--> Skip to main content

Aplikasi Untuk Menyembunyikan File di Smartphone Android

Tulisan Ndeso, Aplikasi Untuk Menyembunyikan File di Smartphone Android - Bagaimana Cara Menyembunyikan File Foto Dan Video Di Smartphone Android? Untuk menyembunyikan file foto dan video di Android bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga dan menggunakan trik tertentu.

Terkadang memiliki hp yang canggih tidak selalu menyenangkan, karena pasti banyak orang atau teman yang meminjam dan melihat isi dari hp tersebut terutama foto dan video. Yang membuat tidak nyaman adalah foto dan video tersebut bersifat private dan tidak ingin dilihat banyak orang.

Ada 2 cara untuk mencegah teman Anda melihat file foto dan video Anda. Cara pertama, jangan pinjamkan hp android kamu, karena tentunya dia juga punya hp sendiri dan tidak perlu pinjam. Dan cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan untuk menyembunyikan file foto dan video.

cara-menyembunyikan-file-di-android

Metode pertama agak kasar, tetapi untuk melindungi privasi Anda agar orang lain tidak melihatnya. Nah, bagi yang ingin menggunakan aplikasi tambahan bisa menggunakan aplikasi GalleryVault, Hide Photo, Video Locker, dan aplikasi lainnya. Anda dapat mengunduh aplikasi ini melalui Google Play secara gratis. Untuk lebih jelasnya simak ulasan aplikasi android yang bisa memproteksi data agar aman dari orang iseng.

Daftar Aplikasi yang dapat Menyembunyikan File di Android

1. App Lock

Aplikasi android pertama yang direkomendasikan yang dapat menyembunyikan foto dan video disebut App Lock. Sebenarnya App Lock adalah aplikasi yang digunakan untuk melindungi data berupa SMS, Kontak, Gmail, Facebook, Panggilan, dan aplikasi.

Tapi ternyata App Lock juga bisa menyembunyikan privasi foto dan video kamu. Cukup dengan membuat PIN yang unik dan sulit, maka Anda telah berhasil mengamankan ponsel android Anda dari tangan-tangan jahil.

Bagaimana jika Kunci Aplikasi dihapus oleh orang lain? Jangan khawatir, App Lock tidak mudah dikalahkan. Anda dapat menyembunyikan ikon dari App Lock, kemudian Anda juga dapat memberikan kata sandi di "Pengaturan Lanjutan". Dengan melakukan ini, hanya Anda yang dapat menghapus App Lock dari ponsel Android Anda. Unduh Aplikasi ini melalui Google Play secara gratis.

2. Video Locker

Aplikasi kedua yang memiliki fitur yang tidak kalah canggih dari yang sebelumnya adalah Video Locker. Aplikasi ini mampu mengamankan video pribadi dengan aman dan hanya dapat diakses menggunakan kode PIN Rahasia.

Fitur lanjutan Video Locker adalah "Encryption", fitur ini mampu mengamankan Video dari SD Card meskipun telah dicuri oleh orang lain. Anda juga tidak perlu takut jika lupa PIN Rahasia Anda, karena Video Locker akan mengirimkan PIN Anda melalui email. Jika Anda menggunakan Versi Premium, Anda akan bebas dari iklan dan mendapatkan fitur "Stealth Mode" yang dapat menyembunyikan aplikasi.

3. HidePhoto

HidePhoto mampu menyembunyikan file foto dan video dengan mudah dan cepat. Anda hanya perlu memindahkan foto dan video ke folder khusus yang hanya bisa dibuka menggunakan password berupa PIN lock atau Pattern lock.

HidePhoto adalah aplikasi yang aman, ringan, sederhana, dan mudah digunakan. Tertarik mencoba aplikasi ini, yuk download HidePhoto via Google Play secara gratis.

4. GalleryVault Android

GalleryVault adalah aplikasi android tangguh yang mampu menyembunyikan foto, video, dan file lain agar tidak terlihat oleh orang lain dengan mudah dan cepat. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan file SMS, Log Panggilan, dan Kontak. Dan yang lebih menariknya lagi, GalleryVault memiliki desain cantik yang tentunya dapat memberikan pengalaman browsing media yang mulus dan menakjubkan.

Dan jika kamu memilih versi premium, kamu akan mendapatkan tambahan fitur unggulan seperti vault feed, cloud storage, dan stealth mode yang bisa digunakan untuk menyembunyikan icon Vault di menu android kamu. Tetapi jika Anda hanya ingin menyembunyikan file foto dan video, mengunduh versi gratisnya saja sudah lebih dari cukup.

Selain menggunakan aplikasi tersebut diatas, ternyata menyembunyikan file di smartphone Android juga dapat dilakukan tanpa menggunakan aplikasi. Simak penjelasannya berikut :

Cara Menyembunyikan File di Smartphone Android Tanpa Aplikasi

Terdapat dua cara untuk menyembunyikan File di Smartphone Android tanpa Aplikasi, yakni :

1. Membuat Folder Tersembunyi Khusus

Cukup buat folder baru dengan nama yang diawali dengan titik. Namanya bebas, asalkan dimulai dengan titik seperti gambar dibawah ini :

cara-menyembunyikan-file-di-android

Penamaan ini pada dasarnya untuk memberitahu sistem Android untuk melupakan folder tertentu agar tidak pernah melihat ke dalamnya. Hanya manajer file dan aplikasi sistem tertentu yang akan mengetahui keberadaannya. Ini berarti file yang disembunyikan di dalam folder tidak akan muncul di aplikasi Galeri, pemutar multimedia, klien email, editor kantor dan sejenisnya.

2. Menyembunyikan File Media di Dalam Folder .nomedia

File ini seharusnya tidak memiliki ekstensi. Ini hanyalah sebuah file kosong bernama .nomedia.

Dalam laman Phone Arena menyebutkan, memiliki file tersebut di dalam folder akan menyembunyikan semua file media (gambar dan video) di dalamnya, dari aplikasi apa pun yang mencoba berinteraksi dengannya.

cara-menyembunyikan-file-di-android

Perhatikan bahwa hanya manajer file yang dapat membuat file baru, seperti ES File Manager yang akan bekerja untuk metode ini. Penting! Pastikan untuk mengaktifkan tampilan file dan folder tersembunyi di dalam file manager pilihan Anda, karena pengguna tidak akan dapat menjangkau file yang baru Anda sembunyikan.

Sebenarnya, bagian tersulit dari seluruh cobaan bersembunyi adalah menemukan manajer file yang baik. Jika ponsel atau tablet Anda tidak disertai dengan itu, cobalah Manajer File Xiaomi, yang memang memiliki opsi "Tampilkan file tersembunyi" di Pengaturannya. File itu bekerja baik dengan metode pertama dalam trik ini.

Itulah beberapa cara menyembunyikan file pada smartphone android agar privasi anda tetap terjaga.

Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar