--> Skip to main content

Cara Mengatasi HP Lemot, Dijamin Berhasil dan Ngebut Lagi


Tulisan Ndeso, Cara Mengatasi HP Lemot - Ketika HP tiba-tiba lemot padahal Anda lagi asik-asiknya menggunakannya, tentu terasa sangat menjengkelkan. Sebab, hal itu akan menghambat aktivitas Anda. Terlebih lagi jika aktivitas Anda memang membutuhkan bantuan HP.

HP yang tiba-tiba lemot tentu ada penyebabnya. Perlu diketahui apa saja penyebabnya, sehingga bisa dilakukan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Tidak usah bingung, karena postingan kali ini akan membahas cara mengatasi HP lemot yang bisa Anda terapkan agar HP kembali ngebut.

5 Penyebab HP Lemot dan Cara Mengatasinya

1. Memori Internal Penuh

Secanggih apapun sebuah ponsel, kapasitas memori internalnya terbatas. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak menyimpan banyak file semaunya di dalam memori internal tersebut. Sebab, hal itu akan mengakibatkan kinerja ponsel menurun. Tidak heran jika HP tiba-tiba lemot ketika digunakan.

Solusi terbaik dalam hal ini adalah menggunakan memori eksternal. Selain itu, usahakan agar Anda hanya menyimpan file-file penting di dalamnya. Lebih bagus lagi jika file-file tersebut bisa dipindahkan ke laptop. Dengan begitu, hanya file-file yang dibutuhkan saja yang tersimpan di memori internal dan eksternal HP Anda.

2. Terlalu Banyak Menggunakan Aplikasi

Saat ini memang banyak sekali aplikasi menarik yang bisa diunduh gratis dari Google Play Store. Tapi bukan berarti Anda bisa semaunya mengunduh dan menginstal aplikasi yang diinginkan. Sebab, hal itu hanya akan membebani kinerja HP dan mengakibatkan lemot.

Bijaklah dalam menggunakan aplikasi. Gunakan hanya aplikasi yang betul-betul dibutuhkan. Jika terdapat dua atau lebih aplikasi dengan fungsi serupa, sebaiknya gunakan satu aplikasi saja. Itupun jika aplikasi itu memang betul-betul dibutuhkan.

3. Performa Baterai Menurun

Kinerja terbaik smartphone maksimal 2-3 tahun masa pemakaian. Setelah itu, performa ponsel mulai menurun akibat kinerja baterai yang mulai menurun dan cepat panas. Umumnya disebabkan oleh kebiasaan mengisi daya yang terlalu lama atau melakukan pengisian daya ketika baterai betul-betul kosong.

Cara mengatasi HP lemot yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pengisian ketika daya baterai tinggal 25%-30% saja. Selain itu, upayakan Anda mengistirahatkan ponsel selama beberapa waktu setiap hari dengan cara mematikannya secara total.

4. Gunakan Satu Aplikasi Antivirus

Jika HP Anda tiba-tiba lemot, coba periksa berapa jumlah antivirus yang terinstal. Jika lebih dari satu, maka besar kemungkinan hal itu yang menjadi penyebabnya. Sebab, antivirus tidak jauh berbeda dengan aplikasi bawaan, yaitu sama-sama bekerja secara background.

Menggunakan lebih dari satu aplikasi antivirus akan mengakibatkan penggunaan RAM boros dan HP jadi lemot. Itupun perlu dipertimbangkan kembali apakah HP Anda memang butuh aplikasi antivirus atau tidak.

5. Gunakan Aplikasi Berbayar

Senang dengan aplikasi gratisan? Wajar sih, karena siapapun pasti enggan mengeluarkan uang jika bisa mendapatkannya secara gratis. Tapi tahukah Anda, ternyata menggunakan aplikasi gratisan bisa menyebabkan HP lemot.

Menggunakan aplikasi gratisan sama dengan menjadikan HP Anda sebagai kelinci percobaan. Dengan begitu, pengembang bisa mengetahui bug yang ada dengan komentar yang muncul dari para pengguna aplikasi gratisan tersebut. Belum lagi banyaknya iklan yang bermunculan dan mengganggu kinerja HP Anda.

Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi HP lemot yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan aplikasi berbayar. Meskipun harus mengeluarkan biaya, setidaknya HP Anda tidak terbebani dan bebas dari iklan.

Selain 5 cara mengatasi HP lemot yang disebutkan di atas, tentu saja masih ada beberapa cara lainnya yang tidak sempat disebutkan, seperti rutin mengupdate software, mengurangi penggunaan widget, rajin membersihkan cache, dan lain sebagainya.

Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar