimkan ke anda otomatis akan masuk jika anda kembali mengaktifkan handphone anda atau jika anda kembali online.

Namun pada whatsapp business ini jika akun anda sedang offline dan ada pesan yang masuk maka whatsapp business ini akan mengirimkan pesan otomatis ke pihak pengirim bahwa nomor whatsapp yang bersangkutan sedang tidak aktif karena sudah melampaui batas jam kerja dan anda bisa menghubunginya lagi besok ketika jam kerja

Dengan adanya fitur ini maka mempermudah anda untuk tidak membalas pesan yang masuk di luar jam kerja sehingga tidak mengganggu aktifitas dan privasi anda.


4. Adanya Profile Bisnis

WhatsApp Business sepertinya sengaja didesain bagi para pelaku bisnis yang memiliki skala kecil. Oleh karena itu, aplikasi ini akan menuntut anda untuk membuat profil yang berisi deskripsi bisnis, alamat email, hingga alamat tempat usaha serta situs web.

Hal tersebut diatas berfungsi mempermudah para konsumen untuk mendapatkan informasi yang penting.


5. Bebas Memilih Kategori Bisnis

WhatsApp Business dapat memperlihatkan sebuah profil perusahaan seperti situs resmi, lokasi bisnis hingga jam operasional. Sebagai pelaku bisnis, anda juga dapat memilih sebuah kategori bisnis yang tersedia.

Dengan adanya fitur kategori bisnis ini, anda tidak harus memiliki bisnis yang besar karena kategori dalam WhatsApp Business juga terbuka bagi usaha kecil yang lain. Nah, apabila dalam kategori bisnis tidak terdapat di pilihan, kamu tidak perlu khawatir karena bisa memilih kategori others.


6. Analisis Pesan Interaksi antara Penjual dan Pembeli

Pentingnya data interaksi antara penjual dan pembeli yang dimiliki oleh pelaku bisnis sepertinya menjadi poin yang dipertimbangkan oleh developer WhatsApp Business.

Dalam aplikasi WhatsApp Business, anda bisa melihat data statistik penting untuk mengembangkan bisnis yang sedang anda jalankan. Data tersebut bisa menjadi dasar menganalisis bisnis yang sedang kamu jalankan.


7. Kategori Pesan Masuk Berdasarkan Label

Adanya ‘label’ pada WhatsApp Business memungkinkan anda untuk dapat mengatur pesan masuk berdasrkan label tertentu. Hal ini tentu akan semakin memudahkan anda untuk dapat mengatur komunikasi dengan konsumen agar lebih terorganisir.

Fitur ini termasuk baru karena dalam versi WhatsApp biasa memang belum tersedia. Dengan adanya pembaharuan fitur ini, pebisnis lebih dimudahkan dalam mengatur hal-hal yang penting.


8. Centang Hijau

Pada saat pembuatan akun WhatsApp Business juga membutuhkan verifikasi. Proses verifikasi memang tersebut membutuhkan nomor telepon akun yang cocok dengan nomor telepon bisnis milik anda.

Apabila keduanya sudah cocok, maka anda akan mendapatkan logo centang hijau di samping nama akun anda. Hal ini juga menjadi salah satu pembeda antara WhatsApp Business dan WhatsApp biasa.


9. Nama Akun WhatsApp Business Tidak Bisa Diubah

Berbeda dengan WhatsApp pada umumnya yang dapat dengan mudah mengubag nama profil, pada WhatsApp Business ini justru malah kebalikannya.

Saat anda memulai aplikasi WhatsApp Business, anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon. Setelah itu anda akan menerima kode yang dikirimkan sebagai verifikasi data. Lalu, anda akan diminta untuk memasukkan nama akun bisnis di WhatsApp Business, serta anda akan mendapatkan peringatan awal bahwa nama dalam akun bisnis tersebut tidak dapat diubah.

Itulah 9 perbedaan WhatsApp Business dibandingkan WhatsApp biasa. Keuntungannya adalah kamu bisa menampilkan bisnis dengan lebih kredibel karena memiliki nomor khusus yang terverifikasi oleh WhatsApp. 

Dengan menggunakan whatsapp business ini maka anda akan lebih nyaman dan tenang terutama jika berurusan untuk masalah bisnis. Sedangkan jika anda tetap menggunakan whatsapp messenger untuk urusan bisnis maupun kantor maka anda bisa merasa tidak nyaman karena bisa sewaktu-waktu di perlukan oleh perusahaan dan pastinya pihak perusahaan akan menghubungi nomor pribadi anda.

Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar