--> Skip to main content

Beli Oven Baru? Intip Tips Memilih Oven Berikut Ini!

Tips Memilih Oven

Tulisan Ndeso, Tips Memilih Oven - Saat memasak, ada banyak peralatan yang akan sangat membantu kita, beberapa di antaranya adalah pengukus, wajan, dan oven. Selain memudahkan, alat-alat tersebut biasanya memiliki kapasitas besar sehingga bisa digunakan untuk memasak dalam jumlah yang banyak.

Oven adalah salah satu alat masak yang paling sering digunakan oleh mereka yang menyukai aktivitas baking dan identik dengan berbagai jenis kue. Oven tersedia dalam berbagai jenis, seperti oven kompor, oven listrik, dan oven gas sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan fitur, tenaga, serta arus listrik yang tersedia di rumah. 

Memilih oven tentu tidak boleh sembarangan, kita harus memastikan seberapa sering kita akan menggunakan benda tersebut. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak memungkinkan di masa yang akan datang seperti pemborosan listrik karena watt yang besar. Untuk itu, kami telah merangkum tips yang bisa Anda ikuti dalam cara memilih oven. Berikut penjelasannya.

1. Fitur

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan saat memilih oven adalah fitur-fitur yang ada. Hal ini harus menjadi pertimbangan untuk memudahkan proses memanggang kue maupun masakan. Selain itu, fitur juga bisa menjadi perbandingan jika bingung mencari jenis oven. Anda bisa mencari tahu oven mana yang dapat mematangkan makanan secara menyeluruh atau hanya di luarnya saja.

Oven listrik biasanya memiliki fitur yang dapat Anda manfaatkan bukan hanya untuk memanggang berbagai macam kue, tapi bisa Anda gunakan untuk memanggang ikan, daging, dan makaroni. Sedangkan oven multifungsi memiliki kemampuan untuk mematangkan makanan secara menyeluruh. Untuk itu, cari tahu terlebih dahulu tentang fitur oven sebelum membelinya.

2. Daya Listrik

Banyak orang mengeluh dan khawatir karena daya listrik yang besar untuk menggunakan oven. Namun, hal tersebut bisa diakali dan dihindari sebelum membeli oven. Beberapa oven memang memiliki daya listrik yang tinggi sehingga akan memakan banyak watt. Sebelum membeli, perkirakan daya listriknya agar bisa disesuaikan dengan daya listrik di rumah.

Selain itu, hal ini tentu sangat penting untuk menghindari kejadian yang kurang mengenakkan seperti padamnya listrik saat sedang memanggang kue karena kelebihan daya. Masalah tersebut dapat dihindari jika Anda sudah terlebih dahulu mencari tahu spesifikasi oven. Untuk itu, bertanyalah pada staf yang mempromosikan barang tersebut atau jika Anda membeli secara daring dapat menanyakan terlebih dahulu kepada admin toko.

3. Kapasitas

Tips Memilih Oven

Sumber: Cats Coming – canva.com

Selain tersedia dalam beberapa jenis, oven juga hadir dengan berbagai kapasitas untuk menaruh makanan. Biasanya, pembuat kue memiliki oven dengan kapasitas yang besar, sedangkan oven rumahan yang dimiliki orang-orang pada umumnya memiliki kapasitas sedang atau kecil. Kapasitas ini harus Anda perhitungkan untuk kemungkinan daya listrik yang digunakan juga berbeda.

Selain itu, kapasitas oven juga bisa Anda pertimbangkan untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki. Anda sebaiknya menilai terlebih dahulu seberapa banyak kue atau masakan yang sering dibuat untuk memastikan bahwa oven yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda sering memanggang kue dalam jumlah yang banyak, Anda dapat memilih oven berukuran besar dan sebaliknya.

4. Harga

Oven tentu saja memiliki bermacam-macam harga tergantung dengan merek. Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih oven yang sesuai budget. Ada beberapa oven yang memiliki kualitas bagus, tapi fiturnya biasa-biasa saja dan dibanderol harga yang mahal. Di lain sisi, ada oven yang punya tampilan biasa tapi fiturnya bagus serta harga yang ramah di kantong.

Dua perbandingan di atas bisa Anda jadikan contoh saat memilih oven. Harga yang tinggi belum tentu bisa menjadi patokan barang tersebut bagus dan berfungsi dengan baik, serta harga yang murah juga belum tentu cepat rusak dan tidak bagus. Jika Anda ingin membeli oven dengan harga yang bersahabat, Anda bisa mendapatkan harga oven kompor yang jauh lebih murah dibandingkan dengan oven listrik.

5. Jenis Oven

Jenis oven tentu saja harus menjadi salah satu pertimbangan Anda dalam memilih. Selain itu, mengetahui jenis oven juga akan memudahkan Anda dalam memasak kue serta makanan. Memilih oven yang sesuai dengan kemampuan juga sangat penting, terlebih jika Anda masih pemula dalam dunia baking dan memasak.

Anda bisa mencari banyak jenis oven beserta fungsinya di internet. Jika Anda seorang pemula, Anda bisa pilih oven microwave atau oven tangkring, hal ini untuk menyesuaikan keinginan dan produktivitas saat awal-awal mencoba. Jenis oven tersebut sangat cocok untuk pemula karena selain untuk memanggang kue, Anda juga bisa memasak hidangan lain.

Oven memang digunakan untuk memudahkan penggunanya dalam memasak terlebih untuk memanggang kue. Namun, hal tersebut juga tidak mudah karena ada banyak kemungkinan untuk gagal. Jika Anda sudah mahir dalam memasak kue, oven mahal dan bagus bisa dijadikan pilihan. Untuk itu, pilihlah jenis oven yang sesuai dengan kemampuan agar oven bisa tetap digunakan dan tidak membuang-buang listrik.

Memilih oven adalah sebuah tantangan tersendiri, karena saat ini ada banyak oven dengan harga yang bervariasi pula. Itulah lima tips cara memilih oven yang telah kami rangkum untuk Anda. Semoga bermanfaat!

Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar